Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Manfaat dari Jogging Sore Hari untuk Menghilangkan Stres dan Bikin Tubuh Lebih Rileks

10 Manfaat dari Jogging Sore Hari untuk Menghilangkan Stres dan Bikin Tubuh Lebih Rileks (Foto: Shutterstock)

Dream - Jogging menjadi salah satu jenis olahraga favorit karena mudah dan praktis untuk diterapkan. Hanya bermodalkan sepatu yang nyaman dan baju olahraga, kamu bisa melakukan latihan olahraga ini secara rutin.

Jogging juga bisa menjadi kebiasaan yang sehat untuk dilakukan setiap hari. Dengan meluangkan beberapa menit untuk latihan jogging baik pagi atau sore, kamu bisa mendapatkan manfaatnya yang luar biasa.

Menurut penelitian ilmiah, waktu terbaik untuk jogging ternyata pada sore hari menjelang malam. Suhu inti tubuh sedang mencapai puncaknya saat sore hari. Kebanyakan orang mengalami puncak suhu inti terjadi dalam rentang waktu pukul 4 sampai 5 sore. Penelitian tentang ritme sirkadian juga menyatakan, olahraga atau jogging di sore hari akan memberikan hasil yang lebih efektif.

Hal ini lantaran saat kenaikan suhu inti, tubuh juga turut meningkatkan metabolisme energi dan kapasitas otot untuk beradaptasi selama melakukan jogging sore hari. Metabolisme yang berfungsi optimal akan membantu tubuh membakar kalori sepanjang malam. Sementara itu, adaptasi otot yang baik dapat membuat tubuh lebih siap akan perubahan medan berlari dan mengurangi risiko cedera.

Lantas apa manfaat dari jogging pada sore hari selain hal-hal di atas? Agar lebih jelas, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Kerja Paru-paru Lebih Maksimal

Ilustrasi

Apa manfaat dari jogging pada sore hari yang akan didapatkan jika rutin dilakukan? Pertanyaan tersebut memunculkan banyak sekali jawaban dari segi kesehatan ya, Sahabat Dream.

Menurut sebuah penelitian menunjukkan, penyerapan oksigen oleh paru-paru lebih maksimal pada rentang waktu sore hari. Hal ini dapat membantu kamu berlari lebih cepat serta lebih fokus dengan keadaan di sekitar.

2. Hormon Endorphin

Selain itu, manfaat dari jogging pada sore hari menjelang malam juga bisa mendorong tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan membuatmu lebih rileks.

3. Hilangkan Stres Selama Aktivitas Harian

Manfaat jogging sore hari yang tidak kalah penting adalah dapat menghilangkan stres yang mugnkin muncul seharian selama beraktivitas. Pemilihan jadwal jogging di sore hari bisa membantumu membebaskan dari beban stres di pagi hari. Setiap orang mungkin akan merasakan intensitas stres yang berbeda akibat banyaknya aktivitas dan pekerjaan yang harus diselesaikan.

Waktu pagi hari bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk menyelesaikan berbagai macam aktivitas atau pekerjaan. Jika kamu termasuk orang yang sibuk di pagi hari, manfaat dari jogging di sore hari sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.

4. Sebagai Sarana Meditasi

Apa manfaat dari jogging di sore hari selanjutnya? Tentu saja bisa bermanfaat sebagai sarana meditasi. Selama melakukan jogging kamu bisa belajar tentang mindfulness, dengan mengamati lingkungan yang ada, mendengarkan setiap suara yang ada di sekitar sehingga tubuh dan pikiran dapat menyatu dengan baik.

Manfaat dari jogging di sore hari juga dapat memberikan ketenangan tersendiri yang dapat membantu seseorang untuk memberikan perhatian penuh pada tubuh dengan mengikuti ritme napas dan aliran energi dari alam.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi

Manfaat dari jogging sore selanjutnya adalah bisa meningkatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak. Berdasarkan hasil penelitian, orang yang melakukan jogging dengan intensitas sedang hingga tinggi selama 1 sampai 2 jam sebelum tidur akan mempunyai kualitas tidur yang lebih baik.

Hal ini juga berlaku saat kamu melakukan jogging di sore hari. Saat itu tubuh akan merasa lelah sehingga mendorong kamu cepat mengantuk dan tidur lebih cepat dan lebih nyenyak dari sebelumnya. Penasaran? Lebih baik kamu segera mencobanya terutama jika sedang mengalami gangguan tidur.

6. Strategi Latigan yang Lebih Efektif

Manfaat dari jogging sore juga disebut sebagai strategi latihan yang lebih efektif, lho. Mengapa demikian? Karena pada kondisi sore atau malam hari biasanya tubuh dan indera manusia lebih reaktif dan memiliki tingkat reflek lebih tajam. Tentu ini sangat baik dimanfaatkan untuk menggerakkan tubuh. Tubuh akan menerima stimulus lebih responsive dan maksimal. Dengan jogging kamu bisa mencapai manfaat kesehatan yang optimal.

