14 Manfaat Kerjasama untuk Tingkatkan Produktivitas dan Loyalitas dalam Tim

Fresh | Rabu, 24 November 2021 06:12

Reporter : Arini Saadah

Manfaat kerjasama memungkinkan rekan kerja untuk saling mengenal lebih baik dan membangun relasi sosial yang kuat.

Dream - Manfaat kerjasama sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dalam sebuah tim. Kerjasama akan terjadi jika dua orang atau lebih bersama-sama menggunakan pemikiran, ide, dan tindakannya untuk mencapai tujuan bersama.

Setiap orang di mana pun berada pasti memerlukan kerjasama. Manfaat kerjasama bisa memberi keuntungan bagi individu maupun kelompok. Sebab dengan kerjasama, beban yang dimiliki akan jadi lebih ringan. Tentu saja manfaat kerjasama juga tidak lepas dari kehidupan sosial.

Manfaat kerjasama sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Manfaat kerjasama bisa menyatukan orang-orang dengan beragam kemampuan untuk mencapai tujuan bersama. Pada akhirnya manfaat kerjasama bisa membuat kerja tim berhasil.

Agar lebih jelasnya, berikut manfaat kerjasama dalam tim yang bisa meningkatkan produktivitas, dirangkum Dream dari berbagai sumber.

14 Manfaat Kerjasama untuk Tingkatkan Produktivitas dan Loyalitas dalam Tim
Kerjasama Dalam Tim/ Foto: Shutterstock
2 dari 8 halaman

1. Pemecahan Masalah yang Lebih Mudah

 Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat kerjasama salah satunya bisa mendorong proses pemecahan masalah jadi lebih mudah. Sebab dengan adanya kerjasama, ide yang datang dari beragam perspektif orang lain sangat membantu dalam pemecahan masalah.

Kerjasama digunakan untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Di saat sekelompok orang mengumpulkan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian mereka, untuk kemudian membicarakan masalah dan memperdebatkan solusi potensial, maka proyek yang terhenti akan mulai bergerak maju sekali lagi.

2. Pekerjaan Jadi Cepat Selesai

Manfaat kerjasama yang tak kalah penting adalah membuat pekerjaan akan cepat selesai. Pekerjaan mungkin bisa diselesaikan seorang diri, tapi membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama. Akan tetapi jika dilakukan bersama, pekerjaan akan lebih cepat selesai karena ada saling tolong menolong antar anggota tim.

3 dari 8 halaman

3. Saling Belajar

Manfaat kerjasama yang tak kalah positif adalah tiap individu akan saling belajar. Saat kerjasama berlangsung, tiap individu bekerja secara kolaboratif dengan orang-orang yang membawa keahlian dan latar belakang berbeda.

Berangkat dari sini, seorang individu akan belajar dari kesalahan, keberhasilan, kegagalan, alur kerja, dan lainnya. Tim yang berkolaborasi tidak hanya memiliki kesempatan untuk saling belajar, mereka juga akan memperoleh pemahaman tentang perspektif tim lain.

4. Mendekatkan Satu Sama Lain

Tak hanya itu, manfaat kerjasama juga membantu mendekatkan antara individu yang satu dengan yang lainnya. Jika kamu menemukan ada orang yang jarang berinteraksi satu sama lain, dengan kerjasama, komunikasi akan terjalin dan kedekatan akan terbentuk.

4 dari 8 halaman

5. Menekan Sikap Egois

Seringkali sikap egois tumbuh dari keinginan untuk selalu mementingkan diri sendiri. Sikap seperti ini akan menghambat proses bersosialisasi. Lantaran sikap egois akan membuat kamu kehilangan simpati dan empati dalam diri.

Dengan adanya kerjasama, sikap egois dari seorang individu akan bisa ditekan bahkan dihilangkan. Dengan sering bekerja bersama orang lain, Sahabat Dream bisa lebih mengenal setiap individu lain hingga bisa menghargai perbedaan yang ada.

6. Meningkatkan Produktivitas

Selanjutnya, manfaat kerjasama yang bisa dirasakan adalah meningkatnya produktivitas. Ketika akan mulai bekerjasama secara kolaboratif, produktivitas tim secara keseluruhan kemungkinan akan meningkat.

Orang akan merasa seolah-olah mereka adalah bagian dari kelompok yang lebih besar. Mereka akan lebih cenderung memiliki rasa loyalitas dan memiliki kelompok. Mereka akan memberikan upaya yang lebih baik agar tidak mengecewakan kelompok.

