12 Manfaat Tomat untuk Wajah dan Kesehatan

Fresh | Kamis, 12 Desember 2019 10:12
12 Manfaat Tomat untuk Wajah dan Kesehatan

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Tomat memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk tubuh

Dream - Banyak bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk merawat wajah dan kesehatan. Salah satunya adalah tomat. Bahan alami ini banyak digunakan dalam produk perawatan tubuh.

Selain itu, tomat juga sangat nikmat saat diolah menjadi makanan. Tomat memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh.

Kandungan dalam tomat antara lain: karotenoid, lutein, likopen, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, dan folat. Berbagai macam kandungan ini yang membuat tomat memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Sahabat Dream pasti penasaran dengan manfaat apa saja yang bisa diberikan tomat. Untuk itu berikut manfaat tomat yang harus penting ketahui!

2 dari 5 halaman

Manfaat Tomat untuk Wajah

Banyak produk perawatan wajah yang menggunakan tomat sebagai salah satu kandungannya. Hal ini membuktikan bahwa tomat memiliki banyak manfaat baik untuk wajah. Penasaran apa saja? Berikut manfaat tomat untuk wajah yang harus kamu ketahui!

Merawat Wajah

 Cermat Memilih Produk Pembersih Demi Kulit Wajah Sehat

Manfaat tomat untuk wajah adalah sebagai bahan untuk merawat wajah. Kandungan anti-oksidan pada tomat sering disebut dengan likopen yang dapat menangkal radikal bebas.

Zat tersebut dapat membuat wajah tampak lebih cerah dan berseri. Selain itu, tomat juga dapat dimanfaatkan sebagai tabir surya untuk mengurangi kerusakan pada wajah akibat sinar UV. Kamu dapat mengaplikasikan tomat yang sudah kamu hancurkan pada wajah untuk melakukan perawatan rutin.

Melawan Jerawat

Manfaat tomat untuk wajah adalah sebagai bahan alami untuk melawan jerawat. Tomat mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan 1 buah tomat
- Potong tomat menjadi 2 bagian
- Iris tipis-tipis tomat
- Usapkan tomat pada wajah hingga rata
- Diamkan selama 20 menit hingga kering
- Bersihkan dengan air bersih

Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat tomat untuk wajah adalah sebagai bahan alami untuk mengencangkan kulit wajah. Tomat mengandung lycopene yang dapat mencegah radikal bebas pada kulit sehingga kulit wajah terhindar dari kerutan. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan 1 buah tomat
- Hancurkan tomat hingga halus
- Aplikasikan pada bagian bawah mata
- Biarkan selama 30 menit
- Bersihkan dengan air

3 dari 5 halaman

Manfaat Masker Tomat

Tomat biasanya sering kita temukan dalam kandungan masker wajah. Kamu pasti ingin mengetahui manfaat apa saja yang dapat diberikan tomat sebagai masker wajah. Berikut kami berikan informasi manfaat masker tomat khusus untuk kamu!

Mengecilkan Pori-Pori

 5 Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Calon Pengantin

Manfaat masker tomat adalah untuk mengecilkan pori-pori. Masalah pori-pori membesar sering menimbulkan masalah wajah lain seperti jerawat dan kulit berminyak. Namun kamu bisa menggunakan masker tomat untuk mengatasinya. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan tomat
- Tumbuk tomat hingga halus
- Aplikasikan pada wajah sebagai masker wajah
- Biarkan selama 30 menit
- Bersihkan dengan air

 

Melawan Jerawat Batu

Manfaat masker tomat adalah untuk melawan jerawat batu. Kandungan tomat dapat membantu memberikan nutrisi pada kulit dan mengurangi jerawat batu. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

- Siapkan tomat
- Potong tomat menjadi 2 bagian
- Iris tomat menjadi bagian tipis-tipis
- Aplikasikan pada wajah sebagai masker wajah
- Diamkan selama 20 menit hingga kering
- Bilas wajah dengan air bersih

Memutihkan Wajah

Manfaat masker wajah adalah untuk memutihkan wajah. Lycopene yang terkandung pada tomat dapat membantu mencerahkan kulit wajah kita. Tomat juga dapat membantu menyembuhkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Berikut langkah-langkah penggunaan tomat:

1. Tumbuk tomat hingga halus
2. Aplikasikan pada wajah secara merata sebagai masker
3. Tunggu hingga 30 menit
4. Bilas hingga bersih

4 dari 5 halaman

Manfaat Jus Tomat

Buah tomat memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah tomat dengan mengolahnya menjadi jus.

Dengan mengonsumsi jus tomat secara rutin kamu bisa mendapatkan berbagai macam khasiat dari buah tersebut. Penasaran dengan khasiatnya? Berikut kami berikan informasi manfaat jus tomat yang wajib kamu ketahui!

Melancarkan Pencernaan

 Waspadai 6 Tanda Sakit Perut Tak Normal, Bukan Soal Pencernaan Saja!

Manfaat jus tomat adalah untuk melancarkan pencernaan. Kamu bisa meminum jus tomat sebelum makan untuk melancarkan pencernaanmu.

Menyembuhkan Penyakit Paru-Paru

Manfaat jus tomat adalah dapat menyembuhkan penyakit paru-paru. Jenis penyakit paru-paru yang bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jus tomat secara rutin adalah penyakit paru-paru seperti bronkitis dan TBC.

Melawan Kanker

Manfaat jus tomat adalah untuk melawan kanker. Tomat mengandung lycopene yang dapat melindungi DNA dalam sel darah putih. Kandungan ini dapat menguatkan sistem imut dan melawan kanker.

5 dari 5 halaman

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin. Mengonsumsi tomat juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Penasaran dengan manfaat tomat untuk kesehatan tubuhmu? 

Mencegah Diabetes

 3. Manfaat Tomat: Melancarkan Pencernaan

Manfaat tomat bagi kesehatan adalah untuk mencegah diabetes. Tomat memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah risiko diabetes pada tubuh. Kandungan serat dalam tomat dapat mengelola kadar insulin.

Menjaga Jantung

Manfaat tomat bagi kesehatan adalah untuk menjaga jantung. Kandungan potassium, vitamin C, serat, dan kolin dalam tomat dapat meningkatkan fungsi jantung. Dengan mengonsumsi tomat kamu akan memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh sehingga terhindar dari risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Penglihatan

Manfaat tomat bagi kesehatan adalah untuk meningkatkan penglihatan. Selain wortel, tomat juga dapat membantu mengatasi masalah mata yang kamu alami. Tomat mengandung vitamin A dan beta karoten yang baik untuk menjaga kesehatan mata. (mut)

 

(Audila Rima Ndani/Sumber: Berbagai sumber)

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id