Gejala Umum dan Khusus Tubuh Tertular Virus Corona Covid-19, Camkan!

Fresh | Jumat, 3 April 2020 06:12
Gejala Umum dan Khusus Tubuh Tertular Virus Corona Covid-19, Camkan!

Reporter : Reni Novita Sari

Jika kamu mengalami tanda-tanda berikut ini, kamu harus sudah memeriksakan diri ke rumah sakit.

Dream - Data penyebaran wabah virus corona seperti dilaporkan Johns Hopkin University telah menjangkiti 203 negara di dunia. Jumlah kematian akibat virus corona Covid-19 sudah berada di angka 47 ribu orang dengan hampir satu juta orang terkonfirmasi positif.  

Kondisi ini memicu seluruh negara untuk melakukan tindakan extraordinary guna mengurangi penyebaran virus corona. Salah satu yang banyak dilakukan negara adalah imbauan jaga jarak atay pyshical distance yang digalakkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hal yang tak kalah penting untuk kamu ketahui adalah mengenali gejala-gejala infeksi virus corona Covid-19. Dalam beberapa kasus, terutama kalangan usia muda, gejala in memang sering kali tak muncul. 

Pemahaman tentang gejala terinfeksi virus covid-19 perlu diketahui untuk membuat semua orang waspada dan bertindak cepat untuk memeriksakan diri ke rumah sakit bilamana terdapat tanda atau gejala penularan infeksi.

Berikut ini tiga tanda utama infeksi virus corona Covid-19 yang menjadi peringatan bagi masyarakat untuk segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. 

2 dari 7 halaman

Gejala Umum Tertular Virus Corona Covid-19

 sakit demam© Ilustrasi foto : pixabay.com

Dilansir dari Liputan6.com, menurut laman medicaldaily.com, demam, batuk kering, dan napas pendek, merupakan gejala utama terpapar virus Corona. Pada awalnya, rekomendasi untuk perawatan hanya bagi mereka yang terkena langsung dari orang positif terinfeksi.

Namun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), telah mengizinkan siapa saja dengan gejala tersebut diuji. Maureen Ferran, seorang Professor Biologi di Rochester Institute of Technology, mencatat dalam sebuah artikel yang diterbitkan The Conversation, tidak layak untuk menguji semua orang yang sakit di Amerika Serikat.

Sebagian besar tenaga kesehatan setuju untuk memprioritaskan pengujian hanya bagi orang-orang yang berisiko tinggi terpapar virus corona. Golongan ini antara lain petugas kesehatan yang telah melakukan kontak dengan pasien, orang-orang yang berada di daerah dengan tingkat gejala yang tinggi, dan orang-orang yang berusia 65 tahun ke atas dengan penyakit bawaan kronis seperti penyakit jantung, paru-paru, atau diabetes.

3 dari 7 halaman

Gejala Khusus yang Harus Dapat Perhatian Serius

CDC juga menyarankan untuk mereka yang menunjukan tanda peringatan seperti kesulitan bernapas, mengalami nyeri atau sakit di dada, ketidakmampuan untuk berdiri dan kebiruan di bibir atau wajah, harus segera mendapatkan penanganan medis. Selain itu, ada juga kondisi lain, yakni terkena paparan langsung dari orang yang terinfeksi virus corona.

 menjenguk orang sakit© Ilustrasi foto : shuttershock

Jika kalian merasa pernah melakukan kontak langsung dengan pasien pada kasus COVID-19 yang telah dikonfirmasi. Maka, kalian dianggap orang dalam prioritas tinggi tertular infeksi covid-19.

Dalam beberapa kasus, dokter meminta orang-orang tanpa gejala untuk melakukan karantina mandiri dan selalu memantau suhu tubuh mereka. Namun, dalam kasus yang lain, orang-orang dengan gejala ringan justru diminta langsung melakukan tes.

4 dari 7 halaman

Lama Virus Corona Covid-19 Bertahan di Permukaan dan Cara Mendesinfeksinya

Dream – Informasi virus corona covid-19 bisa bertahan di suatu permukaan membuat banyak orang cemas saat harus bersentuhan dengan benda di sekitarnya. Fasilitas yang digunakan masyarakat umum seperti transportasi umum, meja, atau toilet umum, membuat kewaspadaan semakin meningkat.

