21 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut

Fresh | Senin, 16 September 2019 18:12
21 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Madu memiliki banyak manfaat bagi manusia, mulai dari manfaat kesehatan tubuh, baik untuk perawatan kulit dan rambut.

Dream- Madu merupakan bahan organik dari lebah yang sudah dikenal dengan aneka khasiatnya bagi kesehatan manusia. Kemanjuran madu sudah diakui sejak zaman dahulu dahulu bahkan jadi bahan makanan yang disarankan Rasulullah. 

Selain sebagai obat alami, Madu juga bisa menjadi sumber makanan dan pemanis alami. 

Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, manfaat madu juga bisa dirasakan dalam urusan perawatan kulit, kecantikan dan mengatasi berbagai masalah rambut kepala. Ratu Mesir, Cleopatra konini sering memanfaatkan madu sebagai rahasia perawatan kulitnya.

Mengutip laman Healthline, madu memang tidak memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Diperoleh dari bahan dasar nektar, Madu kaya akan kandungan nutrisi tumbuhan seperti antioksidan yang tinggi, asam organik phenolic dan flavonoid.

Kandungan madu tersebut memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia, mulai dari organ dalam, kulit hingga rambut.

Berikut manfaat madu untuk kesehatan dan perawatan tubuh.

2 dari 8 halaman

Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah dan Melawan Kanker

 Manfaat Madu


Penyebab utama kanker ialah pertumbuhan sel yang tidak normal. Untuk mencegah pertumbuhan sel, kamu bisa memanfaatkan madu yang diketahui mengandung Flavonoid dan Phenolic. Dua kandungan alami tersebut berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga sel kanker tidak dapat berkembang.

2. Mengatur Kadar Kolesterol Tubuh

Madu memang manis, tapi tidak membuatnya jadi makanan yang harus dihindari penderita kolesterol tinggi. Sebaliknya, madu justru berkhasiat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, meningkatkan kadar HDL, menurunkan LDL dan kadar trigliserida.

3. Mencegah Diabetes

Sebagai pengatur kadar kolesterol dalam tubuh, kandungan gula yang rendah dalam madu juga bermanfaat mencegah diabetes. Bahkan, mengonsumsi madu sangat dianjurkan dibandingkan mengonsumsi gula tambahan.

 Manfaat Madu


4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi masih satu rumpun dengan kadar kolesterol tinggi penyebab diabetes. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, konsumsi madu bisa menjadi solusi, karena madu mengandung antioksidan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3 dari 8 halaman

Manfaat Madu untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Antioksidan merupakan salah satu kandungan alami yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya kesehatan jantung, Kandungan alami ini bisa ditemui di beberapa jenis makanan alami, seperti madu. Dengan rutin mengonsumsi madu, tidak hanya kesehatan jantung saja yang terjaga, tapi juga mampu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

 Manfaat Madu

6. Meningkatkan Daya Ingat

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan mengingat manusia akan terus menurun. Kondisi ini sangat normal dan wajar dialami oleh siapa saja. Namun, untuk mengurangi risiko daya ingat yang menurun, kita bisa mengonsumsi madu secara rutin.

Tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang ingin meningkatkan daya ingatnya saja, madu juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan karena baik bagi perkembangan otaknya.

4 dari 8 halaman

Manfaat Madu untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

7. Mengatasi Alergi

Tubuh yang tidak sehat, biasanya akan mudah mengalami berbagai kesehatan seperti alergi. Dengan mengonsumsi satu sendok madu setiap harinya, akan membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap berbagai masalah alergi.

8. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

 Manfaat Madu

Sudah bukan rahasia lagi kalau mengonsumsi madu dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan, terutama pada anak-anak. Tidak hanya ampuh meredakan batuk dan sakit tenggorokan, madu juga dapat merilekskan saluran pernapasan anak. Orang dewasa juga bisa memanfaatkan madu untuk mengatasi masalah tenggorokan.

9. Mengobati Infeksi

Madu bisa disebut dengan bahan makanan alami sejuta manfaat, baik untuk pria atau wanita. Salah satu manfaat madu bagi wanita ialah mampu mengatasi infeksi jamur, yaitu infeksi yang disebabkan oleh jamur di daerah organ intim.

