11 Manfaat Lemon untuk Wajah dan Kesehatan

Fresh | Jumat, 13 Desember 2019 08:12
11 Manfaat Lemon untuk Wajah dan Kesehatan

Reporter : Yoga Tri Priyanto

11 Manfaat Lemon untuk Wajah dan Kesehatan

Dream - Lemon adalah salah satu buah yang memiki banyak manfaat untuk tubuh. Buah lemon banyak diolah menjadi makanan atau minuman untuk dikonsumsi.

Selain itu buah asam ini juga banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk perawatan tubuh. Sehingga buah lemon telah terbukti memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh.

Manfaat yang dihasilkan buah lemon tentunya disebabkan oleh beragam kandungan baik yang ada pada buah ini. Kandungan lemon antara lain kalium, asam sitrat, vitamin C, vitamin B5, vitamin B3, vitamin B1, vitamin B2, magnesium, kalsium, zat besi, asam folat, dan sebagainya.

Beragam kandungan lemon dapat mengatasi dan menjaga kesehatan wajah dan tubuh, loh!

Penasaran dengan apa saja yang bisa dilakukan buah asam berwarna kuning ini? Berikut kami berikan informasi manfaat lemon untuk kamu: 

2 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Lemon

Jeruk lemon mengandung banyak zat yang baik untuk tubuh. Salah satu yang paling banyak dikenal adalah kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Penasaran dengan manfaat lemon? Berikut kami berikan informasinya!

Membersihkan Karang Gigi

 6 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Bisa Dilakukan di Rumah

Manfaat lemon yang bisa kamu gunakan adalah untuk membersihkan karang gigi. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat mengatasi masalah karang gigi. Berikut langkah-langkah menggunakan lemon:

- Siapkan buah lemon
- Siapkan pasta gigi dan sikat gigi
- Peras buah lemon untuk digunakan airnya
- Celupkan pasta gigi dan sikat gigi selama 2 menit

 

Meluruskan Rambut

Manfaat lemon yang bisa kamu gunakan adalah sebagai bahan alami untuk meluruskan rambut. Berikut langkah-langkah penggunaan lemon:

- Siapkan seperempat santan
- Siapkan 1 sdm lemon yang sudah diperas
- Campurkan santan dan lemon
- Aduk hingga rata
- Diamkan campuran tersebut semalaman
- Setelahnya kamu bisa mengaplikasian campuran tersebut pada rambut (dari akar ke ujung)
- Diamkan selama 30 menit
- Bersihkan dengan air dan sampo

 

Mencerahkan Bibir

Manfaat lemon yang bisa kamu gunakan adalah sebagai bahan alami untuk membuat bibir menjadi lebih merah. Kandungan vitamin C pada lemon dapat membantu mencerahkan warna bibir.

Bahkan perawatan rutin menggunakan lemon dapat menjadi solusi untuk bibir hitam yang disebabkan oleh rokok.

3 dari 5 halaman

Manfaat Lemon untuk Wajah

Banyak produk perawatan wajah yang menjadikan buah lemon sebagai kandungan penting dalam produknya. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemon yang dapat mengatasi berbagai macam masalah wajah.

Penasaran dengan masalah wajah apa saja yang bisa diatasi oleh buah lemon? Berikut kami berikan informasi manfaat lemon untuk wajah:

Mencerahkan Wajah

 Cara Mendapatkan Wajah Cerah dan Flawless Secara Instan

Manfaat lemon untuk wajah adalah untuk mencerahkan wajah yang gelap akibat paparan sinar matahari.

Buah ini memiliki kandungan vitamin C dan anti-oksidan yang dapat menjadi salah satu alternatif cara memutihkan wajah yang bisa kamu coba. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

1. Iris lemon menjadi dua bagian
2. Aplikasikan pada wajah secara merata
3. Tunggu hingga kering selama 30 menit
4. Bilas wajah hingga bersih


Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat lemon untuk wajah adalah untuk mengecilkan pori-pori wajah. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan lemon
- Belah lemon menjadi dua bagian
- Peras lemon untuk mendapatkan airnya
- Aplikasikan pada wajah
- Diamkan selama 15 menit agar pori-pori tertutup
- Bilas wajah dengan air bersih

 

Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat lemon untuk wajah adalah sebagai bahan alami untuk mengencangkan wajah. Kandungan asam alpha hidroksi pada lemon dapat membantu mencegah radikal bebas dalam kulit dan mengencangkan wajah. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan lemon
- Peras lemon untuk mendapatkan airnya
- Oleskan air perasan lemon pada wajah secara merata
- Diamkan selama 15 menit
- Bilas dengan air bersih

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Lemon

Selain memiliki manfaat untuk merawat wajah, buah lemon juga banyak dikenal sebagai buah yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Penasaran dengan manfaat buah lemon untuk tubuh? Berikut kami berikan informasinya:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

 4 Bentuk Pantat Ini Akan Ungkap Kesehatan Kamu

Manfaat lemon adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada lemon dapat menambah antibodi pada tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Kamu bisa mengonsumsi lemon dalam jumlah normal untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat lemon adalah untuk melancarkan pencernaan. Kamu bisa mengolah lemon menjadi minuman yang dapat kamu konsumsi setiap hari.

Salah satu olahan lemon yang bisa membantu melancarkan pencernaan adalah air lemon hangat. Kandungan lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik pada perut dan membuat buang air besar menjadi lebih teratur.

 

Mengobati Sakit Tenggorokan

Manfaat lemon adalah untuk mengobati sakit tenggorokan. Lemon mengandung vitamin C yang juga merupakan antioksidan alami untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu vitamin C juga bersifat anti-bakteri sehingga dapat mengobati masalah tenggorokan yang disebabkan oleh virus.

5 dari 5 halaman

Manfaat Air Lemon

Untuk mendapatkan khasiat dari lemon, biasanya lemon harus diperas terlebih dahulu untuk mendapatkan airnya. Banyak manfaat yang dapat diberikan dari penggunaan air lemon. Penasaran? Berikut kami berikan manfaat air lemon yang harus kamu ketahui:

 

Menjaga Kesehatan Mulut

 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut pada Anak secara Alami

Salah satu manfaat lemon adalah untuk menjaga kesehatan mulut. Kandungan lemon dapat merawat daerah mulut seperti gigi dan gusi, serta membuat nafas menjadi lebih segar. Kamu bisa berkumur menggunakan air lemon secara rutin.

 

Mencegah Batu Ginjal

Manfaat lemon yang bisa kamu gunakan adalah untuk mencegah batu ginjal. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat meningkatkan volume dan pH urine. Kamu bisa meminum setengah cangkir air lemon setiap hari untuk menghindari pembentukan batu ginjal dalam tubuh.

(Laporan: Audila Rima Ndani/Berbagai sumber)

Terkait
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?
Join Dream.co.id