5 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan Beserta Efek Samping yang Perlu Diperhatikan

Fresh | Kamis, 20 Januari 2022 15:45

Reporter : Arini Saadah

Black garlic memiliki tekstur yang lebih lembut dan kenyal serta rasa yang lebih manis.

Dream Black garlic atau bawang hitam merupakan makanan hasil fermentasi dari bawang putih dalam suhu antara 60 hingga 77 derajat celcius selama 30-90 hari. Proses fermentasi ini juga mengubah kandungan nutrisi dan warnanya. Akibatnya black garlic memiliki manfaat yang berbeda dari bawang putih.

Black garlic memiliki tekstur yang lebih lembut dan kenyal serta rasa yang lebih manis. Banyak orang menyebut rasa black garlic hampir sama dengan asam jawa atau permen karamel yang agak masam.

Karena rasanya yang lumayan enak, black garlic sering dikonsumsi secara mentah. Banyak pula yang memakainya untuk membuat pasta, pizza, hingg bahan es krim.

Sama seperti bawang putih, manfaat black garlic untuk kesehatan juga sangat banyak. Tak heran bahan makanan yang satu ini sering dipakai untuk bumbu masakan. Lantas apa saja manfaat black garlic untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini, dilansir dari berbagai sumber.

5 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan Beserta Efek Samping yang Perlu Diperhatikan
Ilustrasi Manfaat Black Garlic Alias Bawang Hitam. (Foto: Unsplash.com)
2 dari 7 halaman

1. Menjaga Kesehatan dan Meningkatkan Kinerja Otak

 Ilustrasi© Freepik.com

Manfaat black garlic alias bawang hitam untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan kinerja otak. Kandungan antioksidan pada black garlic diklaim bisa mengurangi peradangan yang disebabkan oleh adanya efek zat aditif makanan terutama monosodium glutamat serta zat lainnya yang bersifat merusak memori.

Manfaat black garlic untuk kesehatan yang satu ini juga diperoleh karena efek anti-inflamasi, antioksidan, dan neuroprotektif. Berdasarkan laporan dari Intechopen, ditemukan bahwa bawang hitam memiliki kemampuan meningkatkan kinerja memori dan memperlambat penurunan kognitif.

Sementara itu laporan dari The Journal of Food and Drug Analysis, manfaat black garlic dipercaya dapat meningkatkan daya ingat karena tingkat antioksidannya yang tinggi. Peran antioksidan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Pada gilirannya dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

3 dari 7 halaman

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Bawang putih bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah, hal ini juga sama dengan fungsi bawang hitam. Kandungan antioksidan dalam makanan hasil fermentasi bawang putih ini bisa mengatus kadar gula dalam darah.

Manfaat black garlic jangka pendek bisa membantu mengurangi risiko munculnya penyakit diabetes.

Kemudian dalam jangka panjang, bawang hitam ini diklaim bisa mencegah risiko gangguang fungsi organ ginjal, jantung, dan infeksi kulit.

Bahkan karena antioksidan yang sangat tinggi dalam black garlic sehingga bisa mencegah komplikasi pada penderita diabetes.

4 dari 7 halaman

3. Makanan Pencegah Kanker

Dalam tubuh manusia sudah ada sel kanker namun tidak aktif. Sel kanker bisa jadi aktif jika mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat. Mengonsumsi black garlic dipercaya bisa mencegah risiko penyakit kanker.

Berdasarkan studi yang diterbitkan di jurnal Studies on Garlic, kandungan senyata bioaktif pada black garlic memiliki potensi mencegah kanker sekaligus membantu mengobati penyakit kanker. Bawang hitam bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker lambung, hingga leukemia.

Senyawa bioaktif pada black garlic bekerja dengan memicu kematian sel kanker, menghambat pertumbuhan dan penyebarannya. Selain itu juga akan menghentikan siklus pertumbuhan, merangsang produksi protein khusus yang berfungsi untuk membunuh sel kanker.

5 dari 7 halaman

4. Menyehatkan Organ Jantung

 Ilustrasi© Freepik.com

Jantung merupakan organ yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah organ paru-paru membersihkan darah tersebut. Selain itu jantung juga menyediakan sekaligus mengalirkan oksigen melalui darah ke seluruh tubuh, serta membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida).

Maka dari itu tubuh memerlukan makanan yang sehat untuk membantu kinerja jantung yang berat tersebut. Salah satu makanan yang membantu menjaga kesehatan jantung adalah black garlic alias bawang hitam.

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya bermanfaat untuk menyehatkan jantung agar berfungsi dengan baik. Senyawa bioaktif tersebut terbukti mampu melindungi sel-sel pada sistem kardiovaskular. Selain itu juga mampu mampu menghambat produksi enzim dan protein yang memicu peradangan.

Manfaat black garlic juga sama dengan bawang putih yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah yang menjadi penyebab penyakit jantung.

6 dari 7 halaman

5. Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat black garlic yang selanjutnya adalah bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh yang memiliki daya tahan tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan yang bekerja melawan radikal bebas serta mencegah stress oksidatif penyebab kerusakan sel.

Zat anti peradangan pada bawang hitam akan membuat tubuh kamu jadi lebih sehat, sehingga bisa melawan infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

7 dari 7 halaman

Efek Samping Mengonsumsi Black Garlic

Selain memiliki segudang manfaat, black garlic juga memiliki efek samping jika terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya. Sebab konsumsi bawang hitam yang berlebihan mungkin dapat memicu gangguan pencernaan dan kenaikan asam lambung.

Mengutip dari laman US National Institute of Health, sebenarnya tidak ada efek samping serius dari mengonsumsi bawang hitam. Tapi mungkin akan muncul gejala mirip dengan penggunaan bawang putih berlebih, seperti gangguan pencernaan, bau mulut, alergi, sakit perut dan pusing.

Selain itu perlu diperhatikan, jika kamu sedang mengonsumsi obat yang mengandung antikoagulan (obat untuk mengatasi penggumpalan darah) sebaiknya tidak mengonsumsi bawang hitam. Karena bawang hitam bisa berinteraksi dengan antikoagulan. Sebab risiko perdarahan akan terbuka lebar jika interaksi itu terjadi.

Kemudian menurut Daily Garlic, tidak ada batasan khusus mengonsumsi bawang hitam. Namun apabila terjadi efek samping seperti yang telah disebutkan di atas, kamu bisa menyudahi memakan black garlic tersebut. Selain itu, jika kamu memiliki alergi bawang putih, kamu pun akan memiliki reaksi yang sama jika mengonsumsi black garlic.

Join Dream.co.id