12 Manfaat Lingkungan bagi Makhluk Hidup, Tak Hanya Dipakai Tapi Juga Dilestarikan

Fresh | Rabu, 17 November 2021 17:14

Reporter : Arini Saadah

Adanya lingkungan bisa menyediakan udara dan air serta tempat tinggal bagi mahluk hidup, baik manusia, hewan dan tumbuhan.

Dream - Manfaat lingkungan begitu penting bagi kelangsunga hidup di bumi. Lingkungan yang bersih dan sehat akan memberikan dampak positif bagi makhluk hidup. Manfaat lingungan memberi banyk keuntungan tak terhingga untuk keberlangsungan makhluk hidup.

Adanya lingkungan bisa menyediakan udara dan air serta tempat tinggal bagi mahluk hidup, baik manusia, hewan dan tumbuhan. Manfaat lingkungan juga bisa memberikan iklim yang baik. Pentingnya lingkungan bagi makhluk hidup membuat ekosistem alam sangat perlu untuk dijaga kelestaraiannya. Manusia tak hanya menikmati manfaat lingkungan, tapi juga membantu menjaganya agar tetap seimbang.

Manfaat lingkungan juga membentuk apa yang disebut ekosistem. Ekosistem adalah kelompok organisme hidup yang hidup dan berinteraksi satu sama lain dalam lingkungan tertentu.

Lingkungan memiliki manfaat yang pengaruhnya sangat besar bagi kehidupan makhluk hidup. Lantas apa saja manfaat lingkungan? Dirangkum Dream dari berbagai sumber, berikut 12 manfaat lingkungan bagi kelangsungan makhluk hidup di bumi.

12 Manfaat Lingkungan bagi Makhluk Hidup, Tak Hanya Dipakai Tapi Juga Dilestarikan
Ilustrasi Lingkungan Alam (Foto: Unsplash.com)
2 dari 13 halaman

1. Cegah Perubahan Iklim

 Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat lingkungan bagi makhluk hidup yang pertama adalah akan memastikan kestabilan iklim. Ekosistem memecah dan menyimpan sejumlah besar karbon di dalam tanaman dan tanah mereka, alih-alih melepaskannya ke atmosfer sebagai polusi karbon.

Pemanasan global menjadi isu utama di dunia, merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh di dunia di abad 21 Adanya perubahan iklim berdampak pada terjadinya bencana alam dimana-mana mulai dari badai topan, badai siklon tropis, banjir, endemic, kekeringan, El Nino, kelaparan, dan berbagai bencana lainnya yang mengakibatkan hilangnya fungsi ekosistem yang berdampak pada terjadinya bencana ekologis.

Maka dari itu manusia perlu menjaga keseimbangan ekosistem agar lingkungan tetap bisa memberikan manfaat baik kepada makhluk hidup.

3 dari 13 halaman

2. Meningkatkan Kualitas Air

Manfaat lingkungan yang kedua adalah menjaga kualitas air. Lingkungan berperan besar dalam menghasilkan air bersih yang layak digunakan oleh makhluk hidup. Melestarikan lahan terbuka dan menciptakan taman menjaga proses alami infiltrasi dan membatasi ketahanan, yang keduanya terkait erat dengan pengelolaan air hujan dan kualitas air.

Mau bagaimanapun juga, air merupakan salah satu komponen lingkungan yang memiliki peran vital dalam kehidupan manusia, seperti untuk minum, mandi, irigasi, dan lain sebagainya.

Lahan basah mampu memurnikan air dari saluran air dan saluran air alami. Alang-alang, tanaman, dan ganggang membantu menyaring racun, bahan kimia, bakteri berbahaya, dan sedimen. Ini selanjutnya dipecah oleh hewan kecil dan mikroorganisme di lumpur. Air yang sudah tersaring bersih kemudian dikembalikan ke sungai, anak sungai dan saluran air untuk kebutuhan makhluk hidup.

4 dari 13 halaman

3. Meningkatkan Kualitas Udara

Selain menjaga kualitas air, manfaat lingkungan bisa dilihat karena kemampuannya menyediakan udara yang bersih bagi makhluk hidup. Lingkungan yang bersih tanpa polusi akan menghasilkan udara yang berkualitas. Udara yang berkualitas akan meningkatkan kualitas kesehatan makhluk hidup yang lebih baik.

Kriteria lingkungan yang sehat adalah memiliki pohon yang tumbuh subur dan ruang terbuka hijau yang memadahi.  Ruang terbuka memiliki efek positif secara keseluruhan dalam peningkatan ventilasi perkotaan. Dengan melindungi ruang terbuka dan menciptakan taman, pohon dan vegetasi lainnya juga dilestarikan dan dilindungi, lingkungan akan terjaga dengan baik.

Maka dari itu perlu digalakkan menanam pohon di wilayah perkotaan dan taman kota agar kualitas udara bisa diimbangi dengan keberadaan pepohonan yang mampu menyerap karbon dioksida.

5 dari 13 halaman

4. Penyedia Tempat Tinggal

 Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat lingkungan yang tak kalah penting adalah menyediakan tempat tinggal bagi makhluk hidup untuk keberlangsungan hidupnya.

Tanah yang ada di permukaan bumi dapat dijadikan sebagai tempat berpijak dan beraktivitas sehari-hari. Keberadaan lahan juga dapat dijadikan sebagai area untuk kegiatan ekonomi, seperti lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan, serta aktivitas sosial lainnya.

6 dari 13 halaman

5. Perlindungan Keanekaragaman Hayati

Selanjutnya, manfaat lingkungan adalah untuk perlindungan habitat unik dan keanekaragaman hayati lokal.

