5 Hal yang Bisa Menyebabkan Kulit Melepuh

Fresh | Selasa, 20 Oktober 2020 06:14
5 Hal yang Bisa Menyebabkan Kulit Melepuh

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bukan hanya paparan suhu panas.

Dream - Kondisi kulit melepuh atau menggelembung tidak hanya terjadi ketika terpapar suhu panas. Kulit melepuh bisa disebabkan oleh banyak hal.

Gelembung pada kulit juga bisa berisi serum, plasma, darah, maupun nanah. Dilansir Sehatq.com, berikut penyebab kulit melepuh atau menggelembung.

Gesekan berulang

Gesekan pada tangan atau kaki bisa menyebabkan kulit melepuh. Umumnya, hal ini terjadi ketika memakai alas kaki yang kurang nyaman atau bermain alat musik.

2 dari 3 halaman

Paparan bahan kimia

Paparan bahan kimia yang ada dalam kosmetik, deterjen, zat pelarut atau logam berlapis nikel sulfat bisa menyebabkan dermatitis kontak dan berujung pada kulit melepuh. Berhati-hatilah ketika menggunakan produk tertentu atau perhiasan.

Suhu ekstrem

Suhu yang terlalu panas atau dingin bisa memicu mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi kulit dan menyebabkan munculnya gelembung.

3 dari 3 halaman

Gigitan serangga

Gigitan serangga seperti tungau atau kutu bisa menyebabkan luka dan kulit melepuh. Sehingga, kamu perlu menjaga kulit tangan dan kakimu dari gigitan serangga.

Kondisi tertentu

Pembuluh darah pecah, cacar air, eksim atau herpes bisa menyebabkan kulit melepuh. Kulit melepuh juga bisa terjadi pada penderita autoimun atau penyakit genetik lainnya.

Join Dream.co.id