7. Latihan Lebih Konsisten

Manfaat jogging sore yang akan kamu dapatkan selanjutnya adalah dapat memudahkan untuk melakukan latihan dengan lebih konsisten. Sebab, sore hari merupakan waktu yang baik untuk melakukan jogging.

Karena kamu tidak perlu terburu-buru di pagi hari untuk berolahraga sementara berbagai aktivitas pekerjaan menunggu di depan. Dengan memilih jogging di sore hari dapat memudahkan kamu untuk membangun kebiasaan olahraga dengan lebih konsisten. Sebab, kamu bakalan mempunyai waktu yang lebih leluasa tanpa gangguan aktivitas atau pekerjaan.

8. Meminimalisir Risiko Cedera

Manfaat dari jogging sore yang tak kalah penting adalah bisa mencegah risiko terjadinya cedera saat olahraga.

Detak jantung dan tekanan darah cenderung lebih rendah pada sore hari. Maka dari itu, kamu akan cenderung menjadi lebih cepat dan fokus saat olahraga. Selain itu, otot-otot tubuh juga lebih fleksibel saat sore hari sehingga meminimalisir risiko terjadinya cedera saat jogging.

9. Terhindar dari Sinar Matahari yang Terik

Ilustrasi

Manfaat dari jogging sore hari berikutnya adalah kamu terhindar dari paparan sinar matahari yang terik. Suhu panas matahari saat sore hari cenderung lebih rendah dibandingkan saat pagi atau siang hari. Maka kamu pun akan merasa lebih nyaman saat lari di sore hari.

10. Membakar Kalori Makan Siang

Manfaat dari jogging sore hari yang juga sangat diincar adalah mampu membakar kalori makan siang. Mungkin sebagian orang merasa perlu menurunkan berat badan karena terlalu banyak kalori yang dikonsumsi saat siang hari.

Makan siang bisa membuat seseorang kalap dan makan banyak makanan. Akhirnya membuat kalori makan siang menjadi kelewat besar. Jika ini terjadi pada diri kamu Sahabat Dream, maka manfaatkan jogging sore sebagai pembakar kalori-kalori tersebut. Trik ini bisa menghindarkan kamu dari obesitas jika dilakukan secara rutin.

Itulah beberapa manfaat dari jogging sore yang sangat baik untuk menjaga kesehatan fisik maupun mentalmu. Tunggu apa lagi? Yuk segera jadwalkan dan sisihkan waktu sebentar untuk olahraga di sore hari. Agar tidurmu juga lebih nyenyak dan kalorimu terbakar habis. Alhasil kamu terbebas dari lemak perut yang menumpuk.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Olahraga yang Direkomendasikan buat Pemula, Yuk Mulai Gaya Hidup Sehat!

5 Olahraga yang Direkomendasikan buat Pemula, Yuk Mulai Gaya Hidup Sehat!

Ini lho rekomendasi olahraga yang aman untuk pemula, ada apa saja?

Baca Selengkapnya
Biar Efektif, Ketahui 4 Hal Saat Mulai Olahraga di Gym

Biar Efektif, Ketahui 4 Hal Saat Mulai Olahraga di Gym

Tak perlu bingung saat berolahraga di gym pertama kali. Cukup perhatikan 5 hal ini sebelum datang ke tempatnya agar aktivitasmu teratur.

Baca Selengkapnya
Perhatikan Jadwal Tidur Supaya Beraktivitas Lebih Produktif

Perhatikan Jadwal Tidur Supaya Beraktivitas Lebih Produktif

Idealnya, seseorang akan mendapatkan rasa fresh di pagi hari jika tidur dan bangun lebih awal.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi, Biar Nggak Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi, Biar Nggak Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Perubahan hormon ternyata bisa mempengaruhi pergerakan usus yang menyebabkan perut kembung.

Baca Selengkapnya
Lakukan Lunges dengan Cara Tepat untuk Memperkuat Otot Kaki

Lakukan Lunges dengan Cara Tepat untuk Memperkuat Otot Kaki

Lunges bisa memperkuat otot kaki. Pastikan postur tubuh dan kakimu benar saat melakukannya agar bisa mendapatkan manfaat maksimal.

Baca Selengkapnya
Bagaimana Hukum Tidur setelah Sahur? Beserta Dampaknya dari Sisi Kesehatan

Bagaimana Hukum Tidur setelah Sahur? Beserta Dampaknya dari Sisi Kesehatan

Waktu setelah sahur hendaknya diisi dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat dan membuat tubuh aktif.

Baca Selengkapnya
5 Diet Terbaik untuk Perempuan di Atas 50 Tahun

5 Diet Terbaik untuk Perempuan di Atas 50 Tahun

Perempuan yang berusia di atas 50 tahun, mungkin mencari pola makan yang mendukung fungsi jantung atau otak.

Baca Selengkapnya
6 Manfaat Sholat Tarawih untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Baik untuk Jantung

6 Manfaat Sholat Tarawih untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Baik untuk Jantung

Sholat tarawih mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Baca Selengkapnya
5 Olahraga yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

5 Olahraga yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

Kebanyakan orang juga menganggap bahwa diet dengan defisit kalori sudah cukup untuk mencapai berat badan ideal.

Baca Selengkapnya