5 Keluhan yang Muncul Saat Tubuh Kekurangan Vitamin A

Fresh | Senin, 18 Oktober 2021 07:12

Reporter : Mutia Nugraheni

Kamu mungkin tak menyadarinya.

Dream - Dalam hal menjaga kesehatan dan fungsi tubuh pada tingkat optimal, asupan vitamin A cukup penting. Vitamin A dapat membantu penglihatan, sistem kekebalan, reproduksi, dan metabolisme, serta fungsi jantung, paru-paru, ginjal, dan otak.

Tak lupa, vitamin A memiliki sifat antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sahabat Dream dapat memperoleh vitamin A dari berbagai sumber makanan, seperti salmon, bayam dan sayuran berdaun lainnya, susu, keju, kuning telur, jeroan, hati sapi, brokoli, labu, wortel, melon, mangga, dan aprikot.

Wanita dewasa harus mengonsumsi sekitar 700 mikrogram (mcg) vitamin A setiap hari, sedangkan rekomendasi harian untuk pria mendekati 900 mikrogram (mcg) per hari. Morgyn Clair, ahli gizi di Sprint Kitchen, mengatakan bahwa vitamin A dalam jumlah yang cukup dapat diperoleh dari sumber makanan.

" Karena bisa 'overdosis', tidak disarankan untuk meminum suplemen vitamin A," katanya.

Terlalu banyak vitamin A bisa berbahaya, tetapi beberapa orang mungkin membutuhkan suplemen vitamin A. Biasanya tubuh mengirimkan sinyal saat sangat kekurangan vitamin A. Apa saja?

 

 

5 Keluhan yang Muncul Saat Tubuh Kekurangan Vitamin A
Kulit Kering/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

1. Mata Kering

Mata kering bisa menjadi salah satu tanda pertama kekurangan vitamin A. Mata ditutupi lapisan cairan yang disebut film air mata, yang membantu melindungi dan melumasi mata sekaligus menjaga permukaan mata tetap bersih.

“ Lapisan air mata yang sehat dan teratur diperlukan agar penglihatan menjadi jelas,” ujar Yuna Rapoport, dokter mata yang berbasis di New York City di Rumah Sakit Mount Sinai St. Luke.

 Mata Kering Saat Pakai Makeup? Ini Sebabnya© MEN

" Ketika cahaya mengenai kornea, jika lapisan air mata tidak teratur, maka cahaya akan menyebar," ungkapnya.

Ketika film air mata tidak berkualitas baik, gejala mata kering bisa muncul. “ Salah satu tanda pertama kekurangan vitamin A adalah sesuatu yang disebut bintik Bitot, yang merupakan lesi berbusa putih pada kornea,” kata Rapoport.

 

3 dari 6 halaman

2. Rabun Senja

Rabun senja merupakan tanda awal lain dari kekurangan vitamin A. Vitamin A adalah bagian penting dari rhodopsin, protein yang menyerap cahaya di retina.

" Rhodopsin adalah bagian 'batang' dari 'batang dan kerucut', dan sangat penting untuk penglihatan malam hari," kata Rapoport.

3. Masalah dengan penyembuhan luka
Vitamin A adalah komponen penting dari penyembuhan luka yang tepat. Salah satu alasannya adalah vitamin A berperan dalam memoderasi respons peradangan tubuh, dan dapat membantu mengendalikan peradangan yang berlebihan. Tanpa vitamin A yang cukup, tubuh tidak akan sembuh dengan baik.

 

4 dari 6 halaman

4. Infeksi Dada, Tenggorokan, dan Pernapasan

Kekurangan vitamin A dapat dikaitkan dengan infeksi tenggorokan, saluran pernapasan, dan dada. Vitamin A dianggap memiliki efek perlindungan terhadap peradangan berlebihan yang menyertai patogen invasif seperti pilek dan infeksi. Vitamin A dapat membantu melindungi melalui modulasi peradangan.

 5 Cara Atasi Sesak Napas Tanpa Konsumsi Obat© MEN

5. Kulit kering
Kekurangan vitamin A jelas bukan satu-satunya alasan untuk kulit kering, eksim, dan masalah kulit lainnya, tetapi mungkin dapat terjadi. Ternyata retinol pada produk perawatan kulit, sebenarnya berasal dari vitamin A dan memiliki banyak manfaat untuk kulit, diantaranya mengurangi kerutan, menghaluskan tekstur kulit, dan lainnya. Masuk akal bahwa kekurangan vitamin A dapat berperan dalam masalah kulit.

Kulit mengandung reseptor retinoid dan mendapatkan cukup vitamin A akan membantu menciptakan sel-sel kulit baru, mengurangi peradangan, dan mencegah kekeringan. Jadi tidak mendapatkan cukup vitamin ini dapat menyebabkan kulit kering.

Laporan Syifa Putri Naomi/ Sumber: Byrdie

5 dari 6 halaman

4 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Kulit

Dream - Kamu pasti sudah sering melihat, atau bahkan membeli, kapsul vitamin E yang beredar di pasaran. Meski tidak setenar vitamin C, kapsil ini memiliki berbagai manfaat bagi kulit.

Vitamin E sebetulnya tidak hanya tersedia dalam bentuk suplemen oral. Kamu juga bisa menemukan vitamin ini yang bisa dikonsumsi dengan cara diaplikasikan langsung pada kulit.

Tapi tahukah kamu mengapa vitamin E sangat berkhasiat membantu menjaga kesehatan kulit? Dilansir dari Stylecraze, berikut manfaat vitamin E bagi kulit.

Mengandung antioksidan

Kamu bisa mendapatkan antioksidan ketika mengonsumsi vitamin E. Antioksidan sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Konsumsi vitamin E dengan vitamin C untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Terutama, jika sering beraktivitas di luar ruangan.

Melawan dampak buruk sinar UV

 Ilustrasi Kulit Terlindung dari Sinar UV© Freepik.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, vitamin E bisa melawan dampak buruk sinar UV jika dikonsumsi bersama vitamin C.

Selain dari suplemen, kamu juga bisa menambahkan kandungan vitaminnya dengan mengonsumsi buah kiwi, jeruk atau alpukat.

6 dari 6 halaman

Melembapkan kulit

Vitamin E mengandung tokoferol dan tokotrienol yang mampu melembapkan kulit. Sehingga, wajahmu tidak akan cepat mengalami proses penuaan dan tetap kenyal.

Meredakan tanda penuaan

 Kebiasaan Ini Bisa Cegah Tanda Penuaan Dini© MEN

Di samping mencegah, vitamin E juga mampu menyamarkan tanda penuaan dengan kandungan antioksidan tinggi.

Sehingga, kerutan, pengenduran, flek hitam serta garis halus akan mereda jika mengonsumsi vitamin E secara rutin.

Join Dream.co.id