4 Penyebab Tumbuhnya Rambut di Sekitar Payudara

Fresh | Selasa, 13 Juli 2021 10:47

Reporter : Cynthia Amanda Male

Jangan panik dulu. Ini sebabnya.

Dream - Folikel rambut tidak hanya ada di kepala, tangan, ketiak, kemaluan, dan kaki. Bagian tubuh lainnya juga memiliki folikel rambut.

Maka dari itu, kamu tidak perlu kaget jika rambut bisa tumbuh di bagian tubuh yang tidak terduga seperti payudara. Hal ini pun tidak selamanya berbahaya.

Tumbuhnya rambut di payudara bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari pengaruh hormonal hingga masalah kesehatan tertentu. Dilansir Sehatq.com, berikut berbagai penyebab tumbuhnya rambut di sekitar payudara.

Perubahan hormon

Perubahan hormon yang terjadi saat hamil atau menopause bisa menyebabkan tumbuhnya rambut di sekitar payudara. Namun, hal tersebut juga bisa terjadi saat memasuki masa pubertas.

4 Penyebab Tumbuhnya Rambut di Sekitar Payudara
Ilustrasi Mengalami Perubahan Kondisi Payudara. (Source: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Produksi hormon testosteron berlebih

Salah satu tanda produksi hormon testosteron berlebih pada wanita adalah tumbuhnya rambut pada payudara.

Tanda yang bisa dialami lainnya adalah kulit berminyak, rentan berjerawat, siklus haid terhenti, meningkatnya massa otot, dan kebotakan berpola. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi hal ini jika terus mengalaminya dalam waktu cukup lama.

Konsumsi obat-obatan tertentu

 Mengonsumsi Obat© Shutterstock

Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan tumbuhnya rambut di sekitar payudara. Obat-obat yang dimaksud adalah seperti testosteron, glukokortikosteroid, dan beberapa jenis obat imunoterapi.

3 dari 3 halaman

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Tumbuhnya rambut di sekitar payudara bisa menjadi pertanda kamu mengidap PCOS. PCOS sendiri disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon wanita.

Sindrom Cushing

Selain PCOS, sindrom Cushing juga menjadi salah satu kondisi kesehatan yang ditandai dengan siklus haid tidak teratur dan tumbuh rambut di sekitar payudara.

Sindrom ini sendiri merupakan kondisi yang terjadi ketika produksi hormon kortisol berlebih dan bisa diakibatkan oleh konsumsi obat glukokortikosteroid berlebihan atau ada tumor di paru, otak, atau kelenjar adrenal.

Join Dream.co.id