5 Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Fresh | Minggu, 5 April 2020 06:01
5 Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Reporter : Dwi Ratih

Penting banget.

Dream - Makanan selalu jadi kebutuhan utama manusia. Terutama selama kehamilan, membuat menu makanan sehat sangatlah penting.

Sebab, asupan yang dikonsumsi sang ibu akan memengaruhi kesehatan dirinya selama hamil dan tentu sang bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim.

 ilustrasi ibu hamil© Shutterstock

Buah-buahan memiliki peran penting dalam perkembangan janin dan calon ibu karena mengandung serat, vitamin dan nutrisi.

Walaupun semua buah umumnya baik untuk wanita hamil, ada buah-buahan tertentu yang dianjurkan untuk dikonsumsi wanita hamil.

Dilansir dari Boldsky berikut 5 buah terbaik untuk kamu yang sedang hamil:

2 dari 6 halaman

1. Apel

Dikemas dengan nutrisi, apel terbukti bermanfaat bagi wanita hamil. Selain kaya akan Vitamin A dan C, apel juga merupakan sumber potasium dan serat yang baik.

Penelitian telah mengungkapkan korelasi keuntungan mengonsumsi apel selama kehamilan ibu dan asma yang dimiliki anak-anak mereka pada usia lima tahun.

Flavonoid dalam apel adalah senyawa polifenol yang memiliki zat antioksidan, berfungzi sebagai penurunan risiko asma.

 Ilustrasi apel© Shutterstock

2. Pisang

Kaya akan vitamin dan mineral, pisang dianggap sebagai buah yang ideal untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Kekurangan zat besi adalah salah satu keluhan yang paling umum ditemukan pada wanita hamil. Pisang telah terbukti baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

Pisang juga membantu meredakan muntah dan mual yang dialami selama kehamilan.

Asam folat dalam pisang juga baik untuk bayi dalam kandungan karena mengurangi risiko cacat lahir serta menurunkan kemungkinan bayi dilahirkan secara prematur.

Pisang dapat merangsang nafsu makan ibu hamil yang umumnya menjadi kurang nafsu makan.

3 dari 6 halaman

3. Delima

Delima mengandung polifenol tingkat tertinggi di antara semua suplemen makanan yang tersedia di pasaran.

Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi buah delima selama kehamilan dibuktikan dapat membantu untuk perlindungan saraf bayi. Delima juga kaya akan vitamin K, zat besi, serat, protein, dan kalsium.

4. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang paling sering dikonsumsi selama kehamilan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 200 wanita, ditemukan bahwa pisang adalah buah yang paling sering dikonsumsi, dengan persentase sebanyak 95,4%, jeruk menempati urutan kedua dengan 88,8%, diikuti apel sebesar 88,3%.

 ilustrasi jeruk© Shutterstock

Penelitian ini dilakukan pada wanita berbahasa Inggris dan Spanyol yang sedang hamil di Downey, California.

Jika tidak ingin memakan buahnya dan lebih suka meminum jus, buatlah jusnya di rumah. Namun, hindari mengkonsumsi jus jeruk yang terdapat dalam kemasan, karena mengandung banyak pengawet dan pemanis buatan.

Jeruk dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu perkembangan otak janin dan dapat mengatur tekanan darah sang ibu.

4 dari 6 halaman

5. Mangga

Mangga kaya dengan Vitamin A dan C, mangga juga biasa dikonsumsi selama kehamilan.

Meskipun mangga bermanfaat, risiko tetap ada, karena mangga mengandung kalsium karbida yang berfungsi untuk pematangan buah secara buatan.

Karena alasan inilah ibu hamil harus hati-hati dalam mengonsumsi mangga.

Menariknya, keinginan ibu hamil mengkonsumsi mangga mentah memiliki persentase sekitar 82% dan asam jawa mentah sebanyak 26,6%

(Laporan: Raissa Anjanique)

5 dari 6 halaman

Tak Perlu Kaget Saat Hamil Emosi Naik Turun, Ketahui Faktanya

Dream - Sesaat setelah tahu ada bayi di dalam rahim, ibu akan sangat senang. Setelah itu biasanya perasaan akan dipenuhi dengan kekhawatiran. Hasrat ingin melindungi bayi begitu besar, belum lagi soal kesiapan mental.

Kondisi psikologis bakal berubah drastis. Jangan kaget jika ibu mengalami perubahan emosi secara cepat atau mood swing. Perubahan suasana hati sering terjadi selama kehamilan.

Menjadi bahagia satu menit dan tiba tiba menangis adalah perubahan suasana hati. Mengapa demikian? Dikutip dari Firstcry, ibu tak perlu khawatir, karena hal tersebut sangat normal.

 

6 dari 6 halaman

Seperti serangan lapar di malam hari, perubahan emosi ibu saat hamil terjadi karena adanya perubahan hormon secara signifikan yaitu peningkatan kadar progesteron dan estrogen

Tak hanya itu, ketidaknyamanan yang disebabkan karena kondisi kesehatan seperti mulas, sering buang air kecil dan kelelahan juga membuat ibu tak nyaman. Hal ini membuat ibu mengalami perubahan emosi dan fisik.

Biasanya, mood swing terjadi di trimester pertama kehamilan. Beberapa ibu juga mengalaminya sepanjang kehamilan. Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id.

Join Dream.co.id