5 Langkah Wajib Dicoba Biar Tak Cepat Lapar

Fresh | Selasa, 21 Januari 2020 08:48
5 Langkah Wajib Dicoba Biar Tak Cepat Lapar

Reporter :

Cocok untuk kamu yang sedang berdiet.

Dream - Rasa lapar merupakan sinyal tubuh yang menunjukkan kalau butuh segera asupan makanan agar seluruh fungsi organ berjalan dengan baik. Saat lapar, biasanya emosi jadi lebih mudah terpancing.

Belum lagi ketika harus berkonsentrasi, dalam kondisi lapar tentunya akan sangat sulit dilakukan. Sebenarnya ada cara tertentu agar Sahabat Dream tak cepat lapar. Yuk, simak langkahnya berikut.

1. Sarapan

" Melewatkan sarapan, seperti puasa sekitar 16 jam, terlalu lama bagi kebanyakan orang," kata ahli gizi, Jennifer Cassetta. Dia juga menambahkan bahwa mengonsumsi protein saat sarapan dapat membantu memuaskan rasa lapar dan menyeimbangkan gula darah hingga makan siang.

Sebuah studi dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa orang yang sarapan memiliki suasana hati yang secara keseluruhan lebih positif dibandingkan dengan mereka yang melewatkannya. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Bustle.

 

2 dari 7 halaman

2. Terhidrasi

 Ini Keajaiban yang Dirasakan Tubuh Saat Minum Air PutihIni Keajaiban yang Dirasakan Tubuh Saat Minum Air Putih © © MEN

Pastikan selalu terhidrasi dengan baik. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Bawalah botol air dan minum sepanjang hari. Minum air bukan hanya setelah makan, tapi setiap jam.

 

3 dari 7 halaman

3. Camilan Karbohidrat dan Protein

 EdamameEdamame © Shutterstock


Kamu dapat mencoba camilan yang memiliki campuran karbohidrat dan protein. Karbohidrat menyediakan energi, sedangkan protein dapat membantu mempertahankan energi tersebut dan membuat merasa puas. Kamu dapat menyimpan camilan di tempat yang terjangkau. Jadi, dapat mengunyahnya sepanjang hari.

 

4 dari 7 halaman

4. Konsumsi Makanan Kaya Protein dan Lemak Sehat

Protein dan lemak dapat menunda rasa lapar. Hal ini dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama dan menunda kembali rasa lapar.

 Rasa Ikan Salmon Makin Mantap dengan Olahan TepatRasa Ikan Salmon Makin Mantap dengan Olahan Tepat © © MEN

Jika telah mencoba untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein serta lemak sehat, hal tersebut merupakan pilihan yang tepat untuk menghindari perubahan gula darah dan menjaga suasana hati.

 

5 dari 7 halaman

5. Makanan kaya serat

 Sayuran HijauSayuran Hijau © © MEN

Makanan yang berserat membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunyah, mengisi perut yang kosong, dan membantu kita mengatur gula darah dan respons insulin sehingga menghasilkan energi yang stabil dalam jangka waktu yang lebih lama. Dengan kata lain, memasukkan makanan yang mengandung serat ke daftar makanan adalah strategi pencegahan rasa lapar yang baik.

Lapran Salsabila Fauziah Rahman/ Sumber: Liputan6.com

6 dari 7 halaman

Sudah Makan Banyak Tapi Masih Lapar? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Dream - Rasa lapar membuat kita sulit untuk berkonsentrasi. Melakukan aktivitas fisik pun jadi kurang bersemangat.

Solusi dari rasa lapar tentunya makan, tapi pada beberapa kasus perasaan lapar ini tak kunjung hilang. Keinginan untuk terus makan sangat tinggi.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan keinginan untuk terus makan walaupun kamu sudah memenuhi kebutuhan harian. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa penyebab kita merasa lapar padahal sudah makan banyak.

1. Cacingan

Cacing dalam tubuh bisa menyebabkan diare, sakit perut atau mual. Kamu juga bisa jadi lebih sulit merasa kenyang.

Cacing adalah parasit, dan mereka memakan makanan yang ada di sistem pencernaanmu. Sehingga, kamu merasa lapar walaupun sudah makan.

2. Tiroid yang Terlalu Aktif

Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher dan berfungsi untuk melepaskan hormon yang mengontrol metabolisme, pertumbuhan dan perkembangan.

Jika terlalu aktif, tiroid dapat menyebabkan hipertiroidisme yang mempengaruhi tingkat produksi hormon.

Kondisi ini juga dapat meningkatkan pelepasan hormon kelaparan, membuatmu merasa lapar terus menerus.

7 dari 7 halaman

3. Mengonsumsi Alkohol

Penelitian telah menemukan hubungan antara alkohol dan rasa kenyang. Alkohol dapat memicu keinginan untuk makan berlebihan karena dapat mengabaikan sinyal kelaparan di otak dan menghilangkan rasa kenyang.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

4. Tidak Cukup Tidur

Tidak mengherankan bahwa para ahli di dunia kesehatan sangat menekankan pentingnya tidur. Selain berpengaruh pada kesehatan, tidur juga dapat mempengaruhi pola makan.

Kurang tidur mempengaruhi hormon yang mengendalikan rasa lapar dan nafsu makan seperti leptin serta ghrelin. Hormon tersebut menyebabkan kamu lebih banyak makan.

Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak
Join Dream.co.id