10 Penyebab Haid Berlangsung Sehari dan Darahnya Sedikit, Perlu Diwaspadai!

Fresh | Selasa, 27 Oktober 2020 19:33
10 Penyebab Haid Berlangsung Sehari dan Darahnya Sedikit, Perlu Diwaspadai!

Reporter : Arini Saadah

Lama masa haid setiap perempuan memang berbeda-beda, ada yang mengalami masa haid selama 3 hingga 5 hari, ada pula yang berdurasi 2 hari saja.

Dream – Haid atau menstruasi merupakan siklus reproduksi yang dialami oleh perempuan. Haid yang berlangsung sehari dan darahnya sedikit seringkali dialami oleh beberapa perempuan.

Masalah ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kondisi medis hingga faktor gaya hidup. Namun secara umum masa haid berlangsung selama 2 hingga 7 hari. Jika kurang dari itu bisa jadi ada gangguan kondisi medis yang menyebabkannya.

Siklus haid pada perempuan secara normal terjadi setiap 28 hari sekali. Akan tetapi sebagian perempuan mengalami haid setiap 21 hingga 35 hari sekali.

Lama masa haid setiap perempuan memang berbeda-beda, ada yang mengalami masa haid selama 3 hingga 5 hari, ada pula yang berdurasi 2 hari saja.

Akan tetapi apa sebenarnya penyebab haid berlangsung sehari dan darahnya sedikit? Kali ini Dream akan mengulas tentang 10 penyebab haid berlangsung sehari dan darahnya sedikit.

2 dari 11 halaman

Awal Kehamilan

Darah yang keluar dari vagina tidak hanya karena mestruasi. Terkadang darah yang keluar dari vagina bisa menjadi penanda awal kehamilan, apalagi terjadinya hanya 1 hingga 2 hari saja.

Saat sel telur yang sudah dibuahi akan menempel pada lapisan rahim, ketika itu perdarahan bisa terjadi akibat proses implantasi. Darahnya berwarna merah muda atau cokelat tua dan hanya sedikit. Umumnya perdarahan ini akan muncul 10 hingga 14 hari setelah pembuahan.

Tetapi menurut American College of Obstetricians and Gynecologist, perdarahan implantasi hanya akan terjadi pada 10 hingga 25 persen kehamilan. Jika Sahabat Dream mengalami durasi haid semacam ini, segera beli tes pack atau datang ke dokter untuk memastikannya.

3 dari 11 halaman

Kehamilan Etopik

Ilustrasi© freepik.com

Penyebab haid berlangsung sehari dan darahnya sedikit mungkin karena terjadinya kehamilan etopik. Kehamilan etopik adalah terjadi karena sel telur yang sudah dibuahi menempel pada saluran tuba falopi, ovarium, atau serviks.

Ciri kehamilan etopik adalah perdarahan pada vagina disertai nyeri panggul. Apabila sel telur yang sudah dibuahi itu tetap menempel di tuba falopi, hal ini bisa menyebabkan tuba falopi pecah yang menyebabkan perdarahan hebat dari vagina.

4 dari 11 halaman

Menyusui

Penyebab haid berlangsung sehari dan darahnya sedikit selanjutnya adalah karena kondisi yang sedang menyusui.

Selain itu menyusui juga bisa menunda masa haid. Karena tubuh seorang ibu yang menyusui akan memproduksi hormon prolactin yang mencegah terjadinya haid.

Hormon prolactin adalah hormone yang membantu tubuh memproduksi air susu ibu. Banyak perempuan akan kembali merasakan fase haid normal sekitar 9 hingga 18 bulan pasca persalinan.

5 dari 11 halaman

Perimenopause

Ilustrasi© freepik.com

Perimenopause juga bisa menjadi salah satu penyebab haid berlangsung sehari dan darahnya sedikit. Saat perempuan mencapai usia 30 hingga 50 tahun, mereka sudah bisa merasakan perimenopause. Yaitu masa sebelum menopause yang berdampak pada siklus haid.

