Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

15 Manfaat Buah Naga, Plum, Nanas dan Avokad Bagi Tubuh

15 Manfaat Buah Naga, Plum, Nanas dan Avokad Bagi Tubuh Makan Buah Segar (Foto: Shutterstock)

Dream  - Buah-buahan merupakan salah satu sumber nutrisi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Namun, sebagian besar orang kurang menyadari akan pentingnya mengkonsumsi buah-buahan secara rutin.

Padahal, banyak sekali manfaan buah yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh. Pastinya, kamu bisa mengkonsumsi berbagai buah-buhaan yang berbeda setiap harinya.

Sebab, tiap jenis buah memiliki berbagai manfaat yang berbeda. Ada yang dapat menyembuhkan penyakit tenggorokan, meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan ada yang dapat memperlancar pencernaan. Untuk itu, perhatikan beberapa manfaat buah berikut agar kamu dapat mengkonsumsinya dengan tepat.

Manfaat Buah Naga

Berasal dari pohon kaktus membuat buah naga memiliki bentuk yang cukup unik. Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini memiliki daging buah yang putih ataupun merah keunguan dengan biji-biji kecil yang bisa dimakan.

Membantu masalah pencernaan

Buah naga memiliki kandungan fiber atau serat tinggi yang bisa membantu memperlancar pencernaaan. Konsumsi buah naga secara rutin juga dapat mencegah konstipasi atau sembelit. Selain dikonsumsi secara langsung, buah naga juga bisa dibuat jus atau campuran salad.

Meringankan batuk dan asma

Buah naga memiliki banyak biji yang tersebar pada daging buahnya. Biji ini mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu respirasi. Sehingga, bagi yang memiliki gangguan pernapasan atau asma, kamu bisa mengkonsumsi buah naga untuk meringankannya. 

Mencegah diabetes

Buah naga mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah terjadinya diabetes melitus. Antioksidan ini mampu membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Selain itu, kandungan gula yang rendah pada buah naga menyebabkan buah ini aman dikonsumsi untuk kamu yang level gula darah tinggi.

Manfaat Buah Nanas

Buah berwarna kuning ini memiliki rasa segar yang sedikit asam dan manis. Mudah ditemukan di Indonesia membuat nanas sering diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Seperti es nanas, es buah bahkan rujak nanas.

Meningkatkan kesehatan mata

Nanas kaya akan vitamin A yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Seiring bertambahnya usia, sel-sel mata cenderung rusak. Agar tetap sehat, tingkatkan asupan vitamin A salah satunya dengan rajin mengkonsumsi jus nanas. Kandungan beta karoten pada nanas akan diubah menjadi vitamin A oleh hati.

Memperkuat tulang

Nanas memiliki kandungan mineral mangan yang dapat memperkuat tulang. Selain itu, manfaat nanas juga bisa memperbaiki jaringan-jaringan tulang yang sudah mulai rusak. Secangkir jus nanas mengandung 3/4 mangan yang kamu butuhkan setiap hari.

Mencegah jerawat

Nanas juga memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat pada kulit. Selain itu nanas juga dapat mencegah munculnya bintik bekas jerawat, mengecilkan pori-pori dan menghilangklan komedo. Gunakan nanas sbagai masker wajah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Buah Plum

Prunus Domestica atau sering dikenal dengan buah plum ini mengandung berbagai macam vitamin, mineral, flavanoid, fitonutrien dan juga antioksidan. Tidak hanya berwarna ungu kehitaman, buah plum juga memiliki berbagai macam jenis, yaitu plum kuning dan plum merah.

Mengatasi rambut rontok

Manfaat buah plum yang jarang diketahui orang yaitu dapat mengatasi rambut rontok. Sebab plum dapat memperbaiki kelenjar adrenal yang dapat menghentikan kerontokan pada rambut. Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi juga membuat peredaran darah di area kepala akan lebih lancar sehingga membuat rambut tumbuh subur.

