5 Hal Penting Bila Terpaksa Bepergian Saat PSBB Jilid II

Fresh | Jumat, 18 September 2020 18:30
5 Hal Penting Bila Terpaksa Bepergian Saat PSBB Jilid II

Reporter :

Semuanya wajib dilakukan, nggak boleh ketinggalan satu pun.

Dream - Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperketat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya sejak 14 September 2020 kemarin.

Hal tersebut dilakukan karena pemaparan virus COVID-19 yang semakin meningkat di area tersebut.

Keputusan pemerintah untuk memperketat PSBB tentu memberikan dampak terhadap keseharian masyarakat termasuk dalam urusan pekerjaan dan bisnis.

Bagi kalian yang terpaksa harus tetap berpergian pada kondisi saat ini, RedDoorz sebagai platform pemesanan dan manajemen hotel online terbesar di Asia Tenggara, memberikan beberapa tips bepergian:

2 dari 6 halaman

1. APD Extra

Saat hendak berpergian selain menyiapkan syarat-syarat dokumen untuk traveling, perhatikan juga kalian telah menyiapkan alat pelindung diri (APD) yang lengkap, seperti hand sanitizer, masker, face shield, serta sarung tangan.

Ada baiknya kalian menggunakan masker tiga lapis, dan juga bawa beberapa cadangan untuk memastikan perlindungan lebih terhadap diri kalian.

Selama berpergian tetap patuhi protokol kesehatan yang ada dan jaga jarak saat berada di tempat-tempat keramaian, seperti bandara, stasiun, dan terminal.

2. Pilih Penginapan dengan Higienis Tersertifikasi

Pilihlah akomodasi yang memiliki program kebersihan dan telah terstandarisasi.

RedDoorz, memiliki program HygienePass, program sertifikasi santitasi hotel/akomodasi yang berkolaborasi dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).

Program yang diluncurkan pada Juli 2020 ini bertujuan untuk memastikan bahwa higienitas dan sanitasi benar-benar diimplementasikan di seluruh properti RedDoorz.

Hal itu diharapkan dapat memperkecil resiko penyebaran virus COVID-19. Hingga saat ini, program tersebut telah menjangkau lebih dari 400 mitra properti RedDoorz di seluruh Indonesia.

3 dari 6 halaman

3. Rumah Sakit Terdekat

Pastikan Sahabat Dream sudah mengetahui lokasi rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan terdekat dengan tempat kalian menginap.

Hal ini dilakukan agar saat kalian merasakan gejala sakit, kalian tidak perlu panik dan bisa langsujg menuju lokasi rumah sakit tersebut.

Ilustrasi© Dream

4. Bawa Pelengekapan Makan serta Obat-obatan Pribadi

Pelengkapan makan pribadi sangat disarankan untuk dibawa ketika kalian sedang berpergian dalam kondisi pandemi seperti saat ini.

Walau layanan pesan antar diperbolehkan beroperasi selama PSBB, hal ini jangan membuat kamu kendor dalam memproteksi diri.


4 dari 6 halaman

5. Pilih Tempat Pertemuan Terbuka

Jika perjalanan mengharuskan untuk melakukan pertemuan dengan beberapa relasi, usahakan memilih tempat pertemuan di ruang terbuka atau ruang dengan sirkulasi udara yang baik.

Usahakan juga untuk tidak membuka masker atau APD kalian guna menjaga kesehatan dan keselamatan kalian dan orang sekitar.

Tips ini ditunjukan untuk kalian yang benar-benar terpaksa untuk keluar rumah demi pekerjaan, perjalanan dinas atau lainnya.

Bagi kalian yang tidak memiliki kepentingan untuk keluar rumah, lebih baik menaham diri dulu demi kepentingan bersama dan menurunkan angka penyebaran virus COVID-19.

(Laporan: Shania Suha Marwan)

5 dari 6 halaman

PSBB Jakarta Mulai Senin, Maksimal Kerumunan 5 Orang

Dream - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akhirnya mengumumkan secara resmi keputusan terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid 2 pada hari ini, Minggu 13 September 2020. PSBB bakal berlangsung mulai Senin, 14 September 2020 besok.

Penerapan PSBB kali ini menurut Anies akan lebih ketat. Fasilitas di bidang pendidikan, hiburan dan taman kota, fasilitas umum, sarana olahraga, resepsi pernikahan dan seminar tak diperbolehkan dan ditutup.

6 dari 6 halaman

Tetap diimbau untuk #dirumahaja

Bakal ada pembatasan kerumunan dan penegakan aturan bakal ditangani oleh petugas terkait.

Seperti Satpol PP, Kepolisian hingga TNI untuk memberi tindakan yang tegas. Dalam keteranganya dalam Youtube Pemprov DKI yang disiarkan langsung Minggu pukul 13.30, Anies menegaskan kerumunan di luar ruangan maksimal 5 orang.

" Terkait kegiatan di luar ruangan, akan ada pembatasan kerumunan tidak lebih dari lima orang. Kita berharap masa pembatasan ini cepat selesai. Di masa ujian ini mari kita jalani dengan teguh dan disiplin," ungkap Anies.

Pada penerapan PSBB kedua kalinya di Jakarta, menurut Anies prinsipnya tetap sama. Tetap di rumah saja, termasuk bekerja. Hanya boleh keluar rumah jika keadaan mendesak.

Join Dream.co.id