5 Manfaat Blueberry Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui Orang

Fresh | Sabtu, 6 Juni 2020 07:01
5 Manfaat Blueberry Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui Orang

Reporter : Ulyaeni Maulida

Apa saja manfaatnya?

Dream – Blueberry banyak diolah menjadi berbagai menu makanan dan minuman. Buah yang kaya akan nutrisi ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah yang bernama latin Vaccinium sect. Cyanococcus ini merupakan sumber nutrisi karena mengandung vitamin A,C,E, dan K. Blueberry juga mengandung serat, antioksidan, dan mineral.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kandungan dalam blueberry dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker dan tumor.

Berikut adalah 5 manfaat blueberry bagi tubuh.

2 dari 6 halaman

Mencegah Kanker

 Blueberry© Pexels.com

 

Blueberry mengandung vitamin A dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan tersebut membantu melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas.

Kandungan antioksidan dalam blueberry juga membantu mencegah terjadinya penyakit kronis. Seperti kanker paru-paru, kanker pangkreas, kanker prostat hingga menghambat pertumbuhan tumor.

3 dari 6 halaman

Blueberry Rendah Kalori Tetapi Tinggi Nutrisi

 Blueberry© Pixabay.com

 

Ada dua jenis blueberry paling umum ditemui, blueberry highbush yang paling umum dibudidayakan di AS. Dan blueberry lowbush atau liar, biasanya lebih kecil dan kaya antioksidan.

Blueberry kaya akan nutrisi. 148gram blueberry mengandung 24 persen vitamin C, 36 persen vitamin K, dan 85 persen air. Namun, hanya mengandung sekitar 18 kalori.

4 dari 6 halaman

Bantu Cegah Diabetes

 Blueberry© Pixabay.com

 

Kandungan gula dalam blueberry cukup rendah. Sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 1. Selain itu, blueberry juga kaya akan serat. Yang bermanfaat untuk mengobati diabetes.

Bagi pasien diabetes tipe 1 dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat dan memiliki kadar glukosa yang rendah seperti blueberry. Mengkonsumsi blueberry dan dikombinasikan dengan buah-buahan lain juga dapat mengurangi tujuh persen risiko diabetes tipe 2.

5 dari 6 halaman

Mengurangi Kerusakan DNA

 Blueberry© Pexels.com

Blueberry mengurangi kerusakan DNA. Dan dapat membantu melindungi dari penuaan dini. Kerusakan DNA oksidatif adalah bagian tak terhindarkan dari kehidupan sehari-hari. Kerusakan DNA inilah yang menjadi penyebab mengapa seseorang bertambah tua.

Karena blueberry kaya akan antioksidan, sehingga dapat menetralkan beberapa radikal bebas yang merusak DNA. Mengkonsumsi blueberry secara teratur, dapat mencegah radikal bebas hingga 20 persen.

6 dari 6 halaman

Mengurangi Kolesterol Jahat

 Blueberry© Pexels.com

 

Antioksidan dalam blueberry sangat penting untuk penurunan kadar LDL atau kolesterol jahat teroksidasi. Ini membuat blueberry sangat baik untuk jantung. Blueberry memiliki manfaat signifikan bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

2 gram blueberry dapat menurunkan oksidasi LDL sebesar 27 persen selama delapan minggu pada orang yang mengalami obesitas. Blueberry secara signifikan mengurangi oksidasi kolesterol LDL jahat.

 

(Sumber: healthline.com)

 

Join Dream.co.id