4 Jenis Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Gigi

Fresh | Jumat, 29 Mei 2020 16:45
4 Jenis Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Gigi

Reporter : Cynthia Amanda Male

Dapatkan manfaat ekstra dari 4 bahan makanan ini.

Dream - Selain menyikat, kamu bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk menjaga kesehatan gigi. Tidak perlu menggunakan bahan kimia, yang kadang justru menimbulkan efek samping.

Makanan tertentu dapat menghilangkan bakteri dalam mulut. Merawat gigi dengan bahan alami dijamin aman dan murah.

Dilansir oleh Miss Kyra, berikut makanan yang bermanfaat untuk kesehatan gigi.

Susu: Tidak hanya bermanfaat untuk tulang, susu juga dapat memperkuat serta membuat gigi lebih cerah.

Jeruk: Jeruk mengandung flavonoid dan tanin yang dapat menghilangkan bakteri serta menjaga kesehatan mulut maupun gigi.

Pir: Kandungan vitamin C, E serta serat dapat menjaga kesehatan mulut, gigi dan mengatasi infeksi maupun plak. Buah berserat diklaim dapat menyehatkan gusi.

Daging: Protein dan asam lemak yang terkandung pada daging dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan gigi maupun mulut.

 

2 dari 8 halaman

6 Cara Mencegah Bau Mulut dan Menjaga Kebersihan Gigi Saat Ramadhan

Dream - Saat berpuasa di bulan Ramadhan terkadang mulut kita menjadi lebih berbau dari biasanya. Bau mulut di bulan Ramadhan sebenarnya hal normal yang terjadi. Kondisi tersebut disebabkan berkurangnya produksi air liur sehingga bakteri di mulut menjadi lebih banyak. 

Bau mulut atau halitosis biasanya berkaitan dengan kesehatan mulut seseorang. Secara umum, bau mulut timbul karena sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di mulut. Sisa makanan yang terlalu lama berada di dalam mulut akan dihancurkan oleh bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Penyebab lainnya adalah kurang sehatnya gigi kita. Gigi yang berlubang atau  yang bermasalah pada gusi seringkali menjadi penyebab keluarnya darah dari gusi. Alhasil bau mulut pun muncul.

Namun Sahabat Dream jangan khawatir. Menurut berbagai sumber, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi saat berpuasa Ramadhan.

3 dari 8 halaman

Sikat Gigi 2 Kali Sehari

Menurut American Dental Association, para ahli merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi.

Setiap kali kamu menggosok gigi, sisa makanan atau plak yang tersangkut di gigi bisa terbebaskan dari penumpukan bakteri. Hal ini terjadi, karena setiap makan sesuatu yang mengandung gula, bakteri pada plak gigi memproduksi asam yang menyerang gigi sekaligus e-mail gigi. 

Serangan beruntun bisa menyebabkan lapisan email gigi rusak dan menyebabkan gigi berlubang. Plak yang tidak segera dibuang juga bisa menjadi mengeras, sehingga mempersulit menjaga kebersihan gigi.

Selama Ramadhan, jangan lupa untuk menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Sikatlah gigi 15-20 menit setelah makan. Pastikan jangan ada yang tertelan ya. Otomatis bau mulut akan terhindarkan.

4 dari 8 halaman

Rutin Kontrol Gigi 6 Bulan Sekali

 Kontrol Gigi ke Dokter Secara Rutin Bisa Hindarkan Diri dari Bau Mulut© Pexels.com

Untuk menghindarkan diri dari bau mulut, kamu bisa melakukan kontrol gigi secara rutin.Biasanya dokter menganjurkan setiap 6 bulan sekalii.

Kamu bisa memilih melakukannya sebelum mulai berpuasa Ramadhan atau setelah lebaran.

Hindari Makanan dengan Gula Tinggi

Untuk mencegah terjadinya bau mulut dan masalah pada gigi di bulan Ramadhan, kamu harus mencoba membatasi asupan makanan yang mengandung gula tinggi.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa konsumsi makanan manis berpengaruh pada terjadinya karies gigi (gigi berlubang). Yang pada akhirnya menyebabkan bau mulut.

