5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Fresh | Senin, 15 Juli 2019 07:46
5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Tahukah kalian, bawang putih mampu mengatasi berbagai permasalahan di dalam tubuh. Bahkan bawang putih juga bisa mencegah kanker loh. Yuk simak informasinya berikut ini.

Dream –  Siapa sih yang tidak tahu dengan bawang putih? Bahkan hampir semua orang tahu dengan bentuk dan kegunaan bawang putih.

Pada umumnya, bawang putih akan selalu bertengger di dapur kalian. Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang dimana keberadaannya harus selalu ada di etalase dapur rumah.

Tidak hanya di Indonesia saja penduduknya aktif mengkonsumsi bawang putih. Sebagian besar negara lainnya juga mengkonsumsi bawang putih loh Sahabat Dream.

Bawang putih atau nama bernama latin Allium sativum sebenarnya adalah sejenis umbi-umbian. Di dalam satu buah bawang putih pada umumnya terdapat 5-20 siung yang masing-masing memiliki berat sekitar 6-8 gram.

 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh



Selain itu, bawang putih memiliki kandungan sufur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfide serta dialil trisulfida yang sangat tinggi.

Kandungan-kandungan itu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh loh Sahabat Dream. Ingin tahu manfaat apa saja? Yuk simak informasinya berikut ini:

2 dari 6 halaman

Manfaat Bawang Putih: Mencegah Kanker

National Cancer Research Institute membuktikan dari penelitian yang dilakukan sejauh ini bahwa bawang putih memiliki kaitan dengan resiko terkena penyakit kanker.

Dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin mampu menurunkan resiko seseorang terkena beberapa jenis kanker yang ada.

 Perhatikan Kesehatan Organ Intim Saat Aktif Berolahraga

Beberapa jenis kanker tersebut meliputi kanker payudara, kanker prostat, kanker perut (lambung, usus besar serat usus kecil), kanker kerongkongan dan kanker pancreas.

3 dari 6 halaman

Manfaat Bawang Putih: Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam sejumlah penelitian menemukan bahwa ekstrak aged garlic (bawang putih kering) mampu mengurangi penumpukan plak lunak di dalam arteri. Bahkan aged garlic juga mampu mencegah pembentukkan plak baru di arteri.

Penelitian lainnya yang berasal dari Journal of Nutrition menyatakan, mengkonsumsi aged garlic dapat memberikan efe menurunkan kadar kalsium dan protein C-reaktif di dalam arteri coroner.

 6 Cara Menjaga Kesehatan Mata, Jangan Disepelekan!

Adanya endapan kalsium di dalam arteri merupakan gejala dari adanya penumpukan plak.

Penumpukan plak dapat menyebabkan terjadinya persempitan atau penyumbatan arteri. Sedangkan, protein C-reaktif merupakan sebuah protein yang secara khusus mampu memicu peradangan.

4 dari 6 halaman

Manfaat Bawang Putih: Menurunkan Kolesterol

Salah satu makanan terbaik yang bisa mencegah peningkatan kolesterol adalah bawang putih. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine menyatakan, mengkonsumsi bawang putih mentah 10 gram setiap hari secara teratur mampu menurunkan kolesterol yang cukup drastis dalam dua bulan.

 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Musim Panas

Pada tahun 2016, studi yang dimuat dalam International Journal of Medical Science and Public Health menemukan, bawang putih sangat mampu menurunkan kolesterol sebab di dalam bawang putih terdapat kandungan allicin yang begitu tinggi.

Allicin merupakan salah satu kandungan yang mampu menghambat enzim penyebab kolesterol di dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

Manfaat Bawang Putih: Mengatasi Hipertensi

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences menemukan, bawang putih mampu memberikan efek mampu menurunkan tekanan darah sostolik dan diastolik pada penderita hipertensi.

Efek yang ditimbulkanpun hampir sama dengan penderita mengkonsumsi obat atenolol.

 7 Tips Menjaga Kesehatan & Menikmati Musim Panas

Kandungan allicin dan polisulfida yang terdapat di dalam bawang putih inilah yang sangat berperan dalam mengatasi hipertensi.

Polisulfida sendiri mampu untuk membantu memperlebar pembuluh darah agar tekanan darah menjadi normal kembali.

6 dari 6 halaman

Manfaat Bawang Putih: Kesehatan Otak

Penelitian yang berasal dari tim Universitas Missouri telah menemukan fakta, salah satu kandungan yang ada dibawang putih mampu melindungi sel-sl otak terhadap efek penyakit dan penuaan.

Kandungan yang dimaksud tersebut adalah FruArg. Kandungan ini mampu mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi dari sel mikroglia selama melawan peradangan dan stress oksidatif.

 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Peran sel mikroglia sebenarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan saraf di dalam tubuh. Namun, apabila sel mikroglia terlalu sering melawan peradangan maka akan semakin meningkat pula produksi oksida nitrat di dalam tubuh.

Oksida nitrat merupakan salah satu faktor utama penyebab kerusakan sel otak. Namun, FruArg yang ada di dalam bawang putih mampu mengatasinya.

FruArg berperan sebagai pemicu produksi sel mikroglia tanpa meningkatkan produksi kadar oksida nitrat di dalam otak. Untuk itu, bawang putih juga mampu memberikan perlindungan terhadap kesehatan otak kalian. (ism, Sumber: Hello Sehat)

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id