18 Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan

Fresh | Minggu, 15 September 2019 11:01
18 Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Tidak hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat, tapi juga kulitnya. Berikut manfaat kulit lemon untuk kesehatan tubuh hingga untuk kehidupan sehari-hari.

Dream - Sudah jadi rahasia umum kalau lemon memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Ternyata, tidak hanya air lemonnya saja yang bermanfaat, tapi juga kulitnya.

Sama-sama berasal dari jenis citrus, kulit lemon sama bermanfaatnya dengan kulit jeruk. Kalau kulit jeruk dikenal ampuh mengusir nyamuk, kulit lemon punya manfaat lebih dari itu.

Mulai dari kesehatan mulut, untuk kecantikan, hingga digunakan untuk membersihkan bekas noda di alat dapur.

Kandungan kulit lemon sebenarnya juga tak jauh berbeda dengan kandungan yang ada di dalam lemon. Bedanya, kandungan kalori dan karbo di kulit lemon jauh lebih sedikit dibanding air perasan lemon.

Ditambah lagi dengan kandungan kalsium, potassium dan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat kulit lemon bagi kesehatan tubuh hingga kecantikan yang bisa kita peroleh:

2 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Masalah dalam mulut, seperti gigi berlubang dan infeksi pada gusi, umumnya disebabkan oleh bakteri Streptococcus mutans. Masalah ini tentu sangat mempengaruhi kesehatan mulut secara keseluruhan.

Untuk mengatasi masalah itu, kita bisa memanfaatkan kulit lemon, karena mengandung zat anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat akan membuat kita terhindar dari berbagai penyakit serius seperti diabetes, darah tinggi dan lain sebagainya.

Untuk menjaga kesehatan jantung, tubuh memerlukan flavonoid, vitamin C, dan pektin. Kandungan ini dapat dijumpai di lemon dan kulit lemon.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

 Manfaat Kulit Lemon


Selain mengandung flavonoid dan pektin yang baik untuk kesehatan jantung, kulit lemon juga mengandung kalsium. Jumlah kalsium yang tinggi dalam kulit lemon, sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegahnya dari berbagai penyakit tulang.

3 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Lemon untuk Tubuh

4. Mengurangi Kolesterol

Seperti yang kita tahu, kolesterol tinggi dapat berakibat buruk bagi kesehatan hati dan jantung. Dengan mengonsumsi ekstrak kulit lemon secara rutin, dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, kulit lemon mengandung flavonoid polifenol.

5. Menurunkan Berat Badan

 Manfaat Kulit Lemon


Kandungan karbo dan kalori yang rendah, membuat kulit lemon cocok dijadikan menu diet. Tidak hanya ampuh menurunkan berat badan, tapi juga mampu menjaga berat badan tetap pada angka yang normal dan ideal.

Manfaat kulit lemon ini bisa kita peroleh dengan mengonsumsi ekstrak kulit lemon atau dengan menaburkan bubuk kulit lemon ke atas makanan.

6. Memperlancar Pencernaan

Walau mengandung kadar karbo dan kalori yang rendah, kulit lemon mengandung serat yang tinggi. Sehingga mengonsumsi kulit lemon sebagai ekstrak atau taburan di makanan, sangat ampuh untuk memperlancar pencernaan.

4 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Lemon untuk Menjaga Kesehatan

7. Membasmi Racun dalam Tubuh

Kandungan flavonoid dalam kulit lemon memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya sebagai pembasmi unsur racun di dalam tubuh.

Walau unsur racun ini tidak sepenuhnya berbahaya bagi tubuh, tetap saja racun harus dikeluarkan dari tubuh dan dibasmi.

8. Mengandung Zat Anti Kanker
Salah satu manfaat kulit lemon yang menjadi sorotan ialah mampu mencegah pertumbuhan kanker.

Hal ini dikarenakan kulit lemon mengandung zat anti kanker, anti peradangan, dan anti virus yang tinggi. Selain itu, kandungan flavonoid juga sangat berperan dalam mengurangi risiko berbagai jenis kanker.

