10 Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan, Atasi Osteoporosis Hingga Diabetes

Fresh | Sabtu, 8 Agustus 2020 17:02
10 Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan, Atasi Osteoporosis Hingga Diabetes

Reporter : Arini Saadah

Selain susu sapi, kamu juga bisa memanfaatkan gizi dari susu kambing untuk kesehatan tubuhmu.

Dream – Susu kambing memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sayangnya manfaat susu kambing bagi kesehatan ini jarang diketahui masyarakat.

Saat ini sangat mudah untuk mendapatkan susu kambing. Manfaat susu kambing sudah tersedia dalam berbagai kemasan untuk dikonsumsi.

Komposisi susu kambing sangat mirip dengan ASI sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh kita. Manfaat susu kambing ini beberapa di antaranya karena mengandung kalsium, asam lemak baik, dan menjadi zat antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, manfaat susu kambing juga mengandung mineral  seperti zink, mineral alkalin, flourin, betakasein, asam amino, oxcydase, dan masih banyak lagi mineral lainnya.

Supaya kamu semakin mantab untuk memilih susu kambing sebagai minuman harian, berikut Dream akan mengulas beberapa manfaat susu kambing bagi kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, mari kita simak ulasannya berikut: 

2 dari 11 halaman

Mengatasi Anemia

Ilustrasi© freepik.com

Manfaat susu kambing yang pertama adalah bisa mengatasi masalah anemia. Jika Sahabat Dream menderita anemia, mengonsumsi susu kambing adalah pilihan yang tepat.

Manfaat susu kambing bisa membantu meningkatkan zat besi dalam tubuh, serta merangsang pembentukan haemoglobin baru.

3 dari 11 halaman

Menurunkan Kolesterol

Ilustrasi© express.co.uk

Kemudian, manfaat susu kambing yang kedua adalah membantu menurunkan kolesterol. Susu kambing memiliki kelebihan berupa asam lemak esensial seperti arakidonat dan linoleat.

Lemak esensial di dalam susu kambing lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Asam lemak menjadi sumber energi yang cepat dibakar dan disimpan oleh tubuh sebagai lemak baik.

4 dari 11 halaman

Mengobati Penyakit Empedu

Ilustrasi© medicalnewstoday.com

Bisa mengobati penyakit empedu merupakan manfaat susu kambing yang ketiga. Kandungan susu kambing dipercaya mampu mengatasi masalah penyakit epilepsi, jantung, kista fibroid, penyakit kandung empedu, dan batu empedu.

5 dari 11 halaman

Melancarkan Sistem Pencernaan

Ilustrasi© freepik.com

Manfaat susu kambing juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan laktosa yang lebih rendah daripada susu sapi membuat susu kambing mudah diserap oleh tubuh.

Protein susu kambing yang dihasilkan oleh aktivitas asam lambung akan jauh lebih lembut. Dengan demikian tidak terjadi penggumpalan dan dapat diserap lebih baik oleh usus.

6 dari 11 halaman

Mengobati TBC dan Asma

Ilustrasi© freepik.com

Susu kambing bisa menjadi salah satu solusi untuk mengobati penyakit tuberculosis dan asma. Karena kandungan flourin dan betakasein yang ada di dalam susu kambing bisa mengobati penyakit TBC.

Selain itu manfaat susu kambing bisa menjadi obat palng ampuh dalam membersihkan organ-organ dengan masalah pernapasan atau asma.

7 dari 11 halaman

Mencegah Stres dan Penyakit Saraf

Ilustrasi© freepik.com

Ketika Sahabat Dream merasa stress dengan berbagai masalah, mengonsumsi susu kambing hangat bisa membantu membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Manfaat susu kambing yang mengandung zinc dan magnesium dapat memperkuat jaringan saraf dan membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan saraf.

8 dari 11 halaman

Mengobati Diabetes

Ilustrasi© freepik.com

Susu kambing juga bermanfaat untuk mengobati diabetes. Pasalnya susu kambing mengandung A2-betakasein dan asam amino esensial yang sangat baik bagi penderita diabetes untuk pembentukan hormone insulin.

Sebagai pengobatan dengan hasil maksimal, konsumsilah susu kambing tanpa bahan pemanis.

9 dari 11 halaman

Mengobati Osteoporosis

Ilustrasi© freepik.com

Manfaat susu kambing bagi kesehatan selanjutnya dalah bisa mengatasi osteoporosis terutama bagi lanjut usia. Susu kambing mengandung kadar kalsium yang lumayan tinggi.

Selain itu kandungan asam amino triptofan yang jika dikombinasikan dengan kalsium mampu mempercepat pertubuhan tulang dan memadatkan tulang.

10 dari 11 halaman

Meningkatkan produksi ASI

Ilustrasi© freepik.com

Kandungan kalsium pada susu kambing lebih banyak daripada susu sapi sehingga bagus untuk menambah produksi ASI pada ibu menyusui.

Selain itu juga baik dikonsumsi saat ibu sedanga hamil usia 6 bulan, karena bisa melancarkan produksi ASI.

11 dari 11 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Ilustrasi© freepik.com

Manfaat susu kambing juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh pada anak-anak. Rutin mengonsumsi susu kambing sangat baik untuk menjaga kesehatan anak. Sehingga susu kambing ini selain bermanfaat untuk orang dewasa, juga aman untuk usia anak-anak.

Itulah 10 manfaat susu kambing bagi kesehatan yang jarang diketahui. Semoga dengan ulasan tentang manfaat susu kambing di atas bisa memantabkan hati Sahabat Dream untuk rajin mengonsumsi susu demi menjaga kesehatan tubuh, terutama susu kambing.

Sumber: Brilio, berbagai sumber.

Join Dream.co.id