Satwa liar dan tumbuh-tumbuhan bergantung pada area alami yang tidak terganggu untuk memeroleh makanan, tempat tinggal, dan reproduksi, seringkali dengan cara yang tidak selalu dikenali manusia.

Akan tetapi kini banyak habitat hewan dan tumbuhan yang sudah dieksploitasi oleh manusia. Alhasil banyak hewan dan tumbuhan kehilangan habitat aslinya. Maka dari itu aksi penebangan liar dan penggundulan hutan perlu dilawan agar keseimbangan lingkungan tetap terjaga.

7 dari 13 halaman

6. Pemanfaatan Sumber Daya Alam

 Ilustrasi© Pexels.com

Lingkungan adalah tempat sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya alam yang terkandung di dalam lingkungan hidup dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari- hari seperti, mineral, minyak bumi, batu bara, dan sebagainya.

Namun demikian, pemanfaatan sumber daya alam yang diambil dari lingkungan itu harus diimbangi dengan menjaga kelestariannya. Agar ekosistem lingkungan tidak berat sebelah dan tidak merugikan sesama makhluk hidup.

8 dari 13 halaman

7. Makanan dan Habitat Satwa Liar

Manfaat lingkungan yang tak kalah penting adalah menyediakan berbagai makanan bagi makhluk hidup. Kadal, ikan, katak, dan burung air memakan tanaman lahan basah. Dan juga dari golongan ikan kecil, cacing, udang karang, dan serangga air.

Hewan-hewan yang lebih kecil ini, bersama dengan bakteri, nantinya bisa memecah organisme mati yang tenggelam ke dasar, yang menghasilkan nutrisi yang membantu tanaman lahan basah tumbuh.

Sehingga tanaman akan tumbuh subur yang bisa menyaring udara. Manusia juga bisa memanfaatkan tumbuhan yang subur untuk keperluannya.

9 dari 13 halaman

8. Tempat Penyedia Mikroorganisme

Lingkungan menjadi tempat beragam jenis mikroorganisme. Mikroorganisme atau jasad renik sangat berperan dalam proses penguraian sisa-sisa jasad hidup yang telah mati sehingga tidak terjadi penumpukan bangkai makhluk hidup, tetapi hancur dan kembali menjadi unsur-unsur tanah.

Dekomposer atau pengurai ini memakan organisme mati dan produk-produk limbah dari organisme lain. Pengurai inilah yang membantu siklus nutrisi kembali ke ekosistem lainnya.

Dekomposer mampu membuat tanah kaya dengan menambahkan senyawa organik dengan itu. Zat seperti karbon, air dan nitrogen dikembalikan ke ekosistem melalui tindakan pengurai.

10 dari 13 halaman

9. Manfaat Ekonomi

 Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat lingkungan yang tak kalah penting bagi manusia adalah nilai ekonominya. Misalnya, tumbuhan adalah sumber obat yang kandungannya bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Kemudian ekosistem laut menyediakan ikan yang melimpah untuk memberi makan manusia yang populasinya terus bertambah.

Ekosistem sungai dan danau menyediakan air minum, seperti halnya curah hujan yang mengisi kembali persediaan air permukaan dan bawah tanah. Semua itu memberi manfaat ekonomi yang melimpah bagi manusia.

11 dari 13 halaman

10. Manfaat Rekreasi

Tak lupa juga, manfaat lingkugan yang bisa memberi orang tempat untuk bermain dan menjelajah. Manusia juga berkesempatan untuk meneliti bagaimana alam bekerja dengan banyak keajaibannya.

Hampir semua negara di dunia telah menyisihkan kawasan alam sebagai taman nasional, hutan belantara yang dilindungi dan kawasan hutan lindung sebagai objek penelitian sekaligus menjaga habitat asli hewan dan tumbuhan.

Banyak negara juga telah mengambil langkah-langkah lain untuk menjaga sistem alam supaya tetap utuh dan relatif tidak terganggu oleh aktivitas manusia.

12 dari 13 halaman

11. Manfaat Pengetahuan

 Ilustrasi© Pexels.com

Lingkungan memberi beragam pengetahuan tentang alam. Manfaat lingkungan hidup membawa manusia untuk mempelajarinya.

Pendidikan lingkungan mengacu pada upaya terorganisir untuk mengajarkan bagaimana fungsi lingkungan alam, dan khususnya, bagaimana manusia dapat mengelola perilaku dan ekosistem untuk hidup berkelanjutan.

Pengetahun tentang alam juga bisa mencegah terjadinya bencana ekologi seperti perubahan iklim, karena manusia semakin sadar bahwa lingkungan alam perlu dijaga dan dilestarikan.

13 dari 13 halaman

12. Sebagai Tempat Perkembangbiakan

Manfaat lingkungan sebagai tempat perkembangbiakan makhluk hidup. Hal ini penting agar spesies makhluk hidup di bumi tidak punah. Tak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga perlu berkembangbiak agar tidak punah.

Selain itu lingkungan juga tempat untuk melakukan interaksi. Bukan hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga perlu berinteraksi dengan sesamanya. Lingkungan menjadi tempat dalam menunjang segala kegiatan sosial yang dilakukan.

Dari 12 manfaat di atas, jangan lupa ya, Sahabat Dream, tugas kita sebagai manusia adalah melestarikannya, bukan malah merusaknya.

Yuk, sama-sama menjaga kelestarian alam agar makhluk hidup tetap bisa menikmatinya hingga anak cucu nanti.

Join Dream.co.id