Tak Cuma Rokok, Ini 5 Pemicu Kanker yang Seringkali Tak Disadari

Fresh | Rabu, 1 Januari 2020 07:01
Tak Cuma Rokok, Ini 5 Pemicu Kanker yang Seringkali Tak Disadari

Reporter : Cynthia Amanda Male

Sangat dekat dengan keseharian kita.

Dream - Kesehatan tubuh semakin menjadi perhatian dari tahun ke tahun. Tak heran, banyak orang yang ingin menjalani gaya hidup lebih sehat tahun depan.

Apalagi, semakin banyak hal yang berujung pada penyakit mematikan seperti kanker. Munculnya kanker biasanya disebabkan oleh mutasi genetik atau DNA.

Sel kanker dapat terus bertumbuh dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Dilansir dari Times of India, berikut hal yang dapat memicu munculnya kanker.

Polusi Udara

Kualitas udara kian memburuk selama beberapa tahun belakangan dan menarik perhatian banyak orang sejak 2010.

 Dampak Buruk Polusi Udara bagi Kesehatan Tubuh, Waspadai!© Khidr Al-Zahrani

Berdasarkan data WHO, polusi udara luar ruangan telah menyebabkan 29 persen dari total jumlah kematian penderita kanker paru-paru. Jadi mulai sekarang, berhati-hatilah dengan polusi dan gunakan masker.

Merokok dengan Vape

Vape diklaim lebih aman daripada rokok biasa. Namun walaupun tidak mengandung tar, vape tetap memanaskan nikotin dan perasa buatan. Jadi ketika menggunakan vaoe, kamu menghirup bahan pemicu kanker.

 Vape Dinilai Lebih Aman dari Rokok Tembakau?© Khidr Al-Zahrani

Meurut penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Molecular Sciences, perubahan molekular pada jaringan oral meningkat pada pengguna vape. Maka dari itu, penggunanya cukup rentan terhadap kanker.

2 dari 3 halaman

Minum Teh atau Kopi Panas

Olahan Daging

Hindari olahan daging merah. Menurut WHO, olahan daging merah mengandung zat karsinogen. Ham, bacon dan salami termasuk golongan 1. Sedangkan pork, daging sapi dan domba termasuk golongan 2A.

 Hati-hati! Salah Olah Makanan Bisa Berakibat Fatal© MEN

Yayasan kanker Australia menyarankan untuk mengonsunsi tidak lebih dari 1 atau 2 porsi daging merah sebanyak 3-4 kali seminggu.

Minum Teh atau Kopi Panas

Penelitian terbaru oleh International Journal of Cancer membuktikan bahwa minum minuman yang sangat panas sangat berpotensi memicu kanker esofagus.

 Dampak Kopi Terhadap Kecantikan Tubuh© MEN

Peneliti menguji beberapa cangkir teh, mulai dari suhu biasa hingga lebih dari 60 derajat celsius. Mereka pun menemukan bahwa minum 700ml teh panas setiap hari dapat memicu kanker esofagus sebanyak 90 persen daripada mengonsumsi yang bersuhu hangat atau dingin.

3 dari 3 halaman

Kawat Bra

Terdapat klaim dari pakar di bidang kesehatan bahwa kawat bra dapat menghambat sistem getah bening sekitar payudara dan ketiak.

 5 Tanda Salah Memilih Bra, Bisa Berakibat Fatal© Dream

Dan hal tersebut menyebabkan jumlah toksin meningkat sehingga memicu kanker. Potensi kanker meningkat pada wanita yang mengenakan bra selama lebih 12 jam per hari. Tapi, hal ini belum sepenuhnya terbukti.

Terkait
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam
Join Dream.co.id