4 Penyebab Mata Berkedip Terlalu Sering

Fresh | Senin, 28 September 2020 10:41
4 Penyebab Mata Berkedip Terlalu Sering

Reporter : Cynthia Amanda Male

Ini penyebab dan cara mencegahnya.

Dream - Kebiasaan mata berkedip disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya adalah mencegah mata terkena benda asing, serta menjaga kelembapannya.

Umumnya, bayi maupun anak-anak berkedip dua kali setiap satu menit. Ketika remaja hingga seumur hidup, kebiasaan berkedip meningkat menjadi 14-17 kali setiap menit.

Namun, ada sebagian orang yang berkedip lebih sering dari biasanya. Dilansir dari Sehatq.com, berikut penyebab mata sering berkedip.

2 dari 3 halaman

Iritasi

Mata merah akan membuatmu kurang nyaman, kemerahan, terasa berpasir, sehingga menyebabkan matamu berkedip lebih sering dari biasanya.

Kamu bisa mencegahnya dengan menghindari paparan zat yang berbahaya bagi mata serta menjaga kelembapan mata.

Mata lelah

Mata Lelah© Shutterstock.com
Ketika mata lelah setelah membaca, menonton, bermain gawai serta berkendara, matamu akan berkedip lebih sering.

Istirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat benda sejauh 20 minimal sentimeter selama 20 detik untuk mencegah mata berkedip terlalu sering.

3 dari 3 halaman

Kedutan (blepharospasm)

Mungkin, kamu pernah mengalami kedutan atau kejang berulang pada otot kelopak mata. Hal inilah yang menyebabkan matamu lebih sering berkedip.

Kondisi mental

Stres© Shutterstock.com
Stres atau kelelahan akan membuat pandanganmu lebih sensitif serta mata lelah. Oleh karena itulah, matamu akan berkedip lebih sering. Kamu hanya perlu beristirahat untuk mengembalikan kondisi mata.

(Sumber: Sehatq.com)

Join Dream.co.id