5 Kebiasaan Mencegah Penyakit Jantung di Usia Muda

Fresh | Kamis, 18 Juni 2020 17:45
5 Kebiasaan Mencegah Penyakit Jantung di Usia Muda

Reporter : Ulyaeni Maulida

Penyakit jantung kini sudah banyak menyerang anak-anak muda.

Dream – Penyakit jantung tidak hanya menyerang kalangan orang lanjut usia (Lansia). Perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung tidak sehat membuta serangan jantung juga mulai banuak dialami generasi muda. 

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan didunia. Serangan jantung yang sering tiba-tiba menyerang seseorang sering kali tidak mendapat pertolongan yang cepat dan maksimal.

Salah satu cara mencegah penyakit jatung adalah dimulai dengan menjaga gaya hidup sejak usia muda. Kamu harus selalu menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat agar terhindar dari penyakit jantung.

Berikut adalah beberapa kebiasaan sehat yang dapat dilakukan sejak muda.

2 dari 6 halaman

Pola Makan yang Baik

Makan sehat© Pexels.com

Saat muda, seringkali kita tidak memperhatikan jenis makanan apa yang dikonsumsi. Mulai dari makanan cepat saji hingga makanan dengan lemak tinggi.

Nyatanya, terlalu sering mengkonsumsi makanan tersebut, dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Seperti dapat menyebabkan kolesterol tinggi, obesitas, atau gula darah. Semua hal tersebut adalah faktor yang menyebabkan risiko penyakit jantung semakin besar.

Untuk itu, imbangilah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Penuhi asupan nutrisi untuk tubuh. Dan mulailah sedini mungkin. Untuk menekan risiko penyakit jantung dikemudian hari.

3 dari 6 halaman

Menjaga Berat Badan

Olahraga© Shutterstock

Saat usia muda, seringkali membuat kita mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang justru menjadi penyebab obesitas. Nyatanya obesitas dapat mengakibatkan terganggunya sistem kekebalan tubuh. Hal ini tentunya berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular yang memicu penyakit jantung dan stroke. Jika tidak mengatur pola makan yang baik, akan berisiko pada naiknya kolesterol dan tekanan darah yang berakibat pada penyakit jantung.

Selain itu, kamu juga bisa secara rutin berolahraga. Lakukan selama 30-60 menit setiap hari. Jika memang dirasa terlalu berat, maka cukup melakukan olahraga yang ringan. 

4 dari 6 halaman

Tidur Cukup

Tidur© Pixabay.com

Usia muda memang menjadi usia-usia yang produktif. Mulai dari belajar, bekerja, atau bahkan bertemu dengan teman-teman.

Tak jarang kesibukan kamu, menyebabkan waktu tidurmu berkurang. Padahal tidak mendapatkan tidur yang cukup, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Untuk itu, beraktifitaslah tanpa berlebih-lebihan. Namun jangan lupa untuk beristirahat. Agar tubuhmu selalu fit dan sehat.

5 dari 6 halaman

Berhenti Merokok

Merokok© Shutterstock

Banyak anak muda yang tak bisa lepas dari rokok. Merokok membuat mereka merasa lebih tenang atau bahkan terlihat keren.

Namun nyatanya, kebiasaan merokok sangat berpengaruh buruk bagi kesehatan paru-paru dan jantung. Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal yang sama juga berlaku bagi mereka pengguna rokok elektrik.

Asap yang dihasilkan rokok juga sangat buruk bagi kesehatan orang lain yang menghirupnya. Atau biasa disebut sebagai perokok pasif.

Untuk itu, mulailah untuk mengehntikan kebiasaan buruk ini. Dan bagi prokok pasif, sebisa mungkin agar menghindari paparan asap rokok.

6 dari 6 halaman

Kelola Stres

Kelola stres© Pexels.com

Banyaknya tuntutan yang harus dipenuhi saat muda, menyebabkan seseorang rentan terkena stres. Dan stres yang tidak dikelola dengan baik hanya akan mengakibatkan turunnya imun tubuh.

Imun tubuh yang berkurang akan mengakibatkan berbagai risiko penyakit. Salah satunya penyakit jantung.

Untuk itu, biasakan agar diri mampu mengelola stres dengan baik. Istirahat yang cukup. Dan lakukan hal-hal yang membuatmu merasa bahagia.

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id