5 Cara Meredakan Migrain Tanpa Konsumsi Obat

Fresh | Kamis, 5 Agustus 2021 19:45

Reporter : Dwi Ratih

Siapa yang sering merasakan migrain?

Dream – Sakit kepala bisa menyerang siapa saja dan di mana saja. Ketika rasa sakit di satu sisi kepala menyerang, kamu harus bertindak cepat.

Pada tingkat yang lebih parah, rasa pusing di satu sisi kepala bisa membuat penderitanya kesakitan. Ruangan serasa berputar dan membuat mual bahkan sampai muntah.  

Dikutip dari Beautylish, sakit kepala di satu sisi atau migrain bisa dihentikan dengan mengonsumsi Excedrin dengan resep dokter. Namun jika kamu tidak segera diatasi, rasa sakit akan terus berkembang seperti ditusuk, berdenyut, mual hingga kepekaan ekstrem terhadap cahaya dan suara.

 Ilustrasi
© shutterstock

Tapi kalau tidak ingin mau bergantung pada obat-obatan bagaimana? Tenang, kamu bisa atasi penyakit mengerikan itu dengan cara alami. Bahkan ada salah satu cara yang tidak membutuhkan pengonsumsian bahan-bahan alami.

Apa saja sih? Baca tips berikut dari awal sampai akhir, ya.

5 Cara Meredakan Migrain Tanpa Konsumsi Obat
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

1. Pindah ke tempat yang sepi dan gelap

Saat kamu migrain akan sangat sensitif terhadap cahaya dan suara. Dua hal ini bahkan bisa memperburuk rasa sakit. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah tutup tirai dan matikan lampu.

Gunakan penyumbat telinga untuk mendapatkan ketenangan.

Jika kamu sakit kepala di siang hari, kenakan penutup mata untuk memblokir semua cahaya yang masuk. Kamu akan merasa lebih baik setelah merasa tenang dan berada di tempat yang gelap.

 Ilustrasi
© shutterstock

2. Cari sesuatu yang dingin

Kompres dahi atau pelipis dengan es untuk meredakan sakit. Jika tidak ada es batu, gunakan masker lembaran gel atau eye patch yang didinginkan. Hal ini akan meredakan rasa sakit sementara serta menambah manfaat untuk perawatan kulit.

3 dari 4 halaman

3. Pijat wajah dengan face roller

Jika kamu tahan kala migrain menyerang, pijat lembut wajah atau area yang paling sakit untuk meredakan ketegangan.

Penderita migrain, kamu harus memiliki face roller yang dingin. Ambil roller dan sapukan ke area pelipis atau dahi. Simpan alat baja tahan karat ini di dalam freezer untuk merasakan sejuk saat memijat titik-titik yang sakit.

 Ilustrasi
© shutterstock

4. Minum air putih

Migrain bisa disebabkan dehidrasi, jadi pastikan untuk mengisi tubuh dengan minum air putih. Kamu akan merasa lebih baik setelahnya.

Simpan botol yang berisi air di samping tempat tidur, saat terbangun minum air tersebut untuk menghindari rasa sakit.

4 dari 4 halaman

5. Tidur yang cukup

Tidur menjadi salah satu cara paling efektif untuk menenangkan migrain. Ganti sarung bantal dengan sarung sutra agar mendapatkan efek sejuk. Merujuk ke tips utama, gunakan masker mata agar lebih tenang.

Kalau kamu sulit tidur, semprotkan minyak lavender atau chamomile ke udara untuk menciptakan lingkungan yang rileks. Terlebih, menghirup minyak lavender juga membantu mengurangi rasa sakit kepala dan mual.

Jika migrain menyerang dalam waktu dekat, jangan ragu untuk terapkan hal-hal di atas, ya, Sahabat Dream!

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Join Dream.co.id