5 dari 8 halaman

7. Keterlibatan Meningkat

 Ilustrasi© Pexels.com

Biasanya seseorang melakukan yang terbaik ketika mereka merasa seolah-olah kontribusi mereka dihargai dan dihargai. Dengan kerja sama, tiap orang akan dilibatkan dalam proyek yang dikerjakan.

Saat bekerja dalam tim, seseorang dapat melihat bagaimana upaya mereka berkontribusi pada keberhasilan organisasi secara keseluruhan yang juga memberikan kepuasan kerja yang lebih tinggi.

8. Tercipta Suasana Positif

Manfaat kerjasama memungkinkan rekan kerja untuk saling mengenal lebih baik dan membangun hubungan sosial yang kuat. Manfaat kerjasama ini bisa memungkinkan setiap orang untuk dihargai atas kemampuannya. Dengan demikian hal ini bisa menciptakan suasana kerja yang lebih positif dan santai.

6 dari 8 halaman

9. Tidak Adanya Hierarki Vertikal

Manfaat kerjasama yang selanjutnya adalah menghilangkan hirarki vertikal dalam jabatan. Biasanya sesorang mungkin ragu untuk mendekati orang lain dalam organisasi yang sama dikarenakan jabatan.

Dengan kerjasama, hierarki vertikal ini dapat dihilangkan. Saat kerjasama diterapkan, hierarki vertikal tidak lagi menjadi penghalang untuk berbagi atau mendengarkan ide Setiap orang memiliki kesempatan untuk berbagi pemikiran mereka.

10. Pekerjaan Lebih Efisien

Manfaat kerjasama yang tak kalah penting adalah membuat pekerjaan lebih efisien. Mungkin bagi sebagian orang bekerja secara mandiri lebih menyenangkan.

Hal ini karena kamu dapat fokus sepenuhnya pada satu proyek tanpa harus mempertimbangkan berapa banyak waktu yang akan hilang jika terganggu, atau bagaimana membuat tim bekerjasama tepat waktu untuk memenuhi tenggat waktu yang singkat.

Untuk pekerjaan proyek tertentu, kerja sama akan jauh lebih efisien. Ketika proyek itu rumit dan menuntut, kamu harus bisa mengakui pada diri sendiri bahwa kamu membutuhkan bantuan. Di situlah kolaborasi masuk. Ini membantu membagi beban kerja yang berat, menemukan solusi kreatif untuk masalah sulit, dan memahami gambaran besarnya.

7 dari 8 halaman

11. Menurunkan Biaya

 Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat kerjasama juga akan menurunkan biaya pengeluaran. Contohnya saja nih ya, saat kamu memiliki proyek membuat video namun tidak bisa melakukannya sendiri, kamu bisa bekerjasama dengan teman untuk meminta bantuan membuat atau mengajari cara membuatnya.

12. Menciptakan Rasa Loyalitas

Individu yang merasa dihargai oleh orang lain bahwa mereka berkontribusi cenderung memiliki loyalitas tinggi dalam sebuah tim. Contohnya, ketika karyawan bekerja dalam tim dan kontribusi mereka dihargai oleh atasan dan rekan lainnya, karyawan tersebut merasa lebih setia kepada perusahaannya.

8 dari 8 halaman

13. Menumbuhkan Keberanian

Setiap kegiatan pasti memiliki risiko. Risiko merupakan salah satu hal yang paling dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Saat sendiri, kemungkinan kamu akan lebih banyak takut untuk mengambil langkah. Namun jika dilakukan dengan kerjasama bareng orang lain, keputusan bisa diambil dengan lebih mudah apalagi jika punya tim yang solid. 

Risiko yang awalnya merupakan sumber ketakutan oleh individu, bisa jadi dianggap sebagai peluang bagi anggota tim yang punya keterampilan dalam mengatasinya. Dengan begitu, kamu akan lebih berani ketika punya sebuah tim yang siap mengambil risiko bersama-sama.

14. Membuka Pintu Relasi

Manfaat kerjasama juga bisa membuka pintu relasi lho, Sahabat Dream. Bekerja dengan orang-orang baru juga membuka saluran yang awalnya tertutup. Seseorang bisa menemukan cara baru untuk berkomunikasi dan berbagi informasi yang mana sangat penting untuk menjalin relasi. Hal ini yang menyebabkan kerjasama harus digunakan bila memungkinkan untuk membentuk ikatan silaturahmi.

 

Join Dream.co.id