4 Jenis Minuman yang Bisa Membuat Gigi Mudah Menguning

Fresh | Senin, 13 September 2021 10:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cegah gigi menguning agar lebih percaya diri saat tersenyum atau berkomunikasi dengan orang lain.

Dream - Semakin banyak orang yang berusaha memutihkan atau mencerahkan gigi di klinik kecantikan untuk mendapatkan senyum indah serta lebih percaya diri ketika berkomunikasi.

Namun, upaya tersebut tidak akan membuahkan hasil yang permanen. Kamu harus menghindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi jika ingin gigimu tetap putih atau cerah.

Rajin sikat gigi dan minum air mineral juga bisa mencegah perubahan warna gigi agar tetap cerah. Dilansir Eat This, berikut makanan atau minuman yang harus dihindari untuk mencegah perubahan warna gigi.

4 Jenis Minuman yang Bisa Membuat Gigi Mudah Menguning
Mengalami Masalah Gigi. (Source: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Kopi

 Kopi© Pexels.com

Meski lezat dan mampu membuatmu lebih berenergi, kopi bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Hal ini disebabkan oleh kadar kromogen yang tinggi.

Kromogen merupakan molekul berpigmentasi tinggi. Sehingga, sangat mudah menyebabkan gigi berubah warna. Jika kondisi gigimu buruk, perubahan warna akan lebih mudah terjadi dan sulit diatasi.

Teh

Sama dengan kopi, teh juga mengandung kromogen dan tanin. Bahkan, teh lebih mudah menyebabkan perubahan warna gigi daripada kopi. Kamu bisa menambahkan susu untuk mengurangi potensi perubahan warna gigi ketika mengonsumsi teh.

3 dari 3 halaman

Jus buah beri-berian

 Jus Buah Beri-berian© Pexels.com

Walaupun sehat, jus yang terbuat dari berbagai jenis buah beri bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Cegah perubahan warna gigi akibat buah-buahan dengan sering mengonsumsi sayuran hijau seperti seledri dan selada segar.

Minuman soda

Minuman soda memiliki kadar gula tinggi yang mampu menghancurkan enamel atau lapisan terluar gigi. Sehingga, bagian dalam gigi (dentin) akan terlihat lebih jelas.

Sedangkan, dentin memiliki warna yang lebih gelap daripada enamel. Akibatnya, gigi pun akan terlihat lebih menguning. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung soda untuk mencegah perubahan warna gigi.

Join Dream.co.id