5 Penyebab Rasa Nyeri Saat Berhubungan Intim

Fresh | Rabu, 17 Februari 2021 14:33
5 Penyebab Rasa Nyeri Saat Berhubungan Intim

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cari tahu dan atasi penyebabnya agar pengalaman seksmu lebih menyenangkan.

Dream - Melakukan hubungan intim merupakan momen yang menyenangkan bagi setiap pasangan. Namun terkadang momen tersebut justru jadi saat yang paling tidak nyaman.

Tidak nyaman saat berhubungan intim bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah rasa nyeri yang bisa terjadi setelahnya.

Rasa nyeri pada pria atau wanita setelah berhubungan intim pun bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti yang dilansir Sehatq.com berikut ini.

2 dari 3 halaman

Otot Tegang

Hal ini bisa terjadi ketika otot tubuhmu bekerja lebih keras dari biasanya saat berhubungan intim. Biasanya, pria maupun wanita akan merasakannya pada otot pinggul.

Akhirnya, kamu akan merasa kram. Apalagi, jika kamu dan pasangan suka berganti posisi ketika berhubungan seks.

Kurangi intensitas berhubungan seks atau berolahraga untuk mengatasi hal ini. Sehingga, pengalaman berhubungan seksual pun lebih nyaman.

Orgasme

Sama seperti sebelumnya, kamu bisa merasa nyeri akibat kerja otot yang lebih berat dari biasanya. Nyeri dan kram bisa terjadi saat orgasme.

Hal ini seringkali disebut dysorgasmia. Berdasarkan penelitian pada Journal of Sex Medicine, hal ini bisa terjadi pada pria yang sedang atau pernah mengalami prosedur prostatektomi radikal.

3 dari 3 halaman

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Ketika mengalami ISK pada saluran maupun kandungan kemih, kamu akan merasa sakit saat melakukan penetrasi pada miss V.

Penetrasi dapat menyebabkan iritasi dan memperparah kondisi miss V yang mengalami ISK. Akhirnya, miss V terasa nyeri setelah berhubungan intim. Segera atasi ISK agar miss V lebih nyaman saat berhubungan intim.

Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sembelit, perut kembung atau sindrom iritasi usus bisa menyebabkan nyeri pada perutmu saat berhubungan intim.

Cari tahu penyebab sakit perut yang dialami sebelum, setelah maupun ketika berhubungan seksual.

Hubungan intim dan trauma

Kamu bisa merasa nyeri saat berhubungan seks jika sedang stres atau pernah memiliki pengalaman traumatis. Sehingga, kamu perlu mengatasi masalah psikologis tersebut terlebih dulu untuk bisa lebih nyaman saat berhubungan intim.

Kamu bisa melakukan meditasi rutin atau berkonsultasi dengan psikolog untuk mengatasinya.

Join Dream.co.id