10 Makanan Sehat Penyeimbang Hormon yang Jarang Diketahui

Fresh | Jumat, 23 Agustus 2019 09:12
10 Makanan Sehat Penyeimbang Hormon yang Jarang Diketahui

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Hormon yang seimbang saat penting dalam menjaga kondisi tubuh secara fisik dan mental. Bingung bagaimana caranya agar hormon seimbang? Ini jawabannya

Dream - Hormon menjadi satu dari elemen penting dalam tubuh manusia. Tugas hormon adalahmembawa pesan kimiawi yang diproduksi sistem endoktrin tubuh, dan kemudian menyalurkannya ke seluruh tubuh.

Hormon dalam tubuh akan melakukan perjalanan ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah, lalu masuk ke dalam jaringan dan organ vital tubuh. Sesampainya di organ tubuh yang dituju, hormon mampu mengontrol dan mengatur fungsi organ tersebut.

Selain itu, hormon dalam tubuh juga berfungsi sebagai pemasok energi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan mentransfer informasi dari sel satu ke sel yang lainnya. Oleh sebab itu, keseimbangan hormon sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Apabila hormon mengalami ketidak seimbangan, maka tubuh akan mengalami masalah pada perkembangan seksual, pertumbuhan, dan metabolisme dalam tubuh. Untuk menjaga keseimbangan hormon, kita bisa mengonsumsi beberapa makanan sehat penyeimbang hormone berikut ini.

2 dari 6 halaman

Makanan Sehat Penyeimbang Hormon: Buah Avokad dan Akar Maca

 Makanan Sehat

Salah satu makanan sehat yang mampu menyeimbangkan hormon ialah buah avokad dan akar maca. Dua jenis makanan ini memiliki nutrisi yang baik untuk butuh. Kandungan serat dan lemak jenuh yang ada di dalam buah alpukat misalnya, sangat baik dan mudah terserap dalam tubuh.

Tidak hanya itu, avokad juga dikenal sebagai buah yang baik untuk menutrisi kulit, dan baik untuk menyeimbangkan hormon yang terdapat di jaringan kulit. Buah avokad mampu membuat kulit menjadi lebih bersinar dan sehat.

 Makanan Sehat


Akar maca juga mengandung nutrisi yang hampir sama dan baik untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Dua makanan sehat ini sama-sama mengandung potassium dan serat. Namun, akar maca masih jarang ditemukan di Indonesia karena merupakan tumbuhan endemik Amerika Selatan.

3 dari 6 halaman

Makanan Sehat Penyeimbang Hormon: Sayuran Organik

Bayam, brokoli, kale dan tomat, menjadi sayuran yang paling tepat dikonsumsi untuk menyeimbangkan hormon. Terlebih lagi bila sayuran ini ditumbuhkan dengan organik tanpa memakai bahan kimia, kandungan nutrisi dalam makanan sehat ini tentu menjadi lebih efektif.

 Makanan Sehat

Sayuran yang ditumbuhkan secara organik diyakini mampu mengurangi perut kembung, retensi air dan dapat mengatur perubahan suasana hati, yang mana juga berkaitan dengan hormon yang seimbang. Sayuran organik juga mampu meningkatkan metabolisme hormon estrogen untuk menjaga kulit tetap kencang dan sehat.

Misalnya saja brokoli yang mengandung antioksidan, vitamin A, B6, C dan K, mineral, sangat baik untuk menyeimbangkan hormon. Lebih efektif lagi kalau sayuran organik ini dinikmati dengan dikukus atau dibuat salad dan jus yang menyegarkan.

4 dari 6 halaman

Makanan Sehat Penyeimbang Hormon: Ikan Salmon dan Organ Hati

 Makanan Sehat

Makanan sehat penyeimbang hormon selanjutnya adalah ikan salmon dan organ hati hewani. Dua makanan sehat ini mengandung asam lemak Omega-D3 dan vitamin D yang baik untuk memperbaiki keseimbangan hormon yang ada dalam tubuh.

Mengonsumsi ikan salmon sekali atau dua kali dalam sepekan juga bermanfaat untuk merangsang jantung dan otak, sehingga membuat fungsi kedua organ vital ini menjadi lebih sehat. Kandungan anti peradangan yang ada di dalam ikan salmon juga ampuh untuk mengatasi kulit berjerawat dan menjaganya tetap sehat.

 Makanan Sehat

Sedangkan organ hati yang dikonsumsi dalam bentuk pate (pasta atau lunak), akan sangat baik untuk kesehatan kulit dan memperbaiki keseimbangan hormon. Mengonsumsi dua makanan sehat ini secara rutin diyakini akan mempengaruhi kesehatan tubuh, baik psikis maupun fisik.

5 dari 6 halaman

Makanan Sehat Penyeimbang Hormon: Kacang-kacangan dan Spirulina

 Makanan Sehat

Kacang-kacangan seperti kacang almond dan walnuts menjadi salah satu jenis kacang super yang mengandung protein dan antioksidan yang tinggi. Dengan rutin mengonsumsi dua jenis kacang ini, dipercaya mampu menyeimbangkan sekresi hormonal dalam tubuh, meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan kulit.

 Makanan Sehat


Dalam keadaan depresi atau suasana hati yang sedang tidak baik, mengonsumsi kacang ini sebagai camilan akan sangat efektif untuk meningkatkan suasana hati. Selain itu, almond dan walnuts juga sangat cocok untuk dicampur dalam salad.

Selain kacang, spirulina juga menjadi makanan sehat penyeimbang hormon yang efektif. Spirulina dikategorikan sebagai ganggang yang kaya akan kalium, kalsium, magnesium dan asam lemak. Kandungan nutrisi inilah yang membuat spirulina sangat cocok dikonsumsi untuk menyeimbangkan hormon.

6 dari 6 halaman

Makanan Sehat Penyeimbang Hormon: Kuning Telur dan Minyak Kelapa

 Makanan Sehat

Makanan sehat penyeimbang hormon yang terakhir ialah kuning telur dan minyak kelapa. Kedua makanan sehat ini sangat mudah untuk ditemui. Tidak hanya itu, dua makanan ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kuning telur, terutama yang berasal dari ayam kampung dan dibesarkan dengan makanan organik mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang ampuh untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormon reproduksi.

 Makanan Sehat


Minyak kelapa juga menjadi makanan sehat yang mampu mempertahankan hormon sehat daam tubuh, dan menghilangkan hormon yang sudah tidak sehat. Selain itu, minyak kelapa juga baik untuk memperlancar metabolisme dan membasmi virus bakteri penyebab penyakit. (mut)

Sumber: Beauty Munsta

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id