Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

14 Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

14 Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih 14 Cara Menghilangkan Bau Badan Dan Keringat Berlebih (Foto: Shutterstock)

Dream - Manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial yang ditakdirkan untuk bersosialisasi dengan sesamanya. Bersosialisasi atau menjalin hubungan memang gampang-gampang susah terutama buat kamu yang bertipe introvert.

Selain itu ada kalanya kamu menghadapi masalah personal saat bersosialisasi seperti bau badan.

Dikenal dengan istilah bromihidrosis, bau badan timbul ketika bakteri yang berada di tubuh bertemu dengan keringat yang tidak memiliki bau dan berkembang biak. Bau yang dihasilkan merupakan pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit.

Banyak metode yang bisa kamu lakukan jika memiliki msalah bau badan. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara alami.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Kamu bisa menghilangkan bau badan dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kamu atau bisa dibilang secara alami. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau badan secara alami.

Daun kemangi

Cara menghilangkan bau badan secara alami pertama bisa menggunakan daun kemangi. Minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan ada dalam kemangi. Selain itu kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik. Caranya cukup mudah, kamu bisa memakannya langsung sebagai lalapan. Cukup dengan segenggam kemangi setiap pagi dan sore.

Temulawak

Temulawak juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida. Maka dari itu temulawak bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan secara alami. Caranya cukup mudah, pertama parut temulawak sampai halus. Beri air sambil diperas. Tambahkan 1 sdt madu untuk menghilangkan baunya. Kemudian minum air perasan temulawak tersebut.

Jeruk purut

Jeruk purut bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan selanjutnya. Asam jeruk purut memiliki puluhan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, sodium, dan kalsium. Caranya yaitu dengan memeras 1 buah jeruk purut lalu campur dengan segelas air. Minum 2 kali sehari secara rutin.

Jahe

Jahe ternyata mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Minyak atsiri dalam jahe berguna sebagai penghilang bau badan. Maka dari itu, jahe sangat cocok digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan secara alami. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara rutin akan membantu menghilangkan bau badan.

Daun sirih

Cara menghilangkan bau badan secara alami terakhir yaitu dengan daun sirih. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan dalamnya. Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten ada pada daun sirih. Daun sirih ini jadi cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat. Caranya cukup mudah, pertama ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air. Kemudian campurkan pada bak air yang kamu gunakan untuk mandi. Terakhir mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut.

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

Keringat berlebih memang bisa menjadi penyebab bau badan pada tubuh kita. Berkeringat adalah salah satu proses alami tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar. Caranya dengan mengeluarkan cairan yang mengandung garam melalui kelenjar keringat. Lain halnya dengan keringat berlebih yang cenderung terjadi tanpa adanya pemicu, kondisi ini disebut dengan hyperhidrosis dan biasanya terjadi karena adanya penyakit tertentu.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keringat berlebih. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh keringat berlebih.

Pakai baju tipis yang menyerap keringat

Baik untuk tidur, bepergian, maupun saat berolahraga, pastikan bajumu dibuat dari bahan yang mudah menyerap keringat. Misalnya baju dan celana dari katun. Usahakan untuk memilih baju dari 100% katun asli karena kemampuannya menyerap keringat sangat baik. Hindari pakaian dari bahan sintetis atau polyester yang tidak bisa menyerap kelembapan.

Stres

Stres bisa membuat makin berkeringat. Karena itu, kamu harus belajar teknik mengendalikan stres serta emosi negatif. Misalnya dengan cara meditasi, yoga, menikmati suasana alam, menarik napas dalam, atau berkonsultasi dengan terapis psikologi.

Berhenti merokok

Merokok akan memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras membuang berbagai zat beracun seperti nikotin. Hal ini akan memicu kelenjar keringat untuk terus memproduksi keringat berlebih. Jadi, berhenti merokok adalah cara mengatasi keringat berlebih yang sangat ampuh.

Menjaga berat badan ideal

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas akan memerlukan energi lebih besar untuk bergerak dan beraktivitas. Akibatnya, suhu tubuh akan lebih cepat naik dan berkeringat lebih banyak. Karena itu, pastikan menjaga agar berat badan tetap ideal.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Cepat

Pola hidup yang baik juga bisa mengatasi bau badan. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau badan dengan pola hidup yang baik.

Sabun antibakteri

Sabun antibakteri bisa menjadi cara menghilangkan bau badan. Carilah sabun yang tertulis kata "antibakteri" pada kemasannya.

Keringkan badan dengan benar

Setelah kamu mandi, segera keringkan tubuh dengan benar. Pastikan daerah yang berkeringat telah kering dengan sempurna. Ini adalah salah satu cara menghilangkan bau badan yang penting untuk diketahui. Karena bakteri yang menyebabkan bau badan memiliki waktu yang sulit untuk berkembang biak jika kulit kamu kering.

Pakaian yang bersih

Pakaian yang bersih bisa menjadi cara menghilangkan bau badan berikutnya. Pastikan kamu mencuci pakaian secara teratur. Tidak hanya itu, kamu juga disarankan untuk memilih pakaian yang sesuai dengan aktivitas. Untuk pakaian sehari-hari, pilih kain atau bahan alami, seperti katun, wol, dan sutra. Hal itu memungkinkan kulit untuk bernapas.

Hindari makanan pedas

Makanan pedas bisa membuat keringat yang keluar dari tubuh kita menjadi bau. Maka dari itu, menghindari makanan pedas bisa menjadi cara menghilangkan bau badan.

Menjaga kebersihan diri

Mandilah setidaknya satu kali sehari atau lebih saat hari-hari sedang panas. Hal itu dapat membasuh keringat dan mengurangi jumlah bakteri pada kulit. Membersihkan tubuh secara menyeluruh terutama daerah rawan keringat dapat menjadi cara menghilangkan bau badan.

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana

Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana

Mencuci pakaian olahraga terkadang butuh cara khusus agar bau keringatnya menghilang. Kamu bisa gunakan bahan alami untuk membuatnya semakin bersih dan wangi.

Baca Selengkapnya
Coba Saran Dokter, Pakai Deodoran di Malam Hari untuk Tangkal Bau Badan

Coba Saran Dokter, Pakai Deodoran di Malam Hari untuk Tangkal Bau Badan

Mencegah dan mengatasi bau badan tidak selalu sulit. Terkadang, kamu hanya perlu mengubah beberapa kebiasaan untuk membuat bau badan lebih segar.

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Ampuh dan Cepat, Cukup Gunakan 3 Bahan Ini!

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Ampuh dan Cepat, Cukup Gunakan 3 Bahan Ini!

Komedo di area hidung telah menjadi masalah kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan selain jerawat. Yuk, simak cara menghilangkannya!

Baca Selengkapnya
Kulit Kepala Mudah Berbau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Kulit Kepala Mudah Berbau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Kulit kepala berbau bisa disebabkan kondisi medis tertentu dan gaya hidup. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya agar rambut tetap segar.

Baca Selengkapnya
Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Terdapat solusi yang simpel untuk menghilangkan kutu rambut tanpa perlu bahan kimia keras atau produk dengan harga tinggi.

Baca Selengkapnya