13 Macam Gangguan Mental yang Harus Diwaspadai

Fresh | Jumat, 18 Oktober 2019 17:48
13 Macam Gangguan Mental yang Harus Diwaspadai

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Kesehatan fisik memang penting, tapi kesehatan mental tak kalah penting. Berikut ini 13 macam gangguan mental yang wajib kita ketahui untuk antisipasi.

Dream - Kondisi mental yang terganggu akan sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan kehidupan seseorang. Ketika seseorang mengalami gangguan mental, pola hidupnya secara otomatis akan berubah.

Kesehatan mental dipengaruhi banyak hal seperti stigma, kondisi emosi, dan lingkungan. Kemampuan diri untuk mengatur emosi sangat penting untuk menjaga mental seseorang bebas dari berbagai macam gangguan.

Laporan National Institute of Mental Health mencatat perempuan lebih berisiko mengalami gangguan mental dibandingkan pria. Diketahui 1 dari 25 orang dewasa pernah mengalami gangguan mental setiap tahunnya.

Untuk mencegah dan mengatasi gangguan mental, kita harus lebih dulu memahami tipe gangguan mental mana yang sedang dialami.

Lebih jelasnya, simak ulasan mengenai macam gangguan mental umum yang wajib kita ketahui berikut ini.

2 dari 5 halaman

Macam Gangguan Mental dari Emosi hingga Masalah Makan

1. Mood Disorder

Gangguan mental satu ini erat kaitannya dengan emosi dan perasaan yang berlebihan. Misalnya perasaan sedih yang berlebihan dan mendadak berubah menjadi perasaan bahagia berlebihan. Bipolar, Depresi dan Gangguan Clyclothymic adalah beberapa contoh gangguan mental karena emosi berlebihan.

 Macam Gangguan Mental


2. Personality Disorder

Ganggaun mental satu ini bisa disebut sebagai gangguan personalitas atau gangguan kepribadian. Penderita gangguan mental ini biasanya merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru atau suasana baru. Misalnya gangguan OCD Personality, Antisosial dan Paranoid.

3. Anxiety Disorder

Gangguan kecemasan atau anxienty disorder cukup umum terjadi. Gejala yang ditunjukkan biasanya berupa keringat dingin dan detak jantung yang cepat. Phobia, Social Anxiety Disorder, Panic Disorder dan Gangguan Kepanikan Umum, termasuk dalam kategori gangguan mental satu ini.

4. Eating Disorder

Masalah kebiasaan makan yang dipengaruhi emosi termasuk dalam gangguan mental. Misalnya ketakutan makan berlebihan karena khawatir berat badan naik, seperti Anoreksia, Binge Eating Disorder dan Bulimia Nervosa.

3 dari 5 halaman

Macam Gangguan Mental Terkait Kemampuan Kontrol Emosi

5. Psychotic Disorder

Gangguan mental ini berkaitan dengan halusinasi. Penderita Psychotic Disorder biasanya tidak bisa akan berhalusinasi, seolah melihat gambar, mendengar suara atau delusi yang tidak nyata. Biasanya penderita juga kesulitan untuk membedakan kenyataan dengan halusinasi. Contoh kasusnya seperti Schizophrenia.

 Macam Gangguan Mental


6. OCD

Obsessive-compulsive Disorder atau disingkat OCD, merupakan gangguan mental yang cukup umum. Orang yang menderita gangguan mental ini biasanya memiliki pemikiran konstan, mengakibatkan mereka terus melakukan hal yang sama dan berulang setiap harinya. Seakan terobsesi melakukan suatu hal yang berulang dan konstan.

7. Impulse Control Addiction Disorder

Gangguan mental ini cukup menakutkan, di mana seorang penderita Impulse Control Addiction Disorder akan mengalami kesulitan dalam mengontrol emosi dan perilakunya. Gangguan mental ini bisa saja membahayakan penderita dan orang lain. Seperti Kleptomania, Complusive Gambling dan Pyromania.  

4 dari 5 halaman

Macam Gangguan Mental Akibat Stres dan Masalah Gender

8. Post-traumatic Stress Disorder

Penderita gangguan mental satu ini umumnya pernah mengalami kejadian yang meninggalkan luka mendalam. Trauma ini bisa saja terjadi di masa lalu dan terpendam lama tanpa bisa diungkapkan. Terkadang, gangguan mental ini bisa muncul kapan saja dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Trauma yang dialami semisal, pelecehan seksual, melihat kejadian kriminal atau menyaksikan hal mengerikan lainnya.

 Macam Gangguan Mental


9. Stress Response Syndrome

Kalau gangguan mental satu ini masih tergolong ringan. Walau begitu penangan tetap harus dilakukan untuk menghindari gangguan mental yang lebih serius. Penderita Stress Response Syndrom biasanya mengalami tekanan berat akan suatu hal, bisa masalah pekerjaan, keluarga atau hal lain. Gejala gangguan mental ini umumnya baru muncul setelah 3 bulan kejadian.

10. Sexual Gender Disorder

Masalah gender dapat digolongkan sebagai gangguan mental, seperti Gender Identitu, Sexual Dysfunction dan Paraphilia. Penderita Sexual Gender Disorder ini umumnya akan mengalami gangguan hasrat seksual, perubahan penampilan dan perilaku terkait dengan gendernya.

5 dari 5 halaman

Macam Gangguan Mental Terkait Perubahan Perilaku Aneh

11. Dissociative Disorder

Orang yang mengalami gangguan mental Dissociative Disorder umumnya berawal dari gangguan atau perubahan yang pernah dialami sebelumnya. Gangguan ini mempengaruhi ingatan, identitas, dan kesadarannay secara umum. Gangguan mental ini ialah hasil dari kejadian traumatik, bencana atau kecelakaan.

 Macam Gangguan Mental


12. Somatic Symptom Disorder

Gangguan mental ini awalnya bernama Psychosomatic Disorder, yang ditandai dengan gejala fisik yang tak menentu. Tapi ketika diperiksa kesehatan fisiknya, tidak ada masalah atau gangguan secara fisik. Penderita gangguan mental ini berawal dari stres yang berlebihan, menyebabkan pusing, lelah dan merasa tidak enak badan.

13. Tic Disorder

Macam gangguan mental yang terakhir ialah Tic Disorder atau Tourette’s Sydrome. Orang yang menderita gangguan mental ini kerap menunjukan gerak tubuh yang cepat, suka membuat suara, dan perubahan gerak yang cepat tak terkendali.

(Sah, Sumber: Boldsky)

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara
Join Dream.co.id