3 Hal yang Tak Diduga Bisa Memicu Serangan Jantung

Fresh | Selasa, 26 Maret 2019 07:44
3 Hal yang Tak Diduga Bisa Memicu Serangan Jantung

Reporter : Mutia Nugraheni

Waspada tiga hal ini.

Dream - Gaya hidup tak sehat sering dituding sebagai penyebab serangan jantung. Kebiasaan merokok, menyantap makanan tinggi kolesterol dan lemak, dan tekanan darah tinggi sering dianggap sebagai pemicunya.

Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah menuju ke jantung terhambat. Hal itu dipicu penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan unsur lainnya.

Padahal pemicu serangan jantung tak selalu demikian. Terhambatnya aliran darah menuju jantung juga bisa dipicu oleh hal lain yang mungkin tidak kamu duga.

Berikut tiga hal yang tak banyak orang tahu bisa memicu serangan jantung.

1. Cuaca dingin

Berhati-hatilah saat berada di cuaca dingin yang ekstrem. Sanjiv Patel, seorang spesialis jantung dari Memorial Care Heart and Vascular Institute di Orange Coast Medical Center, AS, mengatakan cuaca dingin bisa memicu serangan jantung.

Berada dalam suhu yang secara signifikan lebih rendah dari tubuh dapat menyebabkan serangan jantung karena ketika dingin, tubuh mencoba untuk mempertahankan panas di dalam wilayah intinya.

" Pada beberapa kondisi kadang dapat menyebabkan serangan jantung karena pembuluh darah dan arteri mengerut dan menyempit," ungkap Patel, seperti dikutip dari Prevention.

2 dari 3 halaman

2. Olahraga intensif

Ingin menjaga tubuh lebih bugar dengan olahraga, tentu saja hal bagus. Pastikan olahraga yang dipilih tidak langsung intensif dan ekstrem.

Pilih jenis olahraga ringan lebih dulu terutama jika jarang berolahraga. Saat tubuh sudah siap baru pilih yang intensitasnya tinggi.

Tinju Jadi Olahraga Favorit Muslimah Inggris© MEN

" Perubahan besar dan tiba-tiba dalam bentuk apa pun dapat memicu serangan jantung, bahkan terlalu memaksakan diri saat olahraga atau ketika berhubungan intim," ujar Patel.

3 dari 3 halaman

3. Kualitas udara yang buruk

Asap pabrik, knalpot dan polusi meiliki segudang efek negatif pada kesehatan. Termasuk meningkatkan risiko serangan jantung.

Polusi, Masalah Klasik di Kawasan Industri?© MEN

Hal ini karena saat kita menghirup udara yang kotor, maka akan terjadi terjadi peradangan. Paru-paru teriritasi, tubuh pun harus bekerja lebih keras dan dapat menyebabkan serangan jantung atau strok.

 

Join Dream.co.id