3 Gerakan Olahraga yang Bisa Merampingkan Paha

Fresh | Senin, 28 September 2020 14:46
3 Gerakan Olahraga yang Bisa Merampingkan Paha

Reporter : Cynthia Amanda Male

Atasi penumpukan lemak di paha dan pinggul dengan gerakan ini.

Dream - Pandemi Covid-19 berhasil membuat sebagian orang menjadi lebih fit dan memiliki tubuh ideal. Namun sebagian lainnya justru mengalami kenaikan berat badan serta penumpukan lemak karena menghabiskan waktu kosong di rumah dengan nyemil makanan.

Pada wanita, penumpukan lemak biasa terjadi di bagian paha dan pinggul. Tentunya, penumpukan lemak akan menurunkan kepercayaan diri.

Untuk menghilangkan penumpukan lemak berlebih itu kamu harus berolahraga. Dilansir dari Miss Kyra, berikut gerakan yang dapat mengurangi lemak pada paha dan pinggul.

Squat

Begini Cara Membentuk Bokong Indah dengan Latihan Squats© MEN


Buka kedua kaki selebar pinggul. Lalu, tekuk lutut dan dorong bokong ke belakang. Tahan gerakanmu selama 10 detik sebelum mengulanginya untuk 3 repetisi.

Side leg raise

Tidurlah menyamping di atas matras dan letakkan satu tangan di belakang kepala. Letakkan sebelah tanganmu di samping tubuh dan angkat sebelah kakimu setinggi mungkin. Lakukan 10 kali untuk kedua kaki.

Front leg raise


Berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar pinggul. Lalu, angkat kaki kanan ke depan setinggi mungkin. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 repetisi sebelum melakukannya dengan kaki kiri.

(Sumber: Miss Kyra)

2 dari 6 halaman

Teh Hijau Vs Kopi, Mana yang Lebih Sehat untuk Diet?

Dream - Teh hijau dan kopi merupakan minuman yang diklaim sehat serta rendah kalori. Oleh karena itu, keduanya seringkali disarankan untuk dikonsumsi ketika ingin menurunkan berat badan.

Terlepas dari rendahnya kalori, keduanya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tapi, manakah yang paling efektif untuk menurunkan berat badan? Berikut jawaban yang dilansir dari Times of India.

Teh Hijau

Teh Hijau© Pexels.com
Teh hijau mengandung kafein dan jenis flavonoid yang disebut katekin. Katekin merupakan sejenis antioksidan. Kedua zat tersebut dianggap dapat meningkatkan metabolisme.

Katekin sendiri diklaim dapat menghancurkan lemak berlebih. Penelitian yang dipublikasikan pada 2010 membuktikan bahwa teh hijau dalam bentuk suplemen akan berdampak positif untuk penurunan serta keseimbangan berst badan.

Meskipun rendah kalori dan bermanfaat bagi kesehatan, namun teh hijau hanya dianjurkan untuk dikonsumsi 2-3 cangkir. Konsumsi teh hijau yang berlebihan dapat menyebabkan kesulitan tidur serta masalah jantung.

3 dari 6 halaman

Manfaat Lain

Teh Hijau© Pexels.com
Teh hijau mengandung vitamin B, asam folat, magnesium serta flavonoid yang dapat meredakan kolesterol dan risiko Alzheimer, mengontrol diabetes tipe 2 serta meningkatkan fungsi jantung.

4 dari 6 halaman

Kopi Hitam

Kopi Hitam© Pexels.com
Kopi hitam merupakan minuman yang seringkali dikonsumsi ketika ingin menurunkan berat badan. Mengonsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan fokus serta menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Tapi, reaksi tubuhmu akan berbeda ketika mengonsumsi jenis kopi lainnya seperti kopi susu yang mengandung krim serta gula. Tentunya, jenis kopi tersebut justru dapat menambah berat badan, bahkan menyebabkan masalah kesehatan.

Sama seperti teh hijau, kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme dan energi. Metabolisme yang baik dapat menunda rasa lapar serta mencegah makan berlebihan.

Penelitian mengindikasikan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme rata-rata 3-11 persen

5 dari 6 halaman

Manfaat Lain

Kopi Hitam© Pexels.com
Kopi hitam mengandung vitamin B2, B3, B5, mangan, potasium serta magnesium. Selain itu, mengonsumsi kopi secara rutin dapat memperkuat ingatan dan meningkatkan performa saat berolahraga.

Tapi, mengonsumsi lebih dari 2 cangkir kopi per hari dapat menyebabkan masalah kesehatan

6 dari 6 halaman

Kesimpulan

Ada beberapa penelitian yang membuktikan kedua minuman tersebut dapat membantu penurunan berat badan. Tapi, keduanya tidak jauh berbeda.

Teh hijau diklaim lebih sehat daripada kopi hitam. Kandungan antioksidan serta beberapa manfaat kesehatan membuatnya lebih baik daripada kopi hitam.

Tapi, kamu tetap harus mengatur jumlah konsumsinya. Kamu pun perlu berolahraga dan menjalani pola hidup sehat agar penurunan berat badan lebih efektif.

(Sumber: Times of India)

Join Dream.co.id