 

   

5 dari 8 halaman

Hindari Konsumsi Makanan yang Berpotensi Membuat Mulut Bau

 Hindari Makanan yang Berbau© Pexels.com

Bawang adalah salah satu penyebab terjadinya bau mulut. Bahkan menyikat gigi setelah kamu memakannya tidak akan membantu menghilangkan bau mulut tak sedap yang diakibatkannya.

Zat penyebab bau mulut pada bawang akan masuk ke dalam aliran darah dan menuju ke paru-paru.

Untuk menghindarkan bau mulut selama bulan Ramadhan ini, hindari makanan yang berpotensi bau ya. 

6 dari 8 halaman

Cuci Mulut dengan Obat Kumur

Obat kumur memiliki banyak fungsi terhadap kesehatan gigi dan mulut. Selain menyegarkan napas dan menghilangkan bau mulut, obat kumur juga bisa memberikan perlindungan ekstra untuk mencegah bakteri.

Di bulan Ramadhan, kamu bisa memilih obat kumur dengan rasa mint yang menyegarkan. Pastikan juga, obat kumur itu bisa membunuh kuman penyebab bau mulut.

Cuci mulutmu selepas makan malam, atau setelah sahur dengan obat kumur yang baik.

Kamu juga bisa menghilangkan bau mulut secara alami dengan cara berkumur menggunakan air putih biasa setelah selesai makan. Cara ini bisa menyingkirkan partikel makanan yang masih menempel atau tersangkut di gigi.

7 dari 8 halaman

Jaga Kebersihan Lidah

 Menjaga Kebersihan Lidah Bisa Jadi Cara Menghindari Bau Mulut© Pexels.com

Faktanya, bakteri bisa menempel pada lidah dan menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, untuk mencegah bau mulut selama ramadhan, kamu harus membersihkan lidah secara rutin.

Gunakan sendok atau sikat gigi untuk menghilangkan bakteri maupun plak.

Jika sikat gigi kamu terlalu besar untuk menyentuh lidah dengan nyaman, cobalah pengikis. Alat tersebut dirancang khusus untuk membersihkan area di permukaan lidah, mampu menghilangkan bakteri, sisa-sisa makanan, dan sel-sel mati.

8 dari 8 halaman

Hukum Menyikat Gigi di Bulan Ramadhan

Dilansir dari laman nu.or.id, Imam Nawawi dalam Majmu, syarah al-Muhadzdzab menjelaskan, 

" Jika ada orang yang memakai siwak basah, kemudian airnya pisah dari siwak yang ia gunakan, atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama. Demikian dijelaskan oleh al-Faurani dan lainnya. (Abi Zakriya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu’, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, juz 6, halaman 343)."

Dari penjelasan tersebut kita bisa memahami bahwa menyikat gigi atau memakai siwak yang menyebabkan bulu sikat, bulu siwak, air bahkan pasta gigi tertelan baik secara disengaja maupun tidak, itu akan membatalkan puasa di bulan Ramadhan.

Memang hukum terkait hal ini masih menjadi perdebatan para ulama. Karena pasta gigi kini memiliki rasa, dan bila tidak hati-hati bisa tertelan. Sehingga beberapa mengatakan hukum menyikat gigi saat puasa diperbolehkan (mubah), dan yang lainnya menganggapnya makruh.

Intinya, menjaga kebersihan gigi dan mulut juga diharuskan saat bulan Ramadhan. Agar menyikat gigi tidak menjadi perkara yang membatalkan puasa di bulan Ramadhan, sebaiknya sikat gigi dilakukan selepas sahur sebelum imsak.

Atau jika tetap ingin menggosok gigi saat berpuasa Ramadhan, sebaiknya gosok gigilah tanpa menggunakan pasta gigi. Atau cukup dengan menyikat gigi kemudian berkumur seperti kumur saat berwudhu.

Join Dream.co.id