5 Manfaat Susu Unta Bagi Kesehatan, Bagus untuk Anak

Fresh | Sabtu, 20 Juli 2019 13:03
5 Manfaat Susu Unta Bagi Kesehatan, Bagus untuk Anak

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Apa benar susu unta baik dikonsumsi oleh anak autis?

Dream - Sejak zaman dahulu, susu unta telah jadi sumber nutrisi penting yang kerap dikonsumsi oleh penduduk daerah gurun. Setelah perkembangan zaman, susu unta diproduksi secara masal dan dikomersilkan.

Bahkan sekarang, warga yang tinggal jauh dari gurun yang notabenya habitat unta, juga bisa menikmati susu unta.

Banyak produsen susu unta yang menjual susu unta dalam berbagai bentuk dan versi, dan menjualnya secara online.

Susu unta mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Dibandingkan susu sapi, susu unta lebih banyak mengandung kalori, protein dan karbohidrat.

 5 Manfaat Susu Unta Bagi Kesehatan, Bagus untuk Anak

 

Walau lemak jenuh yang dimiliki susu unta lebih rendah, susu unta mengandung vitamin C, B, kalsium, zat besi dan kalium yang tinggi.

Tidak hanya itu, susu unta juga sumber lemak sehat yang baik, seperti asam lemak rantai panjang, asam linoleate, dan asam tak jenuh. Karena kandungannya inilah, susu unta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

2 dari 6 halaman

Manfaat Susu Unta: Alternatif untuk Orang yang Alergi Susu

 Manfaat Susu Unta

Ada kondisi yang kita sebut dengan alergi susu, atau intoleransi laktosa. Kondisi merupakan kondisi umum yang disebabkan oleh defisiensi lactase, enzim yang digunakan untuk mencerna gula dalam susu.

Kondisi ini akan menyebabkan kembung, diare, dan sakit perut setelah mengonsumsi produk susu. Dan, kondisi ini bisa dialami oleh sebagain besar orang, yang mengakibatkan mereka tidak mau mengonsumsi susu. Padahal nutrisi susu sangat diperlukan bagi tubuh.

Untuk mengatasi masalah ini, Sahabat Dream bisa mengganti produk susu biasanya dengan produk susu unta yang mengandung lebih sedikit laktosa. Produk yang lebih aman dikonsumsi oleh orang yang mengalami alergi susu.

Manfaat susu unta lainnya adalah, ia memiliki profil protein yang berbeda dengan susu sapi. Dengan kandungan protein ini, susu unta juga bermanfaat sebagai obat diare yang disebabkan oleh rotavirus.

3 dari 6 halaman

Manfaat Susu Unta: Menurunkan Kadar Gula Darah dan Insulin

 Manfaat Susu Unta

Manfaat susu selanjutnya ialah mampu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes.

Susu unta mengandung protein yang memiliki kemiripan dengan insulin, sehingga mampu mempengaruhi kinerja insulin untuk mengatur gula darah.

Ada banyak penelitian yang dilakukan oleh ahli terkait manfaat susu unta untuk menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan insulin dalam tubuh.

Sebuah studi juga pernah melakukan penelitian dan menemukan bahwa, orang dewasa yang menderita diabetes tipe 1 yang minum 2 cangkir susu unta sertiap hari, mampu meningkatkan insulinnya.


Ditinjau dari 22 artikel penelitian juga menemukan bahwa 2 cangkir susu unta setiap hari, jadi dosis yang pas dan dianjurkan untuk mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

4 dari 6 halaman

Manfaat Susu Unta: Meningkatkan Kekebalan Tubuh

 

 Manfaat Susu Unta

Selain dua manfaat susu unta di atas, masih ada lagi manfaat susu unta bagi kesehatan seperti meningkatkan kekebalan tubuh.

Susu unta mengandung senyawa yang mampu melawan berbagai organisme penyebab penyakit.

Dua komponen senyawa aktif itu ialah laktoferin dan immunoglobulin, senyawa protein yang menambah sistem imun dalam tubuh.

Laktoferin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, anti inflamasi, dan antioksidan, yang mampu menghambat pertumbuhan E. Coli, dan beberapa jenis bakteri jahat lainnya.

Sebuah penelitian juga telah membuktikan manfaat susu unta, dengan mengujikannya pada tikus, dan menemukan bahwa susu unta mampu melindungi tubuh dari leukopenia dan efek samping dari cyclophosphamide.

Protein yang terkandung dalam susu unta memiliki tuags untuk melawan organisme berbahaya, dan memiliki sifat antioksidan yang membantu tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas. Oleh sebab itu, susu unta sangat baik untuk menjaga imun tubuh.

5 dari 6 halaman

Manfaat Susu Unta: Membantu Kondisi Otak dan Gangguan Spektrum Autisme

 Manfaat Susu Unta

Tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa, manfaat susu unta juga sangat baik bagi perkembangan otak anak. Susu unta dapat memberi efek pada perilaku anak yang menderita autism.

Walau tidak bisa menyembuhkan gangguan otak maupun autism, susu unta dipercaya mampu mengendalikan perilaka anak yang mengalami kondisi kurang beruntung ini.

Gangguan spectrum autism adalah istilah umum yang digunakan untuk beberapa kondisi perkembangan saraf yang dapat mengganggu interaksi dan perilaku yang berulang.

Sebuah studi menemukan bahwa anak autis yang mengonsumsi susu ini selama 2 minggu, menunjukan perbaikan perilaku austik.

Manfaat susu unta lainnya juga bisa dirasakan oleh orang yang  menderita penyakit neurodegeneratif, seperti Parkinson dan Alzaimer. Namun untuk pemberian berlanjut, tetap lakukan konsultasi pada dokter ya, Sahabat Dream.

6 dari 6 halaman

Manfaat Susu Unta: Cocok Jadi Menu Diet

 Manfaat Susu Unta

Manfaat susu unta yang terakhir ialah untuk menurunkan berat badan. Susu unta dapat menggantikan berbagai jenis susu lainnya, bahkan bisa dicampurkan dengan kopi, teh, smoothie, dibuat menjadi pancake, saus, sup dan berbagai jenis makanan lainnya.

Produk susu unta juga sudah banyak beredar di pasaran, sehingga akan mudah ditemui dan dijadikan menu makanan sehat bagi orang yang berdiet.

Rasanya juga tidak jauh berbeda dari susu pada umumnya, namun susu unta dari Timur Tengah tetap memiliki rasa yang khas dan berbeda.

(ism, Sumber: Healthline)

Summer Style 2019
Join Dream.co.id