Memudarkan bekas luka

Plum mampu meningkatkan sirkulasi darah pada bagian bawah kulit. Oleh sebab itu, plum mampu menghilangkan bekas luka dan menumbuhkan sel kulit baru yang pada akhirnya membuatkulit terlihat mulus kembali. Selain iut, mengkonsumsi plum secara rutin juga dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Baik dikonsumsi ibu hamil

Mengkonsumsi plum ketika masa kehamilan sangat baik untuk ibu hamil. Sebab buah ini dapat meningkatkan penglihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membentuk tulang dan jaringan serta meningkatkan kesehatan sel untuk ibu dan bayi.

Manfaat Buah Naga Merah

Selain daging buah yang berwarna putih, buah naga juga memiliki jenis lain yaitu dengan daging buah berwarna merah. Bedanya, buah naga merah memiliki kandungan lycopene yang baik untuk berbagai macam gangguna pada tubuh.

Mencegah kanker

Kandungan lycopene pada buah naga merah ternyata mampu mencegah kanker. Lycopene merupakan zat penyedia warna merah pada buah naga dan sudah terbukti dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Selain lycopene, antioksidan hytoalbumin juga berperan untuk melawan radikal bebas pada tubuh sehingga terhindar dari kanker.

Mencegah tekanan darah tinggi

Selain bisa mencegah kanker, lycopene pada buah naga juga bisa mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Omega 3 dan omega 6 pada biji buah naga juga bisa meringankan gangguan kardiovaskular penyebab berbagai macam penyakit jantung.

Camilan untuk diet

Jika ingin melakukan diet, kamu bisa mengkonsumsi buah naga sebagai camilan. Sebab buah naga mengandung serat yang sangat baik untuk tubuh. Mengkonsumsi buah naga secara teratur juga membuat perut terasa kenyang tanpa takut tubuh akan melar.

Manfaat Buah Avokad

Memiliki kandungan karbohidrat, lemak, serat diet dan protein membuat avokad banyak diminati orang. Selain karena kandungannya, buah yang satu ini juga bisa diolah menjadi makanan manis atau makanan asin.

Menurunkan kolestrol

Manfaat buah avokad yang pertama yaitu dapat menurunkan kolestrol LDL atau kolestrol jahat. Selain itu, manfaat buah avokad juga bisa menaikkan kolestrol HDl yaitu kolestrol baik.

Mencegah peradangan

Selain nikmat, avokad juga memiliki nutrisi yang dapat mencegah peradangan. Manfaat ini tentunya bisa mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada tubuh.

Meningkatkan berat badan

Jika kamu ingin gemuk, manfaat buah avokad yang satu ini pastinya sangat menguntungkan. sebab, avokad mengandung kalori yang cukup, serta nutrisi yang dapat menaikkan berat badan. (mut)

( Jossi Andriani/ dikutip dari Liputan6.com dan Merdeka.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya segar, buah naga kaya akan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit ringan hingga kronis.

Baca Selengkapnya
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

Beberapa buah terkenal karena kandungan vitamin, serat, mineral dan senyawa pelindungnya yang jauh lebih tinggi. Yuk, simak 15 buah yang paling menyehatkan!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Keju tidak hanya bisa membuat rasa makanan jadi lebih gurih. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan setelah menyantapnya.

Baca Selengkapnya
Rutin Minum Jahe Setiap Hari, Rasakan 5 Manfaatnya

Rutin Minum Jahe Setiap Hari, Rasakan 5 Manfaatnya

Jahe tidak hanya bisa menambah rasa pada makanan, tapi juga memiliki beragam manfaat kesehatan.

Baca Selengkapnya
Manfaat Selada untuk Kesehatan, Ini Tips Mengkonsumsinya

Manfaat Selada untuk Kesehatan, Ini Tips Mengkonsumsinya

Selada adalah salah satu jenis sayuran paling populer dan disukai. Yuk, simak fakta lengkap tentang manfaat selada!

Baca Selengkapnya
Rutin Minum Air Kelapa untuk Menjaga Fungsi Otot

Rutin Minum Air Kelapa untuk Menjaga Fungsi Otot

Tak hanya segar, ternyata air kelapa juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Air kelapa juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Baca Selengkapnya
Manfaat Mencuci Beras Sebelum Dimasak untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Mencuci Beras Sebelum Dimasak untuk Kesehatan Tubuh

Sebelum mengolah beras, muncul pertanyaan apakah lebih baik segera memasaknya atau melakukannya pencucian terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya