4 Kunci Jalani Plant-based Diet Lebih Nyaman dan Konsisten

Fresh | Jumat, 27 Agustus 2021 19:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Siapa bilang plant-based food hambar dan kurang lezat?

Dream - Selain berolahraga, semakin banyak orang yang menerapkan pola makan lebih sehat. Cukup banyak jenis diet yang bisa dicoba di internet, mulai dari diet keto hingga plant-based diet.

Semua jenis diet bisa memberikan manfaat kesehatannya tersendiri. Plant-based diet memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh maupun lingkungan. Diet tersebut juga bukan semata-mata tidak mengonsumsi sumber pangan hewani.

" Plant-based food nggak harus dari sumber (pangan) nabati. Masih bisa dikombinasikan dengan sumber (pangan) hewani," kata Dion Haryadi, Certified Sports Nutritionist dalam acara 'IKEA Tawarkan Plant-based Menu', Jumat 27 Agustus 2021.

Manfaat diet tersebut bagi kesehatan tubuh telah terjamin oleh sebuah penelitian. Sehingga, sangat aman untuk dijalani secara rutin. Tentunya, kamu harus tetap berolahraga dan istirahat yang cukup untuk bisa menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh.

4 Kunci Jalani Plant-based Diet Lebih Nyaman dan Konsisten
Plant-based Food. (Source: Instagram @ikea_id)
2 dari 3 halaman

Tips untuk memulai menjalani plant-based diet

Jangan terburu-buru

Jika ingin mulai menjalani plant-based diet, mulailah perlahan-lahan. Jangan langsung mengganti semua sumber pangan hewani dan berhenti mengonsumsinya.

" Nggak usah langsung. Mulailah sedikit-sedikit. Mulai berani coba (plant based diet). Jangan terlalu terburu-buru. Mulai aja dulu dari hal kecil atau mulai dari satu meal dulu. Lalu, mulai tambah sayuran," ujarnya.

Perhatikan cara mengolah makanan

 Mengolah Sayuran© Shutterstock

Pertimbangkan cara mengolah sayuran agar rasanya tetap enak ketika disantap dan tidak hambar. Kamu bisa mencari berbagai resep di internet untuk dapat berkreasi mengolah bahan pangan nabati.

3 dari 3 halaman

Mengkombinasikan sumber bahan pangan

Jangan lupa kombinasikan sumber bahan pangan nabati yang digunakan agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi. " Jangan makan makanan yang itu-itu saja. Harus dikombinasikan. Semakin berwarna dan beragam jenis bahan pangannya akan semakin baik" .

Konsisten menjalani diet

 Mengonsumsi Sayuran© Shutterstock

Selanjutnya, Dion menyarankan untuk selalu konsisten ketika menjalani diet agar manfaat kesehatannya lebih terasa dan terjaga.

Selain bereksperimen di dapur sendiri, kamu pun bisa mencoba plant-based food yang dijual di IKEA. Harganya pun murah. Mulai dari Rp6-40 ribu kamu sudah bisa merasakan plant-based food yang rasanya tidak jauh berbeda dengan makanan berbahan dasar hewani.

© Dream
Join Dream.co.id