3 Cara Atasi Stres Ala Psikiater Jiemi Ardian

Fresh | Selasa, 27 Juli 2021 07:13

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apa saja caranya? Manakah cara yang terbaik?

Dream – Pandemi Covid-19 dan perpanjangan PPKM Level 4 membuat banyak orang lebih rentan mengalami stres. Meski wajar dialami, stres harus segera diatasi jika terlalu sering dan mengubah keseharian.

Hal ini pun mengundang perhatian psikolog, Jiemi Ardian. Ia mengunggah konten di Instagram seputar cara merespon stres. " Bukan sekadar mengeluarkan atau melampiaskan," tulisnya.

Konten tersebut bermula dari pertanyaan pengikutnya yang bertanya seputar cara menyalurkan stres. Terutama, di masa sulit dan ingin merasa lebih lega.

Jiemi pun mengungkapkan bahwa ada beberapa cara untuk menghadapi stres. " Karena stres tidak hanya bisa disalurkan" .

3 Cara Atasi Stres Ala Psikiater Jiemi Ardian
Mengalami Stres. (Source: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

1. Menahan

 Stres
© Shutterstock

Ini merupakan hal yang dilakukan saat kamu berusaha tidak merasakan stres. " Mungkin dengan bersikap biasa saja, atau sembar tersenyum padahal hati menahan beban," jelasnya.

2. Melampiaskan

Sebagian orang yang telah menahan rasa stres, akhirnya melampiaskan isi kepalanya. " Akhirnya ambang batas kita terlampaui dan meledak. Stres jadi lega karena ter lampiaskan, tapi kita jadi merasa bersalah karena meledak," sambung Jiemi.

Menurutnya, banyak orang yang terbiasa menahan stres dan akhirnya 'meledak' atau melampiaskan isi kepala maupun hatinya.

Seseorang bisa memilih menghindari dan menahan stres, atau melampiaskan serta melawannya. " Tanpa sadar kita masuk dalam proses fight and flight sebagai reaksi stres" . Jika reaksi tersebut terjadi tanpa disadari, seseorang bisa kehilangan kendali.

3 dari 3 halaman

3. Stress mediated response

 Stres
© Shutterstock

Tidak seperti sebelumnya, cara ini dilakukan dengan mengambil jeda sejenak untuk memilih respon tengah ketika stres datang. Sehingga, kamu bisa mengontrol respons pada stres.

Join Dream.co.id