3 Cara Menghilangkan Stres yang Gampang Dilakukan

Fresh | Selasa, 28 Mei 2019 16:42
3 Cara Menghilangkan Stres yang Gampang Dilakukan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Hidup di zaman serba canggih seperti saat ini, bisa membuat diri kita mudah stres. Ada banyak cara mudah yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan stres. Apa saja?

Dream - Stres menjadi salah satu acaman kesehatan mental bagi sebagian orang yang tinggal di kota besar. Tekanan dari berbagai aspek kehidupan menuntut manusia harus mampu mengontrol emosi dan tingkat stres mereka.

Di zaman yang serba cepat dengan rundungan informasi di berbagai platform media, dapat meningkatkan tingkat stres seseorang.

Ditambah lagi dengan beban pekerjaan, kemacetan dan berbagai urusan lain yang dapat meningkatkan hormon stres dalam tubuh secara pesat.

 Stress Mempengaruhi Kualitas Tidur?© MEN


Ada dua hormon yang dapat memicu terjadinya stres, yaitu Korsitol dan Adrenalin. Apabila kedua hormon ini mengalami peningkatan, tubuh akan memberi respons stres dengan gejala seperti, frustasi, badan mudah lemas, mudah merasa pusing, bingung, dan berbagai gejala kegelisahan lainnya.

Sebenarnya, untuk menurunkan hormon Korsitol dan Adrenaline dalam tubuh, tidak perlu sampai mengonsumsi obat penenang atau semacamnya, karena lebih berisiko.

Beda individu, berbeda pula caranya dalam mengatasi stres. Namun, ada cara mudah dan efektif dalam mengurangi stres yang bisa dilakukan oleh siapa saja, seperti:

2 dari 5 halaman

Menghilangkan Stres dengan Permen Karet

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Andrew Scholey, dari Swinburne University Melbourne, mengunyah permen karet dapat mengurangi tingkat korsitol di saliva, sehingga dapat mengurangi tingkat stres.

 Sering Kunyah Permen Karet, Bentuk Wajah Gadis Ini Berubah© MEN



Namun, ada hal yang perlu diingat, bahwa mengunyah permen karet terlalu sering dapat berdampak buruh bagi rahang dan kelelahan otot. Kunyahlah permen karet ketika merasa gelisah atau stres, ya.

3 dari 5 halaman

Menghilangkan Stres dengan Musik

Cara mudah mengurangi stres lainnya, yaitu dengan mendengarkan musik, terutama musik yang memiliki irama lambat.

Jenis musik lambat dapat memeperlambat denyut nadi dan detak jantung, sehingga menimbulkan suasana tenang.

 Sering Mendengarkan Musik Volume Tinggi Berisiko Tuli Permanen© MEN



Selain dengan mendengarkan musik, berkaraoke di malam hari juga dapat mengurangi stres, lho.

Tapi jangan karaoke di rumah tengah malam, karena sudah ada tempat hiburan khusus untuk berkaraoke bersama keluarga atau teman, sendiri juga boleh.

4 dari 5 halaman

Menghilangkan Stres dengan Beribadah

Selain dua hal duniawi di atas, beribadah menjadi pilihan berpahala dalam mengurangi stres.

Ketika beribadah, manusia cenderung bermeditasi, mencari ketenangan dalam doa. Sehingga, hormon penyebab stres akan menurun seiring dengan ketenangan yang didapatkan dari beribadah.

 Pesantren Ini Wajibkan Santri Salat Tahajud dan Duha© MEN



Lebih-lebih saat Ramadan seperti ini, memperbanyak ibadah menjadi aktivitas yang syarat manfaat dan dapat meningkatkan keimanan.

5 dari 5 halaman

Jangan Biarkan Diri Kita Stres

Jika gejala stres ini dibiarkan, akan berakibat buruk bagi kesehatan mental, seperti resiko penyakit jantung, gangguan pernafasan, migrain, dan berbagai gangguan kesehatan serius lainnya.

Oleh sebab itu, ketika mulai merasa stres dengan berbagai tekanan kehidupan, segera lepaskan penat kita.

Tiga cara itu hanya sebagian kecil cara untuk mengatasi stres. Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres. Temukan cara menghilangkan stres sesuai gayamu!

(ism, Sumber: Health Line dan EurekAlert)

Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam
Join Dream.co.id