10 Buah dan Sayur yang Cocok di Konsumsi Saat Musim Panas

Fresh | Rabu, 3 Juni 2020 18:12
10 Buah dan Sayur yang Cocok di Konsumsi Saat Musim Panas

Reporter : Ulyaeni Maulida

Selain menyegarkan, tentunya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Dream – Saat musim panas tiba, suhu tubuh juga ikut meningkat. Tak jarang tubuh mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Untuk itu penting agar tubuh tetap terjaga kesegarannya. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang bergizi tinggi.

Saat musim panas, tubuh cenderung mengeluarkan lebih banyak keringat. Sehingga tubuh mengalami penuruan energi dan membuat gerakan terasa lebih lambat. Terutama ditengah wabah covid-19. Harus tetap menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh tidak menurun.

Oleh karena itu, agar tubuh selalu terjaga, sebaiknya banyak mengkonsumsi jenis buah dan sayur berikut ini.

2 dari 3 halaman

Buah-Buahan

 Buah Buahan© Pexels.com

Mangga

Mangga menjadi salah satu buah andalan saat memasuki musim panas. Mangga banyak mengandung Vitamin C, Vitamin A, dan Vitamin B6. Selain rasanya yang manis, kesegaran yang didapatkan dari buah mangga juga sangat nikmat.

Semangka

Semangka menjadi primadona disaat musim panas tiba. Kandungan air yang begitu menyegarkan, membuat semangka banyak diminati. Suhu tubuh yang cenderung meningkat saat panas, tentunya dapat dinetraslisir dengan buah semangka. Selain itu, pengolahan semangka pun dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dapat dibuat jus segar atau dicampur dalam sop buah kesukaan kamu.

Nanas

Nanas juga menjadi buah favorit saat musim panas. Rasanya yang manis-asam ini dapat membantu mengurangi peradangan. Kandungan air dalam nanas pun membuat tubuh tetap terjaga kesegarannya.

Jeruk

Jeruk mengandung banyak vitamin C dan juga mineral. Kandungan buah nanas sangat baik untuk membantu mendinginkan tubuh. Jeruk juga mengandung air yang dapat membuat tubuh tetap terasa segar.

Apel

Apel kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B1. Apel juga mengandung sekitar 84 persen kadar air. Selain dapat menyegarkan tubuh, apel juga baik untuk kesehatan.

3 dari 3 halaman

Sayur-Sayuran

 Sayuran© Pixabay.com

Mentimun

Mentimun mengandung kadar air yang sangat tinggi. Sehingga cocok dikonsumsi saat musim panas.

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan selada merupakan sumber nutrisi dengan kansungan kadar air yang tinggi. Sehingga dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Seledri

Seledri juga memiliki kandungan air yang tinggi dan mengandung vitamin A, vitamin K, dan folat yang membuat tubuh tetap segar di musim panas.

Tomat

Tomat mengandung antioksidan, nutrisi, dan fitokimia yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Brokoli

Brokoli mengandung sekitar 91 persen kadar air. Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mencegah tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan.

(Diambil dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id