4 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Ada Pasien Corona di Lingkungan Kamu

Fresh | Rabu, 9 September 2020 19:12
4 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Ada Pasien Corona di Lingkungan Kamu

Reporter : Cynthia Amanda Male

Hal pertama yang harus dilakukan, jangan panik!

Dream - Ancaman penyebaran virus Covid-19 belum sirna dari tanah Nusantara. Setiap hari jumlah warga yang terpapar virus ini terus bertambah bahkan kembali bergerak di atas 3.000 kasus. Total kasus positif Covid-19 di Indonesia bahkan sudah menyentuh angka 200 ribu orang.

Penyebaran virus ini memang harus diwaspadai karena kita takkan pernah tahu apakah teman, kerabat, atau orang asing yang berada di dekat kita membawa virus tersebut atau tidak. Namun kondisi ini tak lantas membuat kami jadi parno.

Sikap khawatir berlebihan malah akan memicu stres yang akhirnya menurunkan imunitas kamu. Apalagi, jika kamu terpaksa arus beraktivitas keluar rumah di tengah pandemi seperti saat ini.

Dilansir dari Miss Kyra, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan ketika harus beraktivitas di luar rumah atau ada orang disekeliling lingkunganmu terpapar virus Covid-19.

1. Pastikan kamu selalu memakai masker ketika keluar rumah untuk meminimalisir paparan virus Covid-19. Bawalah hand sanitizer kemanapun kamu pergi agar tanganmu selalu bersih.

2 dari 4 halaman

2. Sarankan area tempat tinggal atau kantormu untuk disanitasi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19 pada orang lain.

Cara Membuat Disinfektan Rumahan dari Cairan Pemutih yang Perlu Diperhatikan© MEN

Hindari kontak dengan kerabat yang positif Covid-19 untuk sementara untuk meminimalisir penularan.

3 dari 4 halaman

3. Jangan bergosip seputar kerabatmu atau menjauhinya secara berlebihan. Sebaiknya, kamu memberi semangat agar kerabatmu lebih cepat sembuh.

Social Distancing© Shutterstock.com

Bila perlu, berikan kebutuhan makanan dan obat-obatan agar kerabatmu tidak perlu keluar rumah. Hubungi kerabatmu secara virtual agar lebih mudah dan aman ketika berkomunikasi.

 

4 dari 4 halaman

4. Kamu tidak perlu panik karena telah mengetahui apa yang harus dilakukan. 

Tak Perlu Panik Jika Area Intim Sering Nyeri Saat Hamil© MEN

Jika merasa kurang enak badan, konsultasilah pada dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Saat ini sudah banyak aplikasi kesehatan yang menyediakan jasa konsultasi online sehingga kamu tak peru keluar rumah. 

(Sumber: Miss Kyra)

Join Dream.co.id