3 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini yang Harus Diterapkan

Fresh | Selasa, 4 Juni 2019 08:04
3 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini yang Harus Diterapkan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Penyakit jantung menjadi penyakit yang paling ditakuti, karena bisa terjadi begitu tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian. Bagaimana cara mencegahnya?

Dream - Sebagai salah satu organ vital, Jantung memiliki kerja yang sangat penting bagi tubuh kita, yaitu memompa darah. Apabila jantung mengalami gangguan, secara otomatis akan mempengaruhi kinerja organ tubuh lainnya.

Penyakit jantung seperti serangan jantung dan gangguan jantung lainnya menjadi momok menakutkan bagi semua orang.

Ada banyak hal yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Ada beberapa faktor peningkat resiko penyakit jantung yang tidak dapat dikontrol, seperti usia, jenis kelamin, etnis, dan genetik.

Bagi yang memiliki riwayat genetik penyakit jantung, maka semakin besar pula peluang terkena penyakit jantung.

Namun, untuk mencegah penyakit jantung dapat dilakukan sejak dini. Ada banyak hal bisa dilakukan untuk menurunkan resiko penyakit jantung, seperti:

2 dari 4 halaman

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah faktor utama penyebab penyakit jantung. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin.

Pengecekan rutin ini setidaknya dilakukan minimal satu tahun sekali untuk orang dewasa, dan harus sering dilakukan apabila memiliki riwayat hipertensi.

Selain melakukan pengecekan rutin, kita juga dapat menerapkan gaya hidup sehat. Seperti melakukan olah raga rutin, tidak merokok, mengurangi konsumsi alkohol, dan mengonsumsi makanan yang baik untuk menjaga keseimbangan tekanan darah.

Ilustrasi© shutterstock

Dilansir dari laman Mayo Clinic, makanan yang baik di konsumsi untuk menjaga tekanan darah dan baik untuk jantung adalah kacang-kacangan.

Selain itu, bayam, seledri, buncis, dan beberapa jenis buah-buahan seperti jeruk, melon, semangka dan mengkudu, juga bagus untuk menjaga tekanan darah tetap seimbang.

3 dari 4 halaman

Menjaga Kolesterol dan Tingkat Trigliserida Berada di Batas Aman

Tingkat kolestrol yang tinggi dapat menyumbat arteri dan dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Mengubah gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan, apabila diperlukan, dapat menurunkan kolesterol kita.

Selain itu untuk menurunkan tingkat kolesterol, kita juga dapat mengonsumsi beberapa makanan, seperti minyak zaitun, kacang kedelai, dan ikan salmon.

Ilustrasi© shutterstock

Selain kolesterol, kita juga harus menjaga trigliserida kita. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang ada di dalam darah. Tingkat trigliserida yang tinggi juga dapat meningkatkan resiko serangan jantung, terutama bagi perempuan.

Sementara untuk menurunkan tingkat trigliserida, kita dapat mengonsumsi makanan yang sama seperti makanan untuk menurunkan kolesterol.

4 dari 4 halaman

Mengusahakan Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Menjaga berat badan menjadi salah satu cara untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

Apabila kita sedang berdiet, untuk menjaga berat badan yang sehat dan ideal, usahakan untuk memilih makanan diet yang sehat.

Ilustrasi© shutterstock

 

Cobalah untuk mengurangi konsumsi lemak, garam, dan gula tambahan. Perbanyak konsumsi buah dan sayur segar.

Selain itu, kita juga dapat membuat rencana makan atau berkonsultasi pada ahli gizi untuk menentukan menu makanan yang tepat, dan tentu saja yang dapat mengurangi tekanan darah dan kolesterol.

Kunci utama dalam mencengah penyakit jantung sejak dini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat sejak dini pula.

Dengan pola hidup sehat, kondisi tekanan darah, kolesterol dan berat badan pasti juga akan mengikuti. Yuk hidup sehat untuk jantung kita!

(ism, Sumber: Medlineplus.gov dan Mayoclinic.org)

Join Dream.co.id