5 Cara Pertahankan Kekuatan Otot dengan Yoga

Fresh | Jumat, 8 Mei 2015 13:01
5 Cara Pertahankan Kekuatan Otot dengan Yoga

Reporter : Amrikh Palupi

Yoga umumnya sering dianggap sebagai bentuk latihan yang meningkatkan fleksibilitas. Namun ada banyak bentuk yoga yang dapat membantu Anda mendapatkan kekuatan dan daya tahan

Dream - Salah satu cara mendapatkan tubuh sehat bugar dan dengan memiliki kekuatan otot serta daya tahan tubuh adalah dengan cara berolahraga. Berbagai macam jenis olahraga pun dapat dilakukan untuk mempertahankan kebugaran dan membentuk tubuh menjadi lebih bagus. Salah satunya adalah yoga.

Dikutip dari healthmeup.com, yoga umumnya sering dianggap bentuk latihan untuk meningkatkan fleksibilitas. Namun ada banyak bentuk yoga yang dapat membantu Anda mendapatkan kekuatan dan daya tahan.

Kebanyakan orang pergi ke tempat kebugaran tubuh seperti gym untuk mendapatkan bentuk tubuh yang mereka inginkan dan memperkuat tubuh bagian atas atau bisep lebih berotot. Padahal olahraga yoga dapat membantu Anda mendapatkan kekuatan lengan dengan cara yang benar tanpa harus pergi ke gym.

Menurut healthmeup.com hal paling utama yang harus dilakukan adalah bagaimana bisa mengalihkan energi Anda ke tempat yang diperlukan dengan pikiran yang terfokus.

Berikut adalah istilah lima gerakan yoga yang akan membantu Anda memperkuat lengan dan tubuh, berikut ulasannya:

1. Tolasana (Skala Pose)
Duduk di matras dengan gerakan tangan pada bagian sisi tubuh. Lalu buang napas, tekan telapak tangan Anda ke matras dan mengangkat diri dari lantai. Jangan lupa untuk menahan otot perut saat mengangkat tubuh. Tahan pose mengangkat tubuh selama 3 - 5 tarikan napas dengan rileks. Fungsinya memperkuat lengan, perut dan pergelangan tangan semua dalam satu kesatuan.

2. Purvottanasana (Plank Pose)
Letakkan tangan pada lantai dengan jari-jari menunjuk ke arah jari-jari kaki.
Jagalah kaki dengan napas, angkat pinggul anda lalu putar kepala ke belakang sampai tubuh Anda sejajar dengan tanah. Postur ini akan membangun kekuatan di pergelangan tangan, lengan dan bahu. Ini membuka dada dan bahu dan membuat pergelangan kaki Anda lebih kuat.

3. Tri Adho Mukha Svanasana (Three Dog Downward Legged Pose)
Tekan bahu Anda ke dalam, dengan mengangkat satu kaki setinggi yang Anda bisa lakukan. Jagalah posisi pinggul dengan pose yang sama. Ulangi dengan kaki yang lain. Gerakan ini akan memperkuat pergelangan tangan, bahu, lengan, dan meregangkan paha belakang.

4. Kumbahakasana (Plank Pose)
Mulailah dengan lutut di tanah dan lengan langsung di bawah bahu. Tariklah
tubuh dengan meregangkan kaki kembali satu per satu. lalu letakan jari pada
tikar. Tekan telapak tangan Anda ke lantai agar menjaga bahu dengan luas dan tegas dengan mengangkat kepala. Gerakan ini dapat membantu pemula
membangun kekuatan lengan dengan mudah.

5. Vasisthasana (Side Plank Pose)
Mulailah dengan Adho Mukha Savanasana (Dog Downward Pose), kemudian
memutar kaki kiri ke samping dan menumpuk kaki kanan Anda di atasnya.
Mengambil giliran lembut dengan mengangkat lengan kanan dan lurus,
menjaga perusahaan lengan kiri. Tahan berat badan pada lengan kiri dan kaki
kiri. Pergeseran pandangan Anda ke tangan kanan dan tahan selama 3 - 4
napas.

Terkait
Join Dream.co.id