15 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami dan Cepat

Fresh | Rabu, 11 September 2019 14:42
15 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami dan Cepat

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Rambut merupakan sebuah mahkota yang indah bagi setiap wanita. Yuk simak informasi cara memanjangkan rambut berikut ini.

Dream – Memiliki rambut yang panjang dan terawar merupakan impian bagi setiap kalangan wanita. Jika diibaratkan, rambut merupakan salah satu mahkota terindah yang dimiliki oleh setiap wanita. Apalagi jika memiliki rambut panjang.

Sayangnya, tidak sedikit dari kalian yang justru memiliki rambut yang pendek. Tidak hanya karena ingin memotongnya pendek, terkadang para wanita sengaja memotongnya agar rambut tidak bermasalah lagi.

Seperti yang sudah diketahui, memiliki rambut panjang kerap akan terjadi berbagai masalah jika tidak dirawat dengan baik.

Namun, seringkali setiap akan mulai memanjangkannya, kalian akan mengalami kesulitan. Penyebab utama sulitnya dalam memanjangkan rambut adalah karena adanya berbagai macam pemicu terjadinya penghambatan pertumbuhan rambut.

Pemicu itu bisa berupa kurangnya merawat rambut atau bahkan rambut yang terlalu sering terpapar sinar matahari atau bahan kimia.

Tidak heran jika banyak sekali orang yang melakukan cara apapun agar rambut mereka kembali panjang seperti sedia kala.

Meskipun sudah dilakukan berbagai cara bahkan pergi ke dokter khusus, masih saja beberapa orang yang tidak berhasil. Tidak perlu khawatir, berikut informasi cara memanjangkan rambut: 

2 dari 6 halaman

1. Hindari Rambut Keramas Setiap Hari

 15 Cara Memanjangkan Rambut secara Alami dan Cepat

Cara memanjangkan rambut yang pertama adalah dengan menghindari melakukan aktivitas keramas setiap harinya.

Kok bisa sih? Dengan keramas setiap hari, minyak alami yang ada di kulit kepala kalian akan hilang. Sehingga menyebabkan rambut menajdi kering serta tidak akan tumbuh dengan baik.

Jika ingin memanjangkan rambut, sebaiknya keramaslah setidaknya 2 atau 3 hari sekali. Selain itu, gunakanlah air dingin pada saat keramas sebab mampu melembutkan kutikula.


2.    Hindari Stres

Selanjutnya adalah dengan menghindari diri kalian merasa stress. Perlu untuk diketahui, stress dipercaya mampu mempengaruhi siklus pertumbuhan alami pada rambut.

Semakin stres kalian maka pertumbuhan rambut akan mengalami perlambatan. Jika kalian kesulitan dalam mengendalikan perasaan stres, cobalah untuk melakukan meditasi ataupun yoga.

Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa memperbanyak waktu tidur serta melakukan pernafasan dalam sesekali.


3.    Hindari Membungkus Rambut Basah dengan Handuk

Siapa nih yang kebiasaan membungkus rambut basah? Jika kalian ingin memiliki rambut panjang, sebaiknya kurangi dan hindari kebiasaan ini ya Sahabat Dream.

Kebiasaan itu mampu merusak rambut menjadi kusut, serta batang rabut menjadi rusak. Apalagi jika kalian memliki jenis rambut yang kering serta sulit untuk diatur.

Untuk itu, sebaiknya kurangi dan hindari kebiasaan ini agar tidak menganggu pertumbuhan rambut.

3 dari 6 halaman

4. Hindari Penggunaan Hairdryer untuk Rambut

Dikenal akan keefisien dan kepraktisannya, hairdryer terbukti mampu memicu kerusakan pada rambut kalian.

Terlalu sering rambut terpapar udara panas maka semakin lama rambut menjadi mudah rontok, patah hingga kering.

Kondisi itu akan membuat kalian kesulitan dalam memanjangkan rambut. Akan lebih baik, jika kalian hanya menggunakan kipas angin dalam mengeringkan rambut.


5.    Kurangi Aktivitas Berenang

 15 Cara Memanjangkan Rambut secara Alami dan Cepat


Apakah kalian hobi berenang? Jika iya, jangan heran apabila rambut kalian susah sekali untuk panjang.

Kolam renang pada umumnya mengandung kaporit yang digunakan untuk menjernihkan air.

Sayangnya, kaporit itu merupakan salah satu bahan kimia yang bisa merusak rambut kalian serta mengganggu laju pertumbuhan rambut.

Bagi yang tidak bisa mengurangi berenang, sebaiknya gunakanlah selalu tutup pelindung kepala pada saat renang. Jika tidak, selalu gunakan sampo dan kondisioner sesaat setelah selesai berenang.

6.    Kurangi Kebiasaan Menyisir Rambut Saat Basah

Sebenarnya, sisir merupakan salah satu barang atau alat yang bisa digunakan untuk memanjangkan rambut. Namun, tidak semua kondisi akan mendapatkan manfaat itu.

