4 Gaya Senam Lantai yang Bisa Kecilkan Perut

Fresh | Rabu, 5 Agustus 2020 10:31
4 Gaya Senam Lantai yang Bisa Kecilkan Perut

Reporter : Dwi Ratih

Caranya mudah dan bisa kamu lakukan selama di rumah saja lho!

Dream - Walau masih di rumah saja, tapi kita masih bisa kok berolah raga seperti biasa. Senam lantai jadi pilihan olah raga yang tepat untuk Sahabat Dream semua.

Tidak memerlukan banyak alat, senam lantai cukup menggunakan matras dan arahan gaya dalam mengolah tubuh.

Senam lantai© Shutterstock

Penggunaan matras wajib Sahabat Dream patuhi sebab matras bisa membantu mengurangi risiko kecelakaan atau terpeleset, pada saat melakukan gerakan senam lantai.

Kamu bisa menggunakan matras yang tidak licin, atau yang biasanya digunakan untuk yoga.

Senam lantai banyak menggunakan otot tangan dan kaki, serta otot tubuh dan persedian. Sehingga saat melakukan senam lantai, usahakan dalam keadaan sehat dan dengan cara yang benar.

2 dari 4 halaman

Senam lantai memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, seperti membantu tubuh agar lebih lentur, menjaga kekuatan tulang, membantu menjaga daya tahan tubuh, dan bisa membantu mengecilkan perut yang buncit.

Ilustrasi Hijab Sporty© Ilustrasi Hijab Sporty (Foto: Shutterstock)

Berikut beberapa jenis senam lantai, yang mudah dilakukan di rumah untuk mengecilkan perut:

3 dari 4 halaman

Senam Lantai Gaya Lilin

Jenis senam lantai yang pertama yaitu senam lantai dengan gaya lilin atau sikap lilin. Gerakan yang satu ini hampir menyerupai bentuk lilin. Karena kaki dinaikkan lurus ke atas, dan kepala berada di bawah.

Gerakan ini bertumpu pada punggung bagian atas, dan bertumpu pada siku serta tangan yang menahan pinggul, agar kaki tetap lurus ke atas.

Gaya lilin yang satu ini, memiliki tujuan untuk membantu melatih ketenangan pikiran dan keseimbangan tubuh.

Sikap lilin© Pixabay

Cara melakukan sikap lilin sangatlah mudah. Kamu bisa tidur terlentang, lalu rapatkan kedua kaki lurus ke depan. Taruh kedua tangan di samping kanan dan diri.

Kemudian ambil pandangan lurus keatas, dan angkat kedua kaki lurus keatas secara pelan-pelan, dibantu dengan dorongan kedua tangan yang berada di pinggul. Pastikan kaki dan pinggul lurus ke atas.

Setelah dirasa cukup, turunkan kaki pelan-pelan agar tidak cidera.

4 dari 4 halaman

Senam Lantai Kayang

Jenis senam lantai yang kedua kayang. Gerakan kayang merupakan sebuah gerakan senam lantai, yang dilakukan dengan posisi kedua tangan dan kaki akan bertumpu pada matras dengan posisi terbalik, lalu angkat bagian panggul dan perut ke atas.

Gerakan senam lantai jenis kayang ini, bisa membuat tubuh tetap lentur, menjaga keseimbangan, membantu bahu tetap kuat, dan membantu mengecilkan perut yang buncit.

Senam lantai© unsplash

Gerakan kayang bisa dilakukan dari sikap berdiri tegak dan kaki sedikit terbuka.

Kemudian taruh kedua tangan samping kaki, lalu ayukan tangan ke belakang, dengan posisi kepala menghadap keatas, dan badan dibawa ke arah belakang, dan pastikan tangan menyentuh matras.

Gerakan kayang juga bisa dilakukan dari sikap tidur, dengan cara mengambil posisi tidur terlentang. Lalu tekuk kedua lutut dan rapatkan kedua tumit pada pinggul.

Kemudian tekuk kedua siku tangan dengan telapak tangan bertumpu pada matras. Angkatlah badanmu pelan-pelan, kemudian berikan dorongan dari kedua tangan dan kaki lurus, dan kepala masuk diantara kedua tangan.

Untuk lihat gaya senam lantai lainnya, kamu bisa intip di sini.

Join Dream.co.id