Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

15 Cara Merawat Gigi Berlubang, Berbehel, dan Gigi Palsu

15 Cara Merawat Gigi Berlubang, Berbehel, dan Gigi Palsu Ilustrasi (Shutterstock.com)

Dream - Gigi merupakan bagian penting pada tubuh manusia. Karena gigi menentukan makanan yang masuk pada tubuh. Kesehatan gigi dan mulut pastinya harus dijaga agar makanan yang masuk ke mulut tetap bersih dan sehat.

Banyak orang yang menyepelekan kebersihan gigi sampai memiliki karang gigi yang menumpuk pada giginya. Padahal gigi dan mulut yang bersih juga bisa menentukan kesehatan orang loh.

Yuk mulai memeperhatikan kebersihan gigi dan mulut dengan cara merawat gigi berikut.

Cara Merawat Gigi Berlubang

Makanan manis dan jarang membersihkan gigi bisa jadi merupakan penyebab dari gigi berlubang. Gigi berlubang pasti bisa meninggalkan rasa sakit yang teramat sangat saat menggigit makanan bahkan saat tidak melakukan pergerakan apapun pada gigi. Gigi berlubang juga merupakan tanda adanya pembusukan pada gigi yang harus segera ditangani.

Pasta gigi berfluoride

Guanakan pasta gigi berfluoride saat kamu sedang menyikat gigi. Karena, flouride dalam pasta gigi mampu mencegah gigi berlubang dan juga bisa membantu mengatasi lubang pada gigi yang masih kecil sehingga lubang pada gigi bisa diatasi dengan cepat.

Menambal gigi

Untuk mencegah lubang di gigi semakin membesar dan mengurangi rasa sakit, ada baiknya kamu menambal gigimu sebagai cara merawat gigi. Menambal gigi juga perlu kamu kamu perhatikan, sebab ada tambalan yang sementara dan juga permanen.

Dental sealant

Pikirkan untuk menggunakan dental sealant atau lepisan pelindung yang ditempelkan pada permukaan gigi graham. Hal ini pastinya akan melindungi gigi dari bakteri yang ada di makanan dan akan mengurangi penyebab gigi berlubang.

Cara Merawat Gigi Berbehel

Menggunakan behel untuk merapikan gigi kini sudah tak asing lagi ditemui. Banyak orang yang menggunakna behel untuk merapikan gigi bahkan juga gusi. Tentunya gigi dengan behel ini harus dirawat dengan baik. Yuk perhatikan cara merawat gigi berbehel berikut

Gunakan sikat gigi khusus gigi berbehel

Penggunaan sikat gigi khusus unutk gigi berbehel sangat berguna untuk membersihkan gigi. Karena sikatnya lebih lembut dan lebih kecil dari sikat gigi biasa. Sehingga mempermudah kotoran untuk lepas dari sela gigi.

Dental floss

Dental floss juga sangat berguna untuk digunakan saat kamu sedang memakai behel. Benang yag ada pada dental floss mampu membersihkan sela gigi dan behelmu dari sisa makanan. Hal ini sangat mudah digunakan dan juga sebagai cara merawat gigi berbehel dengan cepat.

Wax orthodonty

Wax orthodonty digunakan untuk melindungi gusi agar tidak tergores atau tertusuk ujung kawat behel. Saat kawat behel sudah mulai memanjang karena gigi semakin merapat, kamu bisa menggunakan wax orthodenty sebagai cara merawat gigi berbehel.

Cara Merawat Gigi Palsu

Kebanyakan orang tua menggunaka gigi palsu untuk mengganti gigi yang sudah tidak ada untuk membantu mengunyah makanan. Penggunaan gigi palsu ini tentunya juga harus dijaga loh. Ini dia cara merawat gigi palsu untuk kamu yang menggunakan gigi palsu

Bersihkan gigi palsu setelah makan

Membersihkan gigi palsu setelah makan sangatlah penting agar gigi palsu tidak menjadi sarang bakteri dan kuman. Gunakan pasta gigi dan sikat gigi khusus berbulu lembut untuk membersihkan gigi palsu.

Rendam gigi palsu

Saat tidur atau saat tidak menggunakan gigi palsu sebaiknya direndam menggunakan air yang dicampur oleh cairan pembersih khusus gigi palsu. Hal ini dilakukan agar gigi palsu tetap lembab dan tidak kehilangan bentuk aslinya. Hindari merendam dengan air panas karena bentuknya bisa berubah dan membuat gigi palsu berlubang.