 Manfaat Kulit Lemon


9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lagi-lagi kandungan flavonoid juga sangat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin C yang tinggi, membuat manfaat lemon yang satu ini dapat diperoleh hanya dengan mengonsumsi ekstrak lemon sebagai suplemen.

5 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Lemon untuk Masalah Empedu dan Stres

10. Mengatasi Masalah Batu Empedu

Tidak hanya flavonoid dan vitamin C saja yang berperan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kulit lemon mengandung zat alami yang banyak ditemukan di buah citrus bernama D-limonene. Zat alami ini sangat baik untuk mengatasi penyakit batu empedu.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien batu empedu, mendapatkan hasil, 48% pasien dengan suntikan pelarut D-limonene kulit lemon sembuh dari batu ginjal.

Hasil ini membuktikan bahwa, kulit lemon sangat baik dikonsumsi oleh pasien batu empedu tanpa harus melakukan operasi.

 Manfaat Kulit Lemon


11. Mengatasi Stres

Kulit lemon tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara fisik saja, tapi juga bermanfaat untuk mengatasi masalah mental, seperti stres dan depresi.

Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid-nya yang mampu memberikan efek rileks pada orang yang mengonsumsinya sebagai ekstrak, atau hanya dengan mengharum bau kulit lemon.

6 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Lemon untuk Kulit Wajah

12. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, flek hitam, dan garis-garis halus bisa dihilangkan dan dicegah dengan menggunakan kulit lemon. Caranya, kita bisa membuat masker dari kulit lemon, atau mengonsumsinya sebagai suplemen.

 Manfaat Kulit Lemon


13. Mengatasi Jerawat

Tidak hanya tanda penuaan dini saja yang bisa diatasi dengan kulit lemon, masalah jerawat juga bisa diatasi dengan menggunakan masker atau produk perawatan kulit berbahan lemon.

Dan, untuk memaksimalkan hasilnya, kita bisa mengonsumsi ekstrak kulit lemon sebagai suplemen kecantikan.

14. Menghilangkan Noda Hitam

Sama seperti flek hitam, noda hitam juga bisa digolongkan dalam tanda penuaan dini. Umumnya, noda hitam muncul karena paparan sinar matahari yang berlebihan dan tidak terangkatnya sel kulit mati.

Dengan memakai masker kulit lemon, masalah tersebut dapat diatasi karena kulit lemon mengandung zat anti peradangan dan flavonoid yang tinggi.

15. Mengatasi Masalah Pigmentasi

Manfaat kulit lemon untuk kulit wajah selanjutnya ialah untuk mengatasi berbagai masalah pigmentasi, seperti warna kulit wajah yang tidak merata dan kulit kusam.

7 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Lemon untuk Kehidupan Sehari-hari

Selain bisa dimanfaatkan sebagai suplemen dan masker wajah, kulit lemon juga bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari, seperti:

16. Menghilangkan Bau Sampah

Aroma dari kulit lemon tidak hanya mampu memberikan efek rileksasi pada tubuh, tapi juga mampu mengatasi masalah bau sampah.

Kita bisa langsung meletakkan kulit lemon di setiap sudut ruangan, atau di dekat tempat sampah kering di dalam ruangan. Namun, kulit lemon tidak bisa bertahan lama ya, Sahabat Dream. Begitu kulitnya sudah kering, jangan lupa dibuang.

 Manfaat Kulit Lemon


17. Pengharum Ruangan

Hampir sama dengan menghilangkan bau sampah, manfaat kulit lemon ini juga bisa langsung didapatkan dengan meletakkan kulit lemon segar di setiap sudut ruangan. Atau bisa juga dengan memilih pengharum ruangan dengan bahan dasar kulit lemon.

18. Pembersih Bekas Teh dan Kopi

Tak hanya masalah wewangian saja, kulit lemon ternyata juga ampuh untuk menyelesaikan masalah noda di peralatan dapur.

Seperti bekas kopi dan teh yang membandel di gelas, atau microwave yang kotor setelah digunakan. Kita bisa langsung menggosokkan kulit lemon ke peralatan tersebut sambil dibilas.

(ism, Sumber: Healthline, Stylecraze )





Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id