Sejak virus corona merebak di berbagai negara, persediaan hand sanitizer (pembersih tangan) atau larutan pembersih lainnya juga menghilang dari rak-rak toko dan supermarket.

Cara menggunakan pembersih rumah tangga itu juga harus diperhatikan termasuk cara pengencerannya. Jika tidak mengikuti tata cara pencampuran, dikhawatirkan reaksi kimia yang dihasilkan malah membahayakan tubuh kita.

Tahukah kamu berapa lama sebenarnya virus corona mampu bertahan di suatu permukaan benda? Jika anda belum mengetahui, mari kita simak ulasan Dream di bawah ini yang mengutip dari Live Science.

5 dari 7 halaman

Berapa Lama Virus Corona Mampu Bertahan Pada Permukaan Benda?

 Ilustrasi virus corona© NIAID

Sebuah analisis menemukan bahwa virus corona ini dapat hidup di udara hingga 3 jam. Sementara pada benda yang terbuat dari tembaga bisa bertahan hingga 4 jam. Pada permukaan kardus, virus corona bertahan hingga 24 jam. Sementara pada permukaan plastic dan stainless steel mampu bertahan hingga 72 jam.

Penelitian ini telah diterbitkan di The New England Journal of Medicine. Apalagi RNA virus corona jenis baru ini ditemukan di berbagai permukaan di kabin orang-orang yang yang tidak menunjukkan gejala terinfeksi virus corona di dalam kapal pesiar Diamond Princess

Menurut penjelasan Central of Disease Control, sebelum prosedur disinfeksi dilakukan, tidak ada data yang dapat menentukan apakah transmisi terjadi dari permukaan yang terkontaminasi ataukah tidak. Sehingga belum ada kejelasan apakah partikel virus pada permukaan ini dapat menginfeksi orang atau tidak.

6 dari 7 halaman

Virus Dapat Hidup Pada Permukaan Benda Selama 9 Hari

 Ilustrasi permukaan benda di toilet© Pixabay

CDC menjelaskan bahwa mungkin saja seseorang memang bisa terinfeksi virus dengan menyentuh permukaan benda yang sudah terkontaminasi kemudian menyentuh area wajah. Namun proses infeksi ini bukan satu-satunya cara penyebaran virus. Jadi, meski virus corona tetap hidup di udara, penelitian menunjukkan bahwa orang tidak dapat terinfeksi virus hanya dengan menghirup dari udara.

The Journal of Hospital Infection juga melakukan analisis terhadap beberapa dokumen tentang virus corona jenis baru ini. tujuannya untuk mendapatkan informasi tentang berapa lama virus mematikan ini dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia.

Kesimpulan dari penelitian itu adalah, Covid-19 menyerupai virus SARS dan Mers. Artinya, virus corona juga dapat hidup sementara di permukaan benda, seperti logam, gelas plastik, selama kurang lebih 9 hari. Sebagai perbandingan, virus flu biasa hanya dapat bertahan pada permukaan benda sekitar 48 jam.

7 dari 7 halaman

Bahan Aktif Rumah Tangga untuk Disinfektan Virus Corona

 Ilustrasi bahan aktif pada pembersih rumah tangga© Pexels

Namun, virus corona yang terdapat di atas permukaan benda ini bisa dihilangkan loh, caranya dengan menyemprotkan disinfektan rumah tangga. Selain itu, virus ini tidak dapat bertahan hidup pada suhu lebih dari 30 derajat celcius.

Nah di bawah ini kami beritahu bahwa dengan bahan-bahan ini, anda dapat secara efektif membunuh virus corona dalam satu menit saja yang terdapat pada permukaan benda.

Disinfektan dengan 62-71% Etanol

Disinfektan dengan 0,5% Hidrogen Peroksida

Disinfektan dengan 0,1% Natrium Hipoklorit (pemutih)'

Baca selengkapnya di sini

Join Dream.co.id