5 Penyebab Munculnya Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Fresh | Senin, 2 Desember 2019 18:45
5 Penyebab Munculnya Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bukan cuma karena kurang tidur.

Dream - Ada kalanya, matamu tetap bengkak dan terlihat lelah meski sudah tidur selama delapan hingga sembilan jam.

Kemungkinan besar, hal ini disebabkan oleh stres atau kualitas tidur yang buruk. Maka dari itulah, mata bengkak dan lingkaran hitam bukan hanya disebabkan oleh sulit tidur.

Dilansir oleh Times of India, berikut lima alasan mengapa matamu terlihat lelah meskipun telah tidur cukup.

1. Alergi

Alergi mata adalah alasan lain mengapa matamu terlihat lelah dan bengkak. Ketika partikel kecil seperti serbuk atau rambut kucing bersentuhan dengan mata, tubuh kita menghasilkan bahan kimia yaitu histamin, yang melebarkan pembuluh darah di bawah mata, meningkatkan aliran darah serta menyebabkan peradangan.

2. Dehidrasi

Kekurangan air dalam tubuh bisa membuatmu terlihat lelah dan menyebabkan pembengkakan mata. Ini terjadi karena kulit di sekitar mata sangat sensitif dan dehidrasi, sehingga membuat mereka terlihat kelelahan. Jadi walaupun setelah tidur tujuh hingga delapan jam, minumlah banyak cairan.

3. Mengonsumsi Makanan Asin

Asupan garam berlebih dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh, terutama di sekitar mata. Retensi cairan dapat meregangkan kulit super tipis di sekitar mata dan membuatnya terlihat lelah. Kurangi asupan garam dan minum lebih banyak air untuk mengurangi peradangan.

4. Kelebihan Asupan Kafein

Secangkir kopi pagi sangat penting, tetapi jika memiliki kebiasaan minum 4-5 cangkir kopi dalam sehari maka matamu mungkin terlihat bengkak di pagi hari. Kelebihan asupan kafein membuatmu dehidrasi dan terlihat kusam serta kuyu. Kurangi asupan kopi dan minum teh tanpa kafein yang dikemas dengan antioksidan serta membantu menjaga kulit agar tetap sehat.

5. Eyestrain

Menyipitkan mata, berusaha melihat benda yang jauh, atau kesulitan membaca dapat membuat mata tegang serta melebarkan pembuluh darah. Sehingga, timbul lingkaran hitam dan bengkak. Beristirahatlah dari layar komputer setelah 20 menit. Juga, temui dokter mata untuk mengetahui apakah kamu membutuhkan kacamata.

2 dari 6 halaman

5 Makanan Ini Atasi Lingkaran Hitam Mata Panda

Dream - Memiliki mata indah merupakan dambaan setiap wanita. Sayangnya, masih banyak kaum Hawa yang menganggap remeh keindahan matanya.

Munculnya lingkaran hitam jadi pertanda, pemiliknya kurang memerhatikan keindahan mata maupun kesehatan tubuhnya.

Lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut dengan mata panda ini, tercipta bukan karena lingkungan eksternal, tetapi merupakan indikator kebiasaan yang tidak sehat.

3 dari 6 halaman

Mengapa Muncul Mata Panda atau Lingkaran Hitam di Bawah Mata?

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang paling rentan yang dapat mencerminkan kesehatan secara keseluruhan. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, pembuluh darah di bawah mata sering kekurangan cairan.

Akibat kekurangan cairan tersebut, area bawah mata berubah menjadi gelap, bahkan bisa mengalami bengkak. Namun, Sahabat Dream tidak usah khawatir.

 shutterstock

Kamu bisa mengurangi mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata secara alami.

Ya, kamu bisa mengurangi lingkaran hitam di bawah mata hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu, seperti yang dilansir dari Boldsky.com berikut ini.

4 dari 6 halaman

1. Kantung Teh Hijau

Inilah cara paling mudah mengurangi lingkaran di bawah mata secara alami. Cukup rendam kantung teh dalam air hangat dan angkat.

Setelah berada dalam suhu normal, letakkan di atas mata dan biarkan setidaknya selama 20 menit.

Kandungan antioksidan dalam teh hijau akan mengurangi bengkak dan secara efektif mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

 shutterstock

2. Mentimun

Cara mengurangi lingkaran hitam di bawah mata selanjutnya adalah dengan mentimun. Buah mentimun sering digunakan sebagai untuk mengurangi mata panda yang paling umum.

Selain melembapkan kulit, mentimun dapat meningkatkan kolagen dan silika, sehingga bisa memperkuat kulit di sekitar mata. Buat dua irisan mentimun dan letakkan di mata.

Setelah itu diamkan selama 15 menit. Selain mengurangi lingkaran hitam, cara ini akan meningkatkan elastisitas di sekitar mata.

Menjadikan mentimun bagian dari diet juga dapat meningkatkan kesehatan dan melembapkan kulit.

5 dari 6 halaman

3. Semangka

Buah yang segar dimakan saat cuaca panas ini bisa mengurangi lingkaran hitam di bawah mata secara alami.

Selain tubuh, buah semangka juga bisa menghidrasi kulit. Selain dimakan, buah semangka juga diaplikasikan ke mata untuk mendapatkan hasil maksimal.

 shutterstock

Buah semangka membantu menghidrasi kulit karena mengandung betakarotene, likopen, fifibre, vitamin B1, B6 dan C.

Buah tropis ini juga mengandung kalium, magnesium serta antioksidan yang cukup untuk mengembalikan kecantikan kulit di sekitar mata.

6 dari 6 halaman

4. Blueberry

Buah beri yang eksotis ini tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga luar biasa untuk kulit. Tambahkan saja beberapa biji buah blueberry ke dalam diet harian untuk mencegah penyakit dan menambah kecantikan kulit.

Kandungan antioksidan seperti lutein dan anthocyanin dalam blueberry membantu melindungi pembuluh darah halus sehingga meningkatkan sirkulasi di sekitar mata.

 shutterstock

5. Tomat

Tomat sangat bagus untuk kecantikan karena kaya akan antioksidan seperti likopen, yang melindungi dan meningkatkan sirkulasi pembuluh darah halus di sekitar mata. Selain itu, tomat bisa meningkatkan pigmentasi kulit di sekitar mata.

Buat just tomat tanpa campuran apa pun dan oleskan di sekitar mata. Menjadikan tomat segar dalam diet harian akan meredakan mata panda maupun masalah kecantikan pada umumnya secara alami.

Semua khasiat ini didapat karena tomat mengandung betacarotene, quercetin dan vitamin C. (ism)

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id