10 Manfaat Beras Kencur bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Fresh | Kamis, 22 April 2021 17:12
10 Manfaat Beras Kencur bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Perpaduan kencur, beras, asam jawa, dan gula jawa menjadi jamu beras kencur yang berkhasiat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Dream – Manfaat beras kencur tentunya sudah sangat familiar di tengah masyarakat. Apalagi jamu tradisional yang satu ini biasanya diandalkan untuk mengatasi sakit batuk. Namun lebih dari itu, beras kencur bisa memberikan manfaat bagi kesehatan yang beragam.

Jamu beras kencur bisa kamu buat sendiri di rumah atau bisa juga membelinya di tukang jamu. Baik jamu gendong atau yang sudah menggunakan sepeda maupun motor dengan berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya. Bahkan harga yang ditawarkan untuk jamu beras kencur pun tergolong murah.

Kencur sendiri adalah rempah tradisional yang tergolong ke dalam rimpang atau akar-akaran. Tanaman herbal ini sudah lama dibudidayakan di Indonesia dan diolah menjadi jamu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat yang didapatkan dari beras kencur ini berasal dari zat-zat yang ada di dalam kencur. Namun, ada manfaat lainnya yang juga bisa didapat dari bahan-bahan pendukung, seperti dari gula merah, beras, dan asam jawa. Sehingga saat semuanya dikombinasikan, maka akan menjadi perpaduan yang memberikan manfaat baik untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat beras kencur untuk kesehatan sebagaimana dilansir melalui Liputan6.com.

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Nafsu Makan dan Mengobati Sariawan

 Ilustrasi Nafsu Makan Meningkat
© Freepik.com

Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat beras kencur bagi kesehatan yang pertama adalah bisa meningkatkan nafsu makan. Ini cocok sekali diberikan pada anak-anak yang sulit makan. Apalagi rasa beras kencur tidaklah pahit, melainkan memiliki rasa manis dari gula merahnya dan sedikit asam dari asam jawa.

Dengan mengonsumsi beras kencur secara rutin, hal ini ampuh untuk meningkatkan nafsu makan pada anak serta meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, kencur juga bermanfaat untuk mempertebal bagian dinding perut. Sehingga pas jika dikonsumsi oleh kamu yang mempunyai sakit maag.

Mengobati Sariawan

Sariawan bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak hingga orang tua. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa sakit dan membuat nafsu makanmu menurun. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan jamu beras kencur. Hal ini karena rasa hangat dan sifat anti bakteri pada kencur ampuh untuk meredakan sariawan.

Selain itu, manfaat lain yang bisa kamu dapat adalah karena kandungan minyak atsiri berupa kamfer, borneol, sineol, dan etilalkohol yang mampu untuk meluruhkan dahak maupun membersihkan tenggorokan.

3 dari 6 halaman

Mencegah Diabetes dan Menurunkan Berat Badan

 Ilustrasi Menurunkan Berat Badan
© Freepik.com

Mencegah Diabetes

Manfaat beras kencur juga bisa untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena kencur memiliki aktivitas antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga pada akhirnya banyak orang yang meyakini bahwa beras kencur baik dalam mendukung kesehatan, salah satunya mengendalikan berat badan dan mencegah diabetes.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat beras kencur yang jangan sampai kamu lewatkan begitu saja adalah bisa menurunkan berat badan. Ini pastinya cocok untuk kamu yang sedang berupaya mendapatkan bentuk tubuh ideal. Dengan mengonsumsi jamu beras kencur, hal ini menjadi cara yang aman dan sehat untuk menurunkan berat badan daripada menggunakan obat-obatan yang menawarkan penurunan berat badan dalam waktu singkat.

4 dari 6 halaman

Mencegah Penyakit Kanker dan Menyuburkan Rahim

 Ilustrasi Perempuan Hamil
© Freepik.com

Mencegah Penyakit Kanker

Inilah satu lagi manfaat beras kencur yang mampu mencegahmu dari penyakit kanker. Hal ini karena kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat anti kanker. Kandungan inilah yang akan menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan tersebut mampu untuk menghindarkanmu dari penyakit kanker yang bisa merenggut jiwa.

Menyuburkan Rahim

Jamu beras kencur sangat baik untuk menyuburkan rahim. Apalagi bagi kamu yang pernah mengalami keguguran. Maka jamu ini adalah solusinya yang dicampur dengan daun sirih dan bawang putih. Bahan-bahan tersebut nantinya kamu hancurkan dan diberi air.

Lalu peras airnya lalu minumlah dengan menggunakan madu di saat pagi hari. Akan lebih baik jika kamu meminumnya saat sedang menstruasi. Untuk dapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu melakukannya secara teratur.

5 dari 6 halaman

Meredakan Infeksi dan Mengobati Flu

 Ilustrasi Mengalami Flu
© Freepik.com

Meredakan Infeksi

Manfaat beras kencur lainnya adalah untuk meredakan infeksi. Infeksi sendiri bisa terjadi karena disebabkan oleh adanya bakteri. Untuk meredakan kondisi ini, kamu bisa mengonsumsi beras kencur.

Hal ini karena dalam beras kencur terkandung zat-zat yang bersifat anti bakteri. Zat inilah yang akan memerangi infeksi maupun penyakit lainnya yang diakibatkan oleh bakteri.

Mengobati Flu

Manfaat beras kencur berikutnya bisa untuk mengobati flu. Flu bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Tanda-tandanya berupa badan yang lemas, bersin-bersin, batuk, hingga demam. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan beras kencur.

Kencur mampu memberikan efek hangat dan bisa menghilangkan rasa mual. Lalu, beras kencur juga akan menyembuhkan batuk. Efek hangatnya akan menetralkan batuk serta pegal yang kamu rasakan.

6 dari 6 halaman

Menjaga Stamina dan Meringankan Diare

 Ilustrasi Stamina yang Baik
© Freepik.com

Menjaga Stamina

Untuk menjaga staminamu tetap fit, maka beras kencur ini bisa menjadi solusinya. Apalagi bagi kamu yang memiliki rutinitas padat setiap harinya, maka penting untuk mengonsumsi jamu beras kencur. Jamu ini akan membantu untuk menghilangkan rasa lelah dan lesu. Jika kamu mengonsumsinya secara teratur, maka badanmu bisa lebih segar dan bugar.

 

Meringankan Diare

Manfaat beras kencur untuk kesehatan yang terakhir bisa meringankan diare. Hal ini karena pada beras kencur terkandung zat-zat sitotoksik dan antibakteri yang ampuh untuk meringankan diare.

Adanya sifat antiinflamasi dan anti mikroba pada beras kencur akan memusnahkan bakteri dan menyembuhkan diare dengan lebih cepat. Bahkan jamu ini juga akan mencegahmu dari kondisi dehidrasi karena kekurangan cairan saat mengalami diare.

Itulah 10 manfaat beras kencur untuk kesehatan. Demi mendapatkan manfaatnya secara maksimal, usahakan sahabat Dream mengonsumsinya secara rutin ya.

Join Dream.co.id