Berhati-hati saat memegang gigi palsu

Saat gigi palsu jatuh atu terbentur, gigi palsu bia kehilangan bentuk aslinya bahkan bisa rusak dan patah. Untuk mengantisipasi pecahnya gigi palsu, kamu bisa melapisi wastafel dengan handuk saat sedang menucinya.

Cara Merawat Gigi Balita yang Rusak

Anak kecil sering kali memiliki gigi yang menghitam dan juga rusak. Hal ini disebabkan oleh jarangnya membersihkan gigi dan juga seringnya makan makanan yang manis. Yuk pahami cara merawat gigi balita agar gigi tetap tumbuh bersih dan sehat.

Sikat gigi

Ajari anak untuk sikat gigi secara rutin setia pagi dan sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk membuat gigi tetap kuat dan sehat. Terutama saat malam hari, dan jelaskan apa yang akan terjadi jika tidak rutin menyikat gigi.

Kurangi makanan manis

Makanan manis sering menyebabkan gigi balita rusak. Kandugan glukosa pada makanan manis terutama yang mengendap dan tidak dibersihkan dengan cepat menyebabkan gigi bisa membusuk dan terjadi kerusakan.

Rutin ke dokter gigi

Ajak anak untuk rutin ke dokter gigi. Buat anak tidak takut untuk mengunjungi dokter gigi, karena kunjungan rutin ke dokter gigi sesungghnya sangat baik dan sangat diperlukan anak-anak maupun orang dewasa sebagai cara merawat gigi.

Cara merawat gigi tentunya banyak sekali, kamu bisa pilih mulai dari yang paling mudah menurutmu. Jangan lupa siakt gigi secara rutin ya!

( Jossi Andriani / dikutip dari berbagai sumber)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Ampuh dan Alami, Cukup Pakai 2 Bahan Ini

Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Ampuh dan Alami, Cukup Pakai 2 Bahan Ini

Masalah perubahan warna gigi menjadi kuning seringkali membuat orang tidak percaya diri. Yuk, simak cara alami memutihkan gigi ini!

Baca Selengkapnya
10 Rekomendasi Gamis Pria Terbaik dan Terbaru 2024, Maksimalkan Penampilan di Lebaran

10 Rekomendasi Gamis Pria Terbaik dan Terbaru 2024, Maksimalkan Penampilan di Lebaran

Rekomendasi gamis pria untuk lebaran terbaru di tahun 2024 agar penampilan makin modis dan trendi.

Baca Selengkapnya
Stop Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Gigi Berlubang

Stop Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Gigi Berlubang

Ternyata menyikat gigi setelah bangun tidur dapat membuat gigi menjadi kurang sehat

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
8 Arti Mimpi Gigi Palsu Copot, Pertanda Kurang Pede dengan Penampilan Fisik?

8 Arti Mimpi Gigi Palsu Copot, Pertanda Kurang Pede dengan Penampilan Fisik?

Ada orang yang menganggap mimpi ini membawa pertanda baik, namun ada pula yang menganggapnya sebagai pertanda buruk.

Baca Selengkapnya
10 Rekomendasi Terbaik Pasta Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang Terbaru 2024

10 Rekomendasi Terbaik Pasta Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang Terbaru 2024

Rekomendasi pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang dengan kualitas terbaik di 2024.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Mukena Bordir untuk Lebaran 2024, Auto Jadi Cantik

Cara Memilih Mukena Bordir untuk Lebaran 2024, Auto Jadi Cantik

Tips dalam memilih mukena bermotif bordir dengan tepat agar pas saat dipakai dan penampilan makin cantik saat lebaran 2024.

Baca Selengkapnya
Pentingnya Gosok Gigi saat Berpuasa, Kapan Sebaiknya Dilakukan?

Pentingnya Gosok Gigi saat Berpuasa, Kapan Sebaiknya Dilakukan?

Meskipun tak mengonsumsi apapun, orang berpuasa tetap harus menggosok gigi agar terhindar dari kuman.

Baca Selengkapnya
Bikin Tetap Awet dan Nggak Gampang Koyak, Ternyata Begini Cara Mencuci Hijab yang Benar

Bikin Tetap Awet dan Nggak Gampang Koyak, Ternyata Begini Cara Mencuci Hijab yang Benar

Cara mencuci hijab yang benar, biar tetap awet dan nggak gampang koyak.

Baca Selengkapnya