10 Trik Agar Tidak Cepat Lapar

Fresh | Kamis, 16 Oktober 2014 10:30
10 Trik Agar Tidak Cepat Lapar

Reporter : Ervina

Kebiasaan mengemil di tengah waktu makan 'berat' ternyata bisa diantisipasi. Cek 10 trik agar perut tidak mudah lapar di saat jam 'genting' jelang makan berat.

Dream - Saat perut terasa lapar, banyak orang yang tidak lagi peduli dengan asupan gizi yang akan masuk ke dalam tubuhnya. Tidak sedikit yang akhirnya membuat anda memilih makanan yang tidak sehat, hanya demi memuaskan rasa lapar.

Untuk mengurangi rasa lapar di jam 'rawan', anda bisa mencoba 10 trik berikut yang dilansir laman Boldsky. Selain tetap bisa menikmati makan sehat, anda tetap tidak akan terganggu dengan sejumlah keluhan akibat makan sembarangan.

Minum Air Setiap Satu Jam
Usahakan untuk selalu sedia sebotol air dan sebuah gelas. Isi ulang dan minum air dalam gelas setiap satu jam. Hal ini dapat membantu menyerap racun dalam tubuh, serta membuat perut terasa kenyang. Anda pun dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi.

Kayu Manis
Khasiat utama kayu manis dapat membantu tubuh mencerna makanan, sehingga anda tidak merasa lapar untuk waktu yang cukup lama. Sebagai bahan makanan yang menyehatkan, rempah-rempah satu ini juga dapat menjaga kadar gula darah.

Kunyahlah Dengan Perlahan
Makan terlalu cepat memang dapat membuat tubuh mudah kenyang, namun anda juga dapat merasa lapar lebih cepat. Jadi usahakan untuk mengunyah makanan dengan perlahan, sehingga perut bisa mudah kenyang.

Konsumsi Buah, Bukan Jus
Jika anda suka menjadikan buah sebagai camilan, makanlah buah dalam bentuk utuh. Atau dengan kata lain jangan olah buah sebagai jus. Jus merupakan cairan dan diyakini tidak mengandung serat, sehingga tidak mudah diserap oleh tubuh. Mengkonsumsi buah sama dengan mengkonsumsi makanan berkalori, yang justru membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Kurangi Gula
Gula memiliki pengaruh cepat dalam memberikan efek meningkatkan atau menurunkan kadar gula darah. Saat kadarnya gula darah sedang rendah, perut akan terasa lapar. Itulah kenapa, mengurangi konsumsi gula akan terasa lebih bijak bagi anda.

Serat, serat, serat
Sistem pencernaan membutuhkan waktu lama untuk mencerna setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh, Usahakan untuk selalu memperbanyak asupan serat saat sarapan, makan siang, dan makan malam agar anda terasa kenyang lebih lama.

Seruput Kopi atau Teh
Kopi dan teh merupakan makanan yang dapat menekan rasa lapar. Jika anda meminum kopi atau teh secara teratur, maka perut tidak akan terasa lapar. Namun pastikan anda memasukkan sedikit gula pada minuman berkafein ini.

Konsumsi Protein
Dibandingkan perbanyak karbohidrat, ada baiknya anda mulai memikirkan untuk meningkatkan asupan protein. Padukan protein hewani dan nabati untuk menu wajib anda sehari-hari.

Bagi Porsi Makan
Makan besar tiga kali dalam sehari ternyata justru membuat anda lebih cepat lapar. Ubahlah waktu makan menjadi 6-8 kali sehari, namun dalam tenggang ditambah waktu untuk camilan. Jeda di antara waktu makan berat dapat anda manfaatkan untuk makan makanan kecil.

Pentingnya Sarapan
Sejumlah penelitian menunjukkan sarapan memberikan pengaruh penting dan membuat tubuh merasa kenyang selama sehari penuh. Jika anda melewatkan sarapan, besar kemungkinan anda akan makan dengan porsi lebih besar saat makan siang.

Terkait
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id