Perimenopause bisa menyebabkan durasi haid menjadi lebih pendek. Selain itu juga berpotensi menyebabkan perempuan tidak haid.

6 dari 11 halaman

Sindrom Ovarium Polikistik

Penyebab haid berlangsung pendek selanjutnya adalah sindrom ovarium polikistik (PCOS). Ini Adalah kondisi ketidakseimbangan hormon yang akan dialami 1 dari 10 perempuan di usia subur. Sindrom ini dianggap sebagai penyebab umum dari kemandulan yang dirasakan perempuan.

PCOS ternyata bisa menghentikan ovulasi dan memperpendek durasi menstruasi. Gejalap PCOS adalah:

  1. Pertumbuhan rambut yang berlebihan.
  2. Kulit berminyak.
  3. Gangguan kesuburan atau sulit memiliki keturunan.
  4. Siklus haid yang tidak teratur.
  5. Mengalami obesitas.         

Untuk mengatasinya biasanya dokter akan merekomendasikanobat KB Hormon, antiandrogen, atau metformin.

7 dari 11 halaman

Keguguran

Ilustrasi© freepik.com

Banyak terjadi darah keluar dari vagina yang disalahartikan sebagai darah menstruasi. Sebab darah yang keluar bisa jadi adalah kondisi sedang keguguran.

Kasus ini bisa terjadi pada perempuan yang tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil. Perdarahan karena keguguran ini muncul dalam skala ringan atau berat.

Durasi perdarahannya juga berbeda-beda tergantung usia kehamilannya. Gejala keguguran lain yang harus diwaspadai adalah kram perut, nyeri perut, nyeri panggul dan nyeri punggung.

8 dari 11 halaman

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi dan obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab haid berlangsung sehari dan darahnya sedikit.

Alat kontrasepsi seperti pil KB, suntikan KB, dann spiral bisa menipiskan lapisan rahim sehingga menyebabkan fase menstruasi yang lebih singkat dan darahnya sedikit.

Penggunaan obat-obatan seperti pengencer darah, antidepressant, steroid, obat herbal, dan tamoxifen juga berpotensi menyebabkan haid berlangsung sehari dan darahnya sedikit.

9 dari 11 halaman

Masa Pubertas

Ilustrasi© freepik.com

Penyebab haid berlangsung sehari dan darahnya sedikit selanjutnya adalah masa pubertas. Remaja perempuan akan mulai mengalami fase menstruasi.

Tetapi karena fluktuasi hormonnya masih belum stabil, maka fase menstruasinya bisa berdurasi pendek. Biasanya dibutuhkan beberapa tahun hingga fase menstruasinya berlangsung teratur.

10 dari 11 halaman

Stres

Stres merupakan gangguan mental yang juga menjadi penyebab haid berlangsung singkat. Stres berpengaruh buruk terhadap hormon di dalam tubuh.

Jika Sahabat Dream mengalami stres parah, durasi menstruasi pun biasanya pendek dan hanya mengeluarkan darah sedikit.

Jika kasusnya lebih parah, perempuan yang stres mungkin tidak akan haid sama sekali. Namun jika stres bisa diatasi, siklus menstruasi akan kembali normal.

11 dari 11 halaman

Olahraga Berlebihan

Ilustrasi© freepik.com

Penyebab haid berlangsung sehari dan darahnya sedikit yang perlu diperhatikan adalah olahraga yang berlebihan. Meskipun olahraga bagus untuk kesehatan reproduksi perempuan, tapi jika berlebihan justru malah mengganggu siklus haid.

Terutama jika jumlah energi yang dibakar saat olahraga tidak seimbang dengan nutrisi yang dikonsumsi. Hal ini bisa menjadi penyebab hipotalamus memperlambat atau menghentikan produksi hormon yang mengontrol ovulasi.

Sumber: SehatQ

Join Dream.co.id