24 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Fresh | Jumat, 6 September 2019 13:36
24 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Kopi tidak hanya bermanfaat untuk membuat kita terjaga semalaman. Ada begitu banyak manfaat kopi untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, lho.

Dream - Kopi menjadi minuman yang paling digemari, tidak hanya oleh para orang tua saja, kopi juga menjadi kegemaran para kaum muda.

Ada begitu banyak pilihan kopi, membuat siapa saja yang mengonsumsinya tidak akan pernah bosan.

Biasanya kopi dikonsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk, menyegarkan tubuh, dan membuat tubuh bugar kembali. Selain itu, kandungan zat yang ada di dalam kopi juga dipercaya mampu meningkatkan ingatan, perasaan bahagai, dan hal-hal positif lainnya.

Kandungan yang terdapat di dalam kopi berupa vitamin B2, mangan dan potassium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, kopi juga bermanfaat untuk kecantikan. Berikut manfaat kopi untuk kesehatan tubuh dan perawatan kulit:

2 dari 7 halaman

Manfaat Kopi untuk Menunjang Performa Tubuh dan Otak

 Manfaat Kopi© Shutterstock

1. Meningkatkan Energi

Kopi mengandung kafein yang akan diserap oleh darah dan dibawa ke otak. Kafein mampu menghambat neurotransmitter di otak, yang akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi, bahagia dan bugar.

Oleh sebab itu, mengonsumsi kopi akan membuat mata langsung melek dan segar kembali.

2. Menunjang Penampilan Fisik

Kafein juga mampu meningkatkan adrenaline dalam darah, dan mengurangi lemak yang ada di dalam tubuh, membuat tubuh lebih ideal.

Ditambah dengan kondisi bugar setelah mengonsumsi kopi tentu akan menunjang penampilan fisik kita.

3. Meningkatkan Kecerdasan

 Manfaat Kopi© Pixabay


Dengan mengonsumsi kopi, kemampuan otak akan meningkat, terutama dalam hal mengingat dan menghafal. Hal ini membuat otak lebih mudah menerima informasi baru, sehingga kecerdasan akan meningkat.

4. Menguatkan DNA Tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin meminum kopi memiliki kondisi DNA yang lebih kuat, karena sel darah putih para penikmat kopi lebih sedikit, sehingga kerusakan pada untaian DNA akan berkurang.

3 dari 7 halaman

Manfaat Kopi untuk Mengatasi Permasalah Tubuh dan Pikiran

5. Mengatasi Masalah Encok

Selain mampu menunjang penampilan fisik dan otak, kopi juga bermanfaat untuk mengatasi masalah encok, khususnya pada laki-laki. Sebuah penelitian menunjukkan 50.000 orang yang mengonsumsi kopi terhindar dari masalah encok.

6. Mencegah Gigi Berlubang

Bubuk kopi juga sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi, salah satunya mampu mencegah gigi berlubang. Hal ini dikarenakan kopi, khususnya kopi hitam, mampu membunuh bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

7. Mengatasi Depresi

Mengonsumsi kopi saat stres atau depresi akan membuat pengonsumsi menjadi lebih tenang. Hal ini dikarenakan kopi mengandung antidepresan yang akan menenangkan otak dan membuat pengonsumsi kopi merasa lebih bahagia.

 Manfaat Kopi© Shutterstock


8. Memperpanjang Usia

Manfaat kopi yang satu ini mungkin terdengar tidak masuk akal, namun manfaat yang satu ini sudah dibuktikan. Kandungan yang terdapat di dalam kopi mampu mengurangi risiko kematian dini, dan membuat pengonsumsi berumur panjang.

4 dari 7 halaman

Manfaat Kopi untuk Menurunkan Berat Badan

9. Membakar Lemak Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kopi mampu membantu tubuh membakar lemak. Hal ini dikarenakan kandungan kafeinnya yang mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, dan membuat lemak jahat dalam tubuh terbakar.

Kandungan kafein dalam kopi ini menjadi suplemen alami pembakar lemak tubuh yang ampuh untuk orang yang ingi menurunkan berat badannya.

 Manfaat Kopi© Shutterstock


10. Baik untuk Diet

Karena kemampuannya membakar lemak jahat dalam tubuh, membuat kopi sangat direkomendasikan sebagai menu diet. Dalam satu hari, kita diperbolehkan mengonsumsi 3-5 gelas kopi ukuran kecil. Namun manfaat ini akan hilang apabila kita mengonsumsi kopi dengan tambahan rasa, gula atau krim.

