4 Penyakit yang Bisa Dialami Usai Lebaran, Yuk Hindari Penyebabnya!

Fresh | Sabtu, 15 Mei 2021 14:30
4 Penyakit yang Bisa Dialami Usai Lebaran, Yuk Hindari Penyebabnya!

Reporter : Cynthia Amanda Male

Perhatikan asupan makanan dan minuman jika tidak ingin mengalami 4 hal ini.

Dream - Salah satu momen spesial yang sering dialami setelah bersuka cita menyambut Hari Raya Idul Fitri adalah menyicip berbagai kudapan khas Lebaran. Tak hanya di rumah, kita juga sering disuguhi makanan saat bertamu ke tetangga atau kerabat dekat.

Meski bisa makan sepuasnya, namun hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Belum lagi, kudapan Lebaran mengandung lemak yang tinggi.

Jika tak dikontrol, kamu bisa mengalami lonjakan kadar kolesterol dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Dilansir dari Sehatq.com, berikut masalah kesehatan yang bisa dialami saat Lebaran.

2 dari 3 halaman

Gangguan pernapasan

 Ilustrasi Pernapasan Terganggu
© Foto. freepik

Walaupun penyakit yang dominan adalah masalah pencernaan, namun gangguan pernapasan juga bisa dialami.

Hal ini dikarenakan konsumsi minuman dingin saat bersilaturahmi atau pergi mudik. Apalagi, saat cuaca panas dan dehidrasi.

Diare

Makanan berlemak, pedas, minuman bersoda serta mengalami alergi bisa membuatmu mengalami diare. Terutama, jika makanan atau minuman yang dikonsumsi kurang bersih.

Saat diare, kamu bisa buang air besar lebih dari 3 kali sehari. Feses pun akan terlihat lebih cair saat diare.

3 dari 3 halaman

Maag

 Kenali Penyakit Maag, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya
© MEN

Penyakit lambung bisa dipicu ketika mengonsumsi makanan pedas dan tinggi lemak. Akibatnya, kamu bisa merasa mual, sakit kepala, nyeri pada ulu hati, kembung serta muntah.

Kolesterol dan gula darah meningkat

Ini merupakan hal yang sangat sering dialami ketika Lebaran. Makanan seperti opor, sambal goreng dan kue Lebaran dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol serta gula darah

Join Dream.co.id