15 Manfaat Buah Pir Hijau untuk Diet serta Kecantikan dan Kesehatan Ibu Hamil

Fresh | Jumat, 27 Desember 2019 11:12
15 Manfaat Buah Pir Hijau untuk Diet serta Kecantikan dan Kesehatan Ibu Hamil

Reporter : Yoga Tri Priyanto

PIr memiliki berbagai macam manfaat yang baik, salah satunya untuk ibu hamil

Dream - Pir merupakan buah yang memiliki banyak kandungan air. Dengan kulit berwarna hijau dan kuning, pir juga mengandung banyak nutrisi seperti vinamin, kalsium, mineral dan juga kalium.

Kandungan antioksidan flavonoid yang dimiliki pir membuat buah ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu buah yang bebas lemak ini juga baik dikonsumsi oleh orang dengan kolestrol tinggi dan juga untuk kamu yang sedang melakukan diet.

2 dari 6 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil© MEN

Pir merupakan buah yang sangat aman untuk dikonsumsi pada masa kehamilan. Buah ini mengandung nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan.

Membentuk sistem kekebalan dan perkembangan organ janin

Salat satu manfaat buah pir untuk ibu hamil yaitu dapat membentuk sistem kekebalan dan perkembangan organ pada janin. Buah pir memiliki kandungan vitamin A yang sangat penting selama kehamilan di trimester pertama. kekurangan vitamin A pada saat hamil menyebabkan masalah pada saat kehamilan.

Meminimalisir risiko cacat

buah pir mengandung vitamin B6 yang bisa mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Sebab, jika ibu hamil kekurangan vitamin B6 ini, meyebabkan risiko lahir cacat lebih tinggi. Selain itu vitamin B6 juga berguna untuk perkembangan motorik dan fungsi kognitif pada janin.

Meringankan gejala kehamilan

Stres fisik pada masa kehamilan sering kali terjadi. Untuk itu, konsumsi buah pir agar otot-otot lebih lemas dan dapat mengurangi kelelahan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Buah Pir Hijau

Pir hijau merupakan salah satu jenis buah pir yang mudah ditemukan dipasaran. Biasanya, pir hijau memiliki kulit yang sedikit lebih tebal dibanding dengan pir kuning. selain itu, ukuran pir hijau juga relatif lebih kecil dari pir kuning.

Asupan kalori

Kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Mengkonsmsi buah pir, ternyata dapat meningkatkan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. kekurangan asupan kalori dapat membuat tubuh lemah dan mudah sakit.

Menyehatkan usus

Pir mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga usus. Selain itu, pir juga memberi makan bakteri baik yang ada di usus sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain buahnya, kulit pir juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

Senyawa nabati

Senyawa nabati yang ada pada pir merupakan senyawa antosianin. Senayawa ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga memperkuat pembuluh darah pada manusia.

4 dari 6 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Diet

 Manfaat Buah Pir untuk Diet© MEN

Pir mengandung banyak kalori serta rendah lemak. Sehingga manfaat buah pir ini mampu membantu proses diet yang sedang dijalani. Pastinya, mengkonsumsi pir juga harus cukup dan tidak berlebihan.

Mencegah obesitas

Dilansir dari Medical Dialy, pir dapat membantu menurunkan risiko seseorang terkena obesitas. Pada jurnal yang diterbitkan Nutrition and Food Science, mengkonsumsi pir menyebabkan memiliki berat badan yang lebih ringan dan 35% lebih kecil kemungkinan mengalami obesitas

Menurunkan berat badan

Dalam jurnal Annals of Internal Medicine, mengatakan bahwa orang dewasa yang paling tidak mengkonsumsi 30 gr buah pir per hari, dapat menurutkan lima pounds (2,5 kg) berat badan pertahunnya, tanpa melakukan perubahan pola makan.

Mengenyangkan

Pir kaya akan, serat, gula dan air. Sehingga, mengkonsumsi pir dapat membuat cepat kenyang dan kenyang lebih lama. Selain itu, pir juga dapat memperlancar pencernaan sehingga mengurangi risiko perut buncit.

5 dari 6 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan© Dream

Manfaat buah pir untuk kesehatan pastinya sangat banyak. Sebab, buah ini mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Mencegah peradangan

manfaat buah pir ternyata mampu mencegah peradangan yang ada pada tubuh. Peradangan ini tidak hanya radang tenggorokan, tapi peradangan yang terjadi di berbagai alat vital pada tubuh. Selain peradangan normal, manfaat buah pir juga bisa mencegah peradangan kronis yang membahayakan kesehatan.

Antikanker

Antioksidan dan asam sinamat yang terkandung dalam buah pir, mampu mencegah kanker pada tubuh. Kandungan flavonoid juga dapat mencegah kanker payudara dan kanker ovarium pada perempuan. Perlu diketahui, pir bukan meupakan obat kanker, melainkan dapat mencegah kanker.

Menurunkan risiko diabetes

Manfaat buah pir dengan varietas merah, dapat menurunkan risiko diabetes. Dilansir dari lama Health Line, mengkonsumsi 5 buah pir atau lebih dalam beberapa minggu dapat menurunkan risiko diabetes tipe dua sebanyak 23%

6 dari 6 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Kecantikan

 Manfaat Buah Pir untuk Kecantikan© MEN

Vitamin dan serat pangan pada buah pir dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit. Nutrisi yang terkandung pada buah pir dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah yang menganggu penampilanmu.

Merawat kulit berminyak

Jika kamu memiliki kulit berminyak, gunakanlah manfaat buah pir untuk mengurangi kadar minyak tersebut. Cukup haluskan buah pir dengan kulitnya, lalu campurkan dengan krim segar dan madu. Oleskan campuran ini pada wajah sekitar 3 kali seminggu.

Menghaluskan kulit

Pir mengandung humectant yang dapat menyeimbangkan kadar air pada kulit dan juga mengunci kelembapan. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker atau menggunakan lotion dengan ekstrak buah pir.

Mencegah kerutan

Kandungan vitamin C dan vitamin K pada pir dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Manfaat buah pir juga bisa melawan radikal bebas penyebab munculnya penuaan dini pada kulit seiring bertambahnya usia.

Manfaat buah pir pastinya akan kamu dapatkan jika kamu rutin mengkonsumsinya. Tentunya manfaat dari buah ini bisa kamu dapatkan secara perlahan.

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna
Join Dream.co.id