5 dari 8 halaman

Manfaat Madu untuk Sistem Pencernaan

10. Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Kebersihan mulut dan gigi sangat penting untuk diperhatikan, tidak hanya dengan sikat gigi saja tapi juga harus dengan perawatan lain, salah satunya dengan madu. Mengonsumsi permen karet madu atau berkumur dengan air madu, dapat mengurangi plak di dalam gigi dan gusi.

11. Mengatasi Penyakit pada Saluran Pencernaan

 Manfaat Madu

Perut kembung, tukak lambung dan iritasi bakteri dalam lambung menjadi beberapa masalah saluran pencernaan yang bisa diatasi dengan menggunakan madu. Kita bisa mengonsumsi madu secara rutin, atau bisa juga mencampurkan madu ke dalam makanan dan minuman.

12. Menenangkan Refluks Asam

Refluk asam atau Gastroesophageal reflux (GERD), salah satu masalah pencernaan yang menyebabkan heartburn. Refluk asam terasa seperti begah dan kembung. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mengonsumsi madu terutama madu jenis raw honey.

6 dari 8 halaman

Manfaat Madu untuk Kekebalan Tubuh

13. Baik untuk Pemulihan

Walau minim vitamin dan karbohidrat, madu dapat bekerja sebagai bentuk lain karbohidrat yang mampu meningkatkan pertumbuhan otot. Kemampuan ini membuat madu sangat baik digunakan untuk pemulihan tubuh setelah berolahraga.

14. Meningkatkan Energi

Madu tak hanya bermanfaat untuk mengembalikan tenaga dan energi setelah latihan atau olahraga saja, tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh. Hal ini dikarenakan madu mengandung glukosa dan fruktosa yang mampu memperlancar aliran darah secara cepat, sehingga energi dalam tubuh lebih cepat tersalurkan dan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga.

 Manfaat Madu

15. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Dengan tubuh yang penuh energi, bukan berarti akan membuat tubuh cepat lelah dan kekebalan tubuh menurun. Konsumsi madu yang rutin justru akan membuat sistem imunitas tubuh menjadi lebih kuat karena mengandung antioksidan dan anti bakteri yang tinggi.

7 dari 8 halaman

Manfaat Madu untuk Kesehatan Kulit

16. Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit sama pentingnya dengan kesehatan bagian tubuh dalam. Untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan kuat terhadap serangan kotoran, debu, dan paparan sinar matahari, kita bisa memanfaatkan madu karena madu mampu menstimulasi produksi kolagen dan memperlancar aliran darah dalam kulit.  

 Manfaat Madu

17. Melembutkan Kulit

Kondisi kulit yang sehat akan membuat kulit menjadi lebih lembut, segar, cerah dan tampak lebih muda. Untuk menunjang hal tersebut, kita bisa memanfaatkan madu. Bisa dengan mengonsumsinya setiap hari sebagai suplemen, menggunakannya sebagai campuran masker atau perawatan lain.

18. Mengatasi Jerawat

Kandungan antibakteri dalam madu juga bisa dimanfaatkan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah. Tak hanya berhenti di situ saja, menggunakan madu sebagai masker juga dapat mencegah kemunculan jerawat, dan menghilangkan bekasnya.

19. Mengatasi Eksema

Eksema merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh peradangan di lapisan kulit. Kondisi ini akan membuat ruam muncul dan menimbulkan rasa gatal pada kulit. Untuk mengatasi rasa gatal eksema, olesan madu akan sangat membantu.

8 dari 8 halaman

Manfaat Madu untuk Masalah Rambut dan Kepala

20. Manfaat Madu untuk Rambut

Rambut yang sehat dan kuat tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, produk-produk perawatan berbahan dasar madu akan sangat membantu. Selain dengan menggunakan madu dalam bentuk produk yang sudah jadi, kita bisa memanfaatkan madu asli sebagai sampo dan kondisioner.

 Manfaat Madu

21. Mengatasi Masalah Ketombe

Manfaat madu yang terakhir yaitu mampu mengatasi masalah ketombe yang ada di kulit kepala. Keberadaan ketombe tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena memicu rasa gatal dan tidak nyaman di kepala dan rambut. Menggunakan sampo dari madu dipercaya mampu mengatasi masalah ketombe hanya dalam beberapa pekan saja.

(Sah, Sumber: The Health Benefits dan Healthline)

{NATIVE VIDEO TOP}
Join Dream.co.id