5 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Fresh | Rabu, 17 Juli 2019 15:40
5 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Siapa yang suka jagung? Paling suka jagung dibuat masakan atau serpti itu saja? tahukah kalian jagung memiliki sejumlah manfaat? Yuk simak informasinya berikut ini.

Dream – Jagung merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup banyak. Dengan kandungan itu membuat jagung bisa dijadikan pengganti nasi untuk dikonsumsi.

Di beberapa negara bahkan menjadikan jagung sebagai bahan makanan pokok mereka. Di Indonesia sendri masih tidak banyak orang yang mengganti mengkonsumsi nasi menjadi jagung.

Di sisi lain, terdapat pula yang menjadikan jagung sebagai makanan pokok mereka walaupun tidak setiap hari dilakukan.

Pada umumnya, bagi seorang yang sedang menderita diabetes akan sedikit mengalihkan nasi dengan mengkonsumsi jagung.

 5 Manfaat Jagung bagi Kesehatan Tubuh



Jagung tumbuh sangat baik dan banyak di Indonesia. Dari zaman dahulu, jagung sudah dijadikan salah satu makanan ataupun camilan.

Terdapat berbagai macam masakan dan camilan yang menggunakan jagung sebagagi bahan utamanya seperti bakwan jagung, sup jagung dan masih banyak lainnya.

Namun, tahukah kalian jagung memiliki sejumlah manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh?

Jagung memiliki sejumlah manfaat bahkan bisa untuk mengatasi depresi loh Sahabat Dream.

Penasaran kan apa saja manfaat yang dimiliki oleh jagung? Dream akan memberikan informasi mengenai manfaat jagung bagi kesehatan tubuh. Yuk simak informasinya berikut:

2 dari 6 halaman

Manfaat Jagung: Mengatasi Diabetes

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, banyak para penderita diabetes memilih untuk mengkonsumsi jagung sebagai pengganti nasi.

Sebagai seorang penderita diabetes sebaiknya untuk selalu memilih sumber karbohidrat yang baik dan tepat.

 Ilustrasi Hijab Cantik



Selain sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes, jagung juga sangat bermanfaat bagi seseorang yang mengalami prediabetes.

Prediabetes sendiri merupakan suatu kondisi dimana seseorang terindikasi atau memiliki resiko untuk mengalami diabetes terutama diabetes tipe 2.

3 dari 6 halaman

Manfaat Jagung: Mengatasi Konstipasi

Konstipasi biasa dikenal oleh masyarakat dengan gangguan sembelit. Terdapat berbagai cara untuk dapat mengatasi sembelit salah satunya adalah menjaga pola makan.

Makanan yang mengandung banyak serat merupakan salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi. Makanan dengan banyak serat bisa dijadikan obat pencahar alami yang dimana dapat membantu mangatasi gangguan percernaan.

 Ilustrasi Hijab Cantik



Jagung merupakan salah satu makanan banyak serat yang direkomendasikan untuk penderita kostipasi. Tidak semua olahan jagung bisa bekerja secara maksimal untuk membantu mengatasi konstipasi.

Makanan olahan jagung yang sangat dianjurkan adalah seperti berondong jagung atau popcorn. Namun, berondong jagung tersebut jangan ditambahkan dengan bahan lainnya seperti nenetga dan garam ya Sahabat Dream.

4 dari 6 halaman

Manfaat Jagung: Menjaga Kesehatan Mata

Nutrisi yang mengandung karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein sangat dibutuhkan untuk dapat menjaga kesehatan mata kalian.

Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk menangkal efek kerusakan mata dengan mengurangi risiko terkena degenerasi makula dan katarak.

Degenerasi makula dan katarak merupakan salah satu penyebab paling umum dalam kasus mata mengalami kebutaan.

 Ilustrasi Hijab Cantik

Untuk menghindari terkena penyakit yang dapat menyebabkan kebutaan tersebut, sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mendangung zeaxanthin dan lutein.

Bagaimana cara menemukan makanan tersebut? Makanan yang paling mudah unutk dicari adalah jagung.

5 dari 6 halaman

Manfaat Jagung: Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa salah satu faktor mencegah munculnya penyakit jantung dengan banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat, protein dan menghindari lemak jahat.

Tahukah kalian makanan apa itu? Salah satunya adalah jagung.

 Ilustrasi Hijab Cantik

Manfaat jagung yang baik untuk kesehatan salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan jantung.

Sebaiknya konsumsi jagung dan juga kacang-kacangan secara rutin agar kalian bisa terhindar dari resiko memiliki penyakit jantung.

6 dari 6 halaman

Manfaat Jagung: Mengatasi Depresi

Sebuah penelitian menunjukan, nutrisi yang baik akan berkaitan dengan kesehatan mental pada seseorang.

Meskipun masih belum ada pola makan atau nutrisi tertentu untuk dapat mengatasi depresi, namun mengkonsumsi nutrisi yang bagus bisa menjaga kesehatan mentalnya.

 Ilustrasi Hijab Cantik



Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai makanan yang sehat untuk mengatasi depresi.

Kandungan karbohidrat kompleks, asam lemak omega-3 dan vitamin B merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh otak.

Perlu untuk diingat, jagung tidak bisa dijadikan sebagai makanan untuk pedoman menyebuhkan depresi pada seseorang.

Para penderita depresi juga memerlukan nutrisi lainnya yang tredapat dalam jenis makanan lainnya juga. Pastikan tetap selalu berkonsultasi dengan dokter ahli ya Sahabat Dream.

(ism, Sumber: alodokterhello sehat)

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id