Akan lebih baik kita mengonsumsi kopi tawar atau kopi hitam dibandingkan kopi dengan tambahan rasa yang akan membuat manfaat kopi untuk diet akan berkurang.

5 dari 7 halaman

Manfaat Kopi untuk Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

11. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Selain baik dikonsumsi untuk diet, kopi juga ampuh untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan kopi mampu menurunkan kadar gula darah dan resistensi insulin.

Kopi juga mampu mengeluarkan insulin dari dalam tubuh, sehingga risiko diabetes akan menurun.

12. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson ialah penyakit yang disebabkan oleh rusaknya saraf di otak. Dengan mengonsumsi kopi, risiko tubuh terserang penyakit Parkinson akan berkurang. Hal ini dikarenakan kandungan kopi mampu merangsang saraf yang ada di dalam otak.

13. Menurunkan Risiko Kanker

 Manfaat Kopi© Shutterstock


Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal. Pertumbuhan sel abnormal ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi kopi. Manfaat kopi sangat baik untuk menurunkan risiko kanker terutama kanker hati dan kanker kolorektal.

14. Menurunkan Risiko Stroke

Kafein yang terkandung di dalam kopi mampu meningkatkan tekanan darah, sehingga akan membuat jantung berdetak lebih cepat setelah meminum kopi. Kemampuan ini mampu menurunkan risiko stroke, karena tekanan darah yang sudah terbiasa dengan peningkatan saat minum kopi.

15. Menurunkan Risiko Sklerosis

Dengan meminum 4 gelas kopi sehari, dipercaya mampu menurunkan risiko terkena sclerosis, penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan pada saraf. Kemampuan  ini dikarenakan kopi mampu mencegah peradangan yang terjadi pada saraf.

6 dari 7 halaman

Manfaat Kopi untuk Melindungi Tubuh dari Berbagai Penyakit

16. Melindungi dari Penyakit Jantung

Setelah mengonsumsi kopi, jantung akan berdetak lebih cepat dibanding biasanya. Namun, tak perlu khawatir, karena kondisi ini tidak akan menyebabkan penyakit jantung. Justru baik untuk melindungi jantung dari serangan stroke mendadak.

17. Melindungi Kesehatan Hati

Dengan mengonsumsi kopi, kesehatan hati akan terjaga dari berbagai jenis penyakit. Seperti penyakit hepatitis, kirosis dan berbagai jenis penyakit hati lainnya.

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi 4 gelas kecil kopi setiap hari mampu menurunkan risiko penyakit hari sebanyak 80%.

 Manfaat Kopi© Shutterstock


18. Melindungi dari Alzheimer dan Dementia

Alzheimer dan Dementia merupakan penyakit yang menyerang saraf di otak dan menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pada otak dan kemampuan mengingat. Untuk melindungi tubuh dari penyakit ini, kita bisa mengonsumsi kopi setiap hari.

19. Mencegah Masalah Penglihatan

Di dalam kopi juga terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk melawan berbagai kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, salah satunya masalah pada retina mata. Kerusakan retina yang disebabkan oleh stres oksidatif dapat dicegah dengan mengonsumsi kopi.

20. Mencegah Melanoma

Masih berkaitan dengan kandungan antioksidan di dalam kopi. Antioksidan ini mampu mencegah meloma, salah satu jenis kanker yang disebabkan karena paparan ultraviolet. Kanker ini sangat berbahaya dan jarang dideteksi lebih awal.

7 dari 7 halaman

Manfaat Kopi untuk Kecantikan dan Perawatan Kulit

21. Mengatasi Selulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, kopi juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan dan kesehatan kulit. Salah satunya ialah masalah selulit yang dapat diatasi dengan membuat kopi menjadi body scrub.

 Manfaat Kopi© Pixabay


22. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan di dalam kopi juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah, seperti keriput, dan noda hitam. Kita bisa memanfaatkan kopi sebagai masker wajah alami dan menggunakannya secara rutin.

23. Mengatasi Masalah Jerawat

Dengan memakai masker wajah alami dari kopi, masalah jerawat di wajah juga dapat teratasi dengan baik. Bahkan mampu menghilangkan bekas dan mencegahnya datang kembali.

24. Mengatasi Mata Panda

Manfaat kopi yang terakhir ialah mampu mengatasi mata panda. Caranya cukup membuat pasta dari kopi dan air, lalu mengoleskannya ke area lingkaran hitam di bawah mata. Semoga bermanfaat.

(ism, Sumber: Healthline )

5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin
Join Dream.co.id