Salah satu aktivitas yang kerap dilakukan tapi justru memperoleh akibatnya adalah menyisir rambut ketika basah. Apalagi menggunakan sisir bergigi rapat.

Sebaiknya jika kalian tetap ingin melakukannya, gunakanlah sisir bergigi jarang. Sebab sisir itu jauh lebih lembut daripada sisir lainnya.

4 dari 6 halaman

7. Kurangi Paparan Bahan Kimia ke Rambut

Di era milineal ini, sudah banyak sekali produk kecantikan rambut yang beredar. Mulai dari vitamin hingga cat warna rambut.

Namun, dari semua produk itu masih banyak yang menggunakan bahan kimia tertentu. Beberapa contoh dari produk tersebut adalah seperti gel, serum, volumizer hingga cat warna rambut.

Untuk itu, sebaiknya kurangi kebiasaan menggunakan produk yang mengandung bahan kimia pada saat sedang menata ramabut kalian.


8.    Menggunakan Kondisioner Ketika Keramas

Cara memanjangkan rambut yang cepat dan efektif adalah dengan menggunakan kondisioner di setiap kalian keramas. Kondisioner merupakan salah satu produk perawatan rambut, yang mampu untuk menjaga kelembapan sel rambut serta menjaga kutikula rambut.

Meskipun begitu, gunakanlah kondisioner minimal 1 kali setiap minggunya serta jagan pernah menggunakannya pada kulit kepala kalian.


9.    Menggunakan Minyak Esensial

 15 Cara Memanjangkan Rambut secara Alami dan Cepat


Tidak hanya menggunakan kondisioner saja, kalian juga bisa menggunakan minyak esensial pada rambut.

Tujuannya, agar bisa memenuhi nutrisi rambut dengan lebih baik. Hal ini pula yang menjadikannya sebagai salah satu cara memanjangkan rambut yang cepat dan efisien.

Selain itu, minyak esensial juga mampu utnuk menguatkan akar rambut serta meningkatkan pertumbuhan rambut kalian.

5 dari 6 halaman

10. Menggunakan Vitamin Rambut

Vitamin rambut memiliki peranan sangat penting dalam cara memanjangkan rambut.

Bagaimana tidak? Vitamin rambut memang pada dasarnya dirancang untuk bisa memenuhi nutrisi dari akar rambut hingga ujung rambut.

Ditambah saat ini, banyak sekali vitamin rambut yang telah dirancang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.


11.    Menggunakan Minyak Kelapa

 15 Cara Memanjangkan Rambut secara Alami dan Cepat


Tahukah kalian? Selain digunakan untuk memasak, minyak kelapa juga bisa membuat rambut menjadi panjang dengan cepat.

Tidak hanya itu saja, kandungan asam lemak yang ada di minyak kelapa mampu memberikan perbaikan para rambut yang rusak serta mudah patah.

Kalian hanya perlu mengoleskan saja secara menyeluruh pada kulit kepala serta rambut.


12.    Menggunakan Masker Putih Telur

Selain dikenal mampu membuat kulit wajah menjadi cerah, putih telur juga bisa digunkan sebagai salah satu cara memanjangkan rambut. Pasalnya, putih telur mmeiliki kandungan nutrisi yang salah satunya bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Cukup dengan mencampurkan sedikit minyak zaitun pada putih telur, nantinya rambut kalian akan semakin memanjang.

6 dari 6 halaman

13. Perhatikan Asupan Makanan

Terlepas dari beberapa kebiasaan yang perlu diperhatikan, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga sangat penting untuk diperhatikan.

Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang menagndung vitamin A dan vitamin B. Kedua vitamin itu bisa kalian temukan pada kacang-kacangan serta beberapa jenis sayuran.

Vitamin itu mampu merangsang laju pertumbuhan rambut langsung dari akarnya.


14.    Menjaga Kelembapan Rambut


Menjaga kelebapan rambut juga merupakan suatu hal yang penting sebagai salah satu cara memanjangkan rambut.

Hal itu bertujuan agar rambut tetap memiliki keelastisitas yang sempurna sehingga tidak mudah patah. Kalian bisa mencoba rutin menggunakan masker rambut minimal 1-3 kali di setiap minggunya.

Jika memiliki rambut yang tebal dan cenderung kasar, lebih baik gunakanlah masker rambut sesering mungkin.


15.    Mengosumsi Makanan Tinggi Protein

 15 Cara Memanjangkan Rambut secara Alami dan Cepat


Perlu untuk diketahui, rambut terdiri dari keratin atau asam amino yang mengandung protein untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Tidak heran jika semakin sedikit kalian mendapatkan asupan protein, maka semakin sedikit pula keratin di produksi.

Untuk itu, bagi kalian yang menginginkan memiliki rambut panjang sebaiknya tingkatkan konsumsi makanan dengan tingkat protein yang tinggi.

(ism, Sumber: hellosehat